Save the World Contest : 28 Desember 2023 || Melakukan Penghijauan, Pembersihan Lingkungan Sekitar

in STEEM FOR BETTERLIFE6 months ago (edited)

1.png

Assalamualaiku para sahabat Teem For Betterlife

Perkenankan saya pada hari ini untuk mengikuti kontes Musim 18 yaitu : Kontes Selamatkan Dunia yang diadakan oleh @irwandedy.


Bumi ini adalah rumah bagi setiap makhluk hidup baik yang kasat mata maupun yang tidak terlihat seperti mikroba. Untuk menjalani kehidupan ini, tentunya kita semua membutuhkan yang namanya Oksigen (O2). Untuk mendapatkan oksigen yang baik sebagai pernapasan yang kita hirup tentunya yang pertama saya lakukan itu melestarikan alam melalui penghijau, serta untuk menjaga atmosfir bumi dengan menjauhi efek rumah kaca.


Apa saja yang telah anda lakukan dalam upaya penyelamatan bumi (Melakukan Penghijauan, Pembersihan Lingkungan Sekitar)

Kegiatan yang saya lakukan dengan aktifitas penghijaun dan pembersihan lingkungan untuk menghindari banjir dan menjaga oksigen tetap segar. Saya sebagai manusia yang hidup bermasyarakat tentunya harus terlibat dalam segala hal untuk menjaga lingkungan saya ini menjadi bersih dan adem (ASRI). Saya harus melakukan penghijau serta menjaga lingkungan tetap bersih mulai dari diri pribadi saya, keluarga dan yang terakhir saya akan mengajak masyarakat luas. Demi menjaga lingkungan yang terbebas dari polusi udara saya harus mulai dengan penghijauan di sekitar lingkungan rumah sendiri. Penghijauan dan kebersihan lingkungan ini juga besar manfaatnya untuk masyarakat tentunya terhindari dari penyakit akibat lingkungan kotor.

20231228_173224.jpg Penulis dengan latar belakang penghijauan

Untuk melakukan aksi penyelamtan bumi, salah satu hal yang paling kecil, serta dapat dilakukan oleh semua orang yaitu dengan tudak membuang sampah sembarangan, serta tidak membakar hutan dengan tujuan membuka lahan baru, karena dengan kebaran ini juga akan merusak atmosfir bumi. Menjaga bumi ini kita harus ada rasa kepentingan dalam hal pelestarian, penhijauan dan itu semua harus lahir dari diri kita. Kita juga harus ikhlas melakukannya serta harus bisa menunjukkan hasil kepada orang lain.


Bagaimana Anda melakukannya

Saya melakukan semua ini atas kemauan diri saya sendiri, mulai dari membersihkan saluran depan rumah, dengan tujuan terhindar dari banjir dan genangan air, apalagi di saat musim hujan seperti ini. Saya juga menanam jenis bunga di pekarangan rumah sebagai penghijauan dan juga dapat memperindah suasana lingkungan.

20231228_173326.jpg Saluran Pembuangan

20231228_173213.jpg Penghijauan

Saya melakukan ini dengan cara bergotong royong secara pribadi tanpa adanya masyarakat ramai. Saya juga ikut gotong royong umum yang di lakukan oleh seluaruh warga Gampong hanya untuk melakukan pembersihan saluran dan pemberihan pinggir jalan dari tumbuhan liar yang mengganggu pengguna jalan. Untuk penghijauan saya lakukan di lahan kosong pribadi, dan pekarangan rumah. Untuk lahan yang kosong tentunya dengan penanaman pohon jangka panjang, kalau depan rumah dengan penanaman bunga dan pohon yang bermanfaat serta berbuah dan rindang.


Tunjukkan aksi nyata Anda melalui cerita dan dibuktikan dengan gambar nyata

Hari ini saya hanya melakukan pembersihan di depan rumah dengan mencabut rumput liar, serta membersihkan saluran pembuangan yang ada di depan rumah. Rumput-rumput ini juga akan saya manfaatkan untuk makan kambing, dan tidak terbuang dengan sia-sia. Di samping itu juga melakukan penanaman bibit kelapa yang manfaatnya nanti jangka panjang. Selain untuk penghijauan juga bisa untuk mencegah terjadinya longsor dan abrasi saluran akibat terkikis air. Manfaat untuk kita sebagai manusia dari kelapa ini, tentunya mulai dari pucuknya, buahnya dan batangnya.

20231229_074211.jpg Penghijauan di Lahan Kosong

20231228_173356.jpg Membersihkan Lingkungan

Saya melakukan semua ini tidak dengan jadwal yang menentu. Kadang-kadang saya lakukan disaat pagi hari. Saya juga pernah melakukan di sore hari setelah pulang kerja. Hanya hal kecil seperti ini yang dapat saya lakukan, mungkin dengan cara ini dapat mencegah terjadinya pemanasan global. Somoga nanti penghijauan yang saya lakukan akan di ikuti oleh masyarakat khalayak ramai.

Untuk penghijauan bukan berarti saya harus menanam pohon yang besar-besar, akan tetapi cukup dengan menanam pohon yang kecil-kecil dulu seperti Mangga, Jeruk, dan Jambu serta banyak pohon yang lain sebagainya. Penghijauan yang saya lakukan selain manfaat untuk saya dan keluarga sendiri tentu pastinya akan bermanfaat juga untuk orang ramai, karena udara menjadi bersih.


Bagaimana bentuk perhatian pemerintah dan masyarakat sekitar Anda?

Kalau kita bilang perhatian dari pemerintah Kampong itu hanya biasa saja tanpa adanya sesuatu yang berlebihan dengan apa yang saya lakukan, begitu juga dengan masyarakat umum di sekitar saya. Perhatian dari pemerintahan gampong hanya sekedar mengajak gotong royong bersama, saya pun ikut terlibat dalam kegiatan gotong royong ini. Saya melakukan penghijauan dan kebersihan saluran ini atas dasar kesadaran diri sendiri, saya lakukan ini juga mendapat dukungan dari keluarga saya.

Walaupun pada dasarnya pemerintahan dlingkungan saya tingkat kampung harus bertanggung jawab dengan mengajak masyarakat untuk memperindah lingkungan dengan penghijauan. Namun ini semua tidak di lakukan secara mendetif hanya fokus saja pada gotong royong. Mestinya juga memperhatikan keindahan biar lingkungan menjadi nyaman dan adem, dengan adanya penghijauan ini. Karena saya bukan pemangku jabatan, jadi tidak banyak yang dapat saya lakukan secara luas.

20231229_074228.jpgSuasana Rