Kontes Selamatkan Dunia "Berkolaborasi dengan Alam"

in STEEM FOR BETTERLIFE11 months ago

Picsart_23-06-26_15-19-33-276.jpg
Edit by picarts


Assalamualaikum Sahabat Steemians

LUCYMssPjPkNSqA4R8GVisGuWmEiTbcWLWDufxa8iJ53FUiV2L9kHKEnuu6UwsBt3cx5E6NcvszNnJfW9jHK1r75pZmy847jKrMG5a7jbq...rNwjABCfyvYfbdAgxnm3wsNki43HvKg7P7WARxDUpLvvmmBBaz3C9R6u4w1ejbfEcD8o8gxPKZxu6Je7uE72y2RVbTvs3EUdVLieGffqKyQg8C3J7SQrNe5yp.jpeg

Dunia telah diciptakan oleh Allah swt sebagai tempat tinggal bagi kita manusia. Dan khususnya umat islam kita meyakini bahwa salah satu tujuan kita di ciptakan adalah untuk menjadi pemimpin di atas permukaan bumi ini.

Maka sudah selayaknya bagi kita untuk selalu menjaga dan melestarikan alam lingkungan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus merawatnya (bumi) dengan tujuan untuk tetap mempertahankan ekosistem alam demi terciptanya iklim yang kondusif serta mencegah terjadinya kerusakan alam secara perlahan.

Kita tidak perlu menjadi Superman yang mempunyai kekuatan super untuk menjaga bumi ini. Kita hanya perlu menjadi diri sendiri dengan melakukan tindakan baik dan teratur dalam menjaga alam ini. Karena sekecil apapun tindakan nyata yang kita lakukan akan berdampak positif terhadap kelestarian alam lingkungan.

Secara pribadi saya telah melakukan beberapa langkah kecil penyelamatan bumi dengan melakukan beberapa program peduli lingkungan :

  • Melakukan penghijauan
    Di sela-sela kesibukan bekerja, saya membagi sedikit waktu untuk berkebun di halaman rumah. Ini adalah hobi saya. Di halaman depan rumah saya menanam beberapa jenis tanaman di polibag.

IMG_20230626_144012.jpg

IMG_20230626_144034.jpgIMG_20230626_144057.jpg

Seperti yang terlihat pada gambar diatas , tanaman jeruk nipis yang tumbuh subur di dalam polibag. Sebenarnya tanaman ini akan saya pindahkan langsung kedalam tanah agar lebih mudah merawatnya. Namun saya belum memiliki waktu yang tepat.

IMG_20230626_140557.jpgIMG_20230626_140245.jpg

Sedangkan pada gambar lainnya, saya juga melakukan budidaya tanaman "pohon buah naga". Ini masih dalam tahap percobaan dan alhamdulillah sudah dua kali panen 😅. Usianya sudah mencapai dua tahun..

  • Membersihkan Lingkungan
IMG_20230626_150455.jpgIMG_20230626_150511.jpg
IMG_20230626_150536.jpgIMG_20230626_150558.jpg

Jika saya sedang tidak bekerja dan mempunyai waktu luang, saya biasanya membersihkan kolam ikan di belakang rumah. Ini adalah bentuk kepedulian saya terhadap lingkungan. Dengan membersihkan kolam dari sampah dan plastik diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap ekosistem alam khususnya untuk beberapa jenis ikan dan hewan lainnya yang hidup di kolam ini.

Peran Pemerintah dan masyarakat

IMG_20230626_143502.jpg
Sungai "Krueng Ajo"


Sejauh ini yang saya lihat bahwa peran Pemerintah dalam program penyelamatan bumi ini masih sangat kurang. Tetapi ini bukan masalah yang serius saya kira mengingat di daerah saya belum adanya laporan atau kejadian luar biasa terkait dengan kerusakan alam.

IMG_20230626_143440.jpgIMG_20230626_143524.jpg

Saya mengunjungi sungai bersama keluarga


Namun bukan berarti Pemerintah diam saja, saya telah melihat dan langsung mengunjungi sungai di sekitar kediaman saya dan saya melihat bahwa di sepanjang aliran sungai telah ditanami beberapa jenis pohon yang didominasi oleh pohon bakau (manggrove). Tujuan penanaman ini adalah untuk mencegah terjadinya abrasi sungai jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

Adapun peran masyarakat di daerah saya terhadap pelestarian alam khususnya penghijauan sangat layak untuk diapresiasi. Ini mengingat sebagian masyarakat disini bekerja sebagai petani palawija. Mereka juga rutin melakukan kegiatan bercocok tanam seperti menanam cabe, melon, timun, bawang dan berbagai jenis tanaman lainnya.

