cryptoandme | learnwithsteem| Belajar Mengenal Mata Uang Crypto

in STEEM FOR BETTERLIFE3 years ago (edited)
20% Untuk @worldsmile, Biar Sedikit Semoga Bermanfaat

Apa kabar sahabat steemia semua, semoga kita dalam keadaan sehat dan di permudah dalam melakukan segala bentuk aktifitas. Hari ini saya mencoba membuat sebuah Postingan pertama saya di komunitas STEEM FOR BETTERLIFE yang menyangkut pengalaman baru saya, dalam mengenal apa itu mata uang digital dan berkaitan dengan Cryptocurrency dan Blockchain.

7665.JPG

Sumber Gambar

Jujur sebelumnya saya sangat lah asing dengan dua istilah di atas, bahkan sangat jarang mendengarnya. Yang saya ketahui ada terdapat transaksi uang digital, yang memudahkan seseorang dalam melakukan transaksi keuangan. menurut pemahaman saya Transaksi Digital adalah alat bantu digital untuk melakukan transaksi keuangan dengan mengirim perintah melalui aplikasi. dan di teruskan ke bank tempat kita menyimpan uang, untuk kemudian di salurakan sesuai permintaan nasabah itu sendiri atau pemilik uang itu sendiri. Jenis uang yang di gunakan adalah uang yang terdapat di negara yang bersangkutan, walapun bisa di uangka ke mata uang yang lain. Contoh transaksinya bisa berupa Penerimaan gaji, pengiriman uang antar bank, pembayaran rekening listrik, pembayaran rekening air, pembayaran rekening Telkom sampai pada pengiriman dan penerimaan uang.

3234.JPG

Cara kerja Online Banking sumber

Namun beberapa minggu terakhir saya di perkenalkan oleh seorang sahabat bernama @miftahulrizky tentang sebuah media sosial yang beda dengan media sosial lain. Di media sosial yang di perkenalkannya ini, terdapat sebuah kelebihan yang memungkinkan seseorang menghasilkan uang dari hasil Postingannya. Tentu saya sangat tertarik, selain dapat menyalurkan hobi sebagai seorang yang gemar menulis dapat juga menghasilkan Uang. Nama media sosialnya adalah @steemit, media sosial yang memiliki banyak komunitas sesuai dengan minat seseorang.

Setelah beberapa hari saya melakukan aktifitas postingan sambil membaca tentang platform hebat ini. tak jarang saya mengenal istilah steem, steem power, steem dollar, SBD dan crypto. Di sinilah saya mulai membaca, dari beberapa artikel dan postingan yang berhubungan dengan istilah istilah tersebut. Jujur saya sangat ingin mengetahui dari mana istilah istilah yang bernilai uang tersebut.

Sejauh ini saya baru menemukan beberapa istilah yang menyangkut Cryptocurrency, maklum saya bukan seseorang yang bergerak di pasar Investasi, Saham atau Pasar Modal. Namun karena telah aktif di steemit saya jadi tertarik untuk mengetahuinya.

34534.JPG

Sumber Gambar

Dari semua yang saya baca, ternyata Cryptocurrency merupakan sebuah jenis mata uang digital yang berbeda dengan mata uang lainnya dan di lakukan dengan transaksi yang sedikit berbeda dengan transaksi digital lainnya. Jika transaksi digital menggunakan mata uang di suatu negara, melalui perantara berupa pihak ke tiga, yang umumnya di lakukan oleh Bank. namun berbeda dengan Cryptocurrency, Cryptocurrency merupakan transaksi digital yang penggunaannya tidak melalui pihak ke tiga atau bank seperti pada transaksi digital. Mata uang yang di gunakan adalah Crypto, mata uang yang tidak di miliki oleh negara manapun dan hanya di gunakan secara digital baik computer atau jenis perangkat digital lainya. dan sepengetahuan yang saya baca, tidak memiliki fisik sebagai mana uang layaknya mata uang dari suatu negara.

Lalu timbul pertanyaan dalam pikiran saya, bagaimana cara melihat nominal Cryptocurrency ini? walau masih meraba agar mengetahuinya, saya coba menjelaskan dari yang saya ketahui sejauh ini.

Jika mata uang di suatu negara memiliki nama mata uang, contohnya Rupiah, Dollar, Ringgit, Poundsterling dan yang lainnya. Maka Cryptocurrency juga demikian, memiliki beberapa jenis. Contoh yang paling di kenal seperti Bitcoin, BitcoinCash, Ethereum dan masih ada yang lainya. saya mengibaratkan jenis Cryptocurrency ini sebagai nama mata uang di suatu negara.

533432.JPG

Foto : @fantvwiki

Dengan demikian jika saya mengumpamakan Cryptocurrency dengan mata uang di suatu negara, maka di setiap jenis mata uang pastilah berbeda nilainya mengikuti perkembangan dollar saat ini. Atau sederhananya mengikuti nilai kurs, tapi pada mata uang di digital Cryptocurrency tidak terpengaruh dengan itu. melainkan berpengaruh terhadap permintaan atau penggunaan Cryptocurrency. Semakin banyak penggunan maka semakin banyak permintaan, dan secara tidak langsung akan meningkatlah nilai Crypto.

7655.JPG

Sumber Gambar

fantvwiki.png

Kalau begitu apa bisa Cryptocurrency di gunakan sebagai alat transaksi?

Jawabnya bisa, penggunaan Cryptocurrency bisa dilakukan di seluruh negara di dunia. Bahkan beberapa artikel yang saya baca, terdapat jasa dan palayanan yang menggunakan transaksi pembayarannya menggunakan Crypto dan bisa di tukar ke mata uang lain, walaupun dengan beberapa tahapan proses. Namun demikian tetap ada beberapa kekurangan dalam penggunaanya Crypto. Karena sifatnya yang berupa mata uang digital, maka bisa saja menjadi incaran pelaku kejahatan, dalam hal ini para peretas dan penjahat dunia maya.

Lantas apa hubungan Cryptocurrency dan Blockchain ?

Jika mata uang di suatu negara bisa di simpan di dompet dan jika jumlahnya besar di simpan di bank, maka Blockchain merupakan penyimpanan mata uang Cryptocurrency. Umumnya dalam steemit sebut dengan wallet atau dompet, yang memilki kode unik sebagai transaksi yang tidak boleh di ketahui oleh pihak mana pun. Prinsip nya sama dengan username dan password dalam penggunaan kartu ATM. Blockchain ini juga memiliki prinsip yang hampir sama dengan buku tabungan, di mana semua bentuk transaksi dan penyimpanan uang tersimpan dalam satu peti dalam sistem Blockchain setiap transaksinya, yang tersimpan rapi. Kesimpulan dari Blockchain merupakan kotak rantai yang saling terhubung yang menyajikan data data yang berhubungan dengan Cryptocurrency.

()

Sumber Gambar

Ini adalah sebagain pengetahuan yang saya ketahui tentang mata uang Cryptocurrency ini, dimana saya merupakan pengguna platform @steemit yang ingin belajar dan memahami tentang Cryptocurrency.

876.JPG

Foto : @fantvwiki

Semoga bermanfaat bagi yang membaca, dan kesalahan dalam penulisan serta penjelasan sudah barang tentu ada. Karena dalam postingan ini saya hanya menceritakan pengalaman dan pengetahuan saya setelah mengenal Platform steemit, yang erat hubungannya dengan mata uang digital yang di sebut Cryptocurrency.

fantvwiki.png

Achievement 1 @fantvwiki = link

Hormat saya kepada
@el-nailul
@heriadi
@irawandedy

Sort:  

Bisa menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya nya sukses terus

 3 years ago 

amin terima kasih doanya, doa terbaik juga buat @afrizalbinalka.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63749.66
ETH 3419.02
USDT 1.00
SBD 2.48