IMG_20230626_143038.jpgIMG_20230626_143113.jpg

Proses pembuatan lahan baru


Selain itu di sini juga telah dibentuk kelompok tani yang disponsori oleh pemerintah daerah setempat yakni dari kecamatan. Kelompok tani ini melakukan kegiatan bercocok tanam secara bersama-sama dan ini dilakukan secara rutin dengan memanfaatkan lahan yang kosong. Seperti yang terlihat pada gambar di atas , ini adalah lahan yang telah diolah dengan sedemikian rupa dan siap untuk ditanami berbagai tanaman. Informasi yang saya dapatkan dari beberapa petani bahwa disini nantinya akan ditanami melon dan cabe..

Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengajak semua orang untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian alam khususnya di sekitar tempat tinggal kita. Karena ini adalah tanggung jawab kita sebagai manusia. Kita telah banyak mengambil keuntungan dari sumber daya alam di bumi ini, dan sudah seharusnya bagi kita untuk tetap menjaganya demi kelangsungan hidup generasi kita selanjutnya.



Rasa terima kasih yang tulus ingin saya sampaikan kepada Bapak @irawandedy selaku penyelenggara kontes yang sangat mendidik ini. Dan saya juga ingin mengundang @itikna09 @yuswadinisam @jannatmou dan @sailawana untuk berpartisipasi dalam kontes ini.. Terimakasih 🙏

Keterangan : Semua gambar di potret dan diedit dengan menggunakan smartphone Redmi Note 11 Pro 5G

SALAM

@chefdanie

TENTANG SAYA

DiHLrjiPetHt6ciV9azim9NPHuTMQ59H51nYE8xqo83cHxoWjkEXJT9iFny5FDK6V87zhnX5kJcSGE6ahn1RouZuijdX8aHZSZuNzNLrHL...5JkLh48hmSy2Vocb8Q1ZmVRFSQE6pKeyXuZTkTt2EgzjyyZw14xbJEQeSpMhQGMsjfy2JgnjmiZATtiTZUt9hdaNJ5oWr4DTthVH964jvSwCVZQRoyCX3KLi6i.png

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 11 months ago 

Sayangnya zaman sekarang masih banyak manusia yang tidak mengetahui akan pentingnya melestarikan alam. Buktinya masih ada orang yang membuang sampah ke sungai. Semoga sukses pada kontes ini

 11 months ago 

Ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman serta kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar..
Terimakasih banyak telah berkunjung bang yuswadinisam,
Sukses selalu untuk performa anda di platform Steemit ini 🤗

TEAM 5 CURATORS

This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts anywhere and with any tags. Curated by: @irawandedy

 11 months ago 

Terima kasih banyak atas dukungan anda Bapak @irawandedy dan sc08 🙏

 11 months ago 

Thanks udah mengundang saya di kontes yang sangat menarik ini..

Saya rasa anda sudah nelakukan oekerjaan hebat dan turut serta memiliki andil dalam kegiatan peduli lingkungan sebagai upaya menyelamatkan planet bumi.

Semoga berhasil dikontesnya

 11 months ago 

Terima kasih banyak ibu sailawana telah menyambut baik undangan saya. ☺️
Menjaga lingkungan adalah kewajiban kita bersama.
Terimakasih banyak atas dukungan dari anda,

grettings friend

I always wish you the best They are shade friendly plants as they cannot tolerate direct sunlight. Places on the reading table, living room or step of the stairs. However, it should be exposed to the sun for four to five hours every eight to ten days.Be careful while watering the plants. Since the plant will not receive sunlight indoors, the plant cannot absorb more than its specified amount of water. As a result, trees die due to root rot in excess water.i wish you my best.
Best regard @jannatmou

 11 months ago 

Thank you very much for your visit and support friend jannatmou.
Have a nice day 👏

 11 months ago 

Betul pak, tidak harus menjadi superman seperti yang bapak katakan untuk menyelamatkan bumi.

Cukup menanam pohon, kita sudah membantu dunia ini dengan menjaga lingkungan bebas dari karbon. 🤝

 11 months ago 

Betul bang.. Ini adalah kewajiban dan tanggung jawab kita bersama
Terimakasih telah mampir ke post saya 😀

 11 months ago 

😅

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 70786.17
ETH 3822.35
USDT 1.00
SBD 3.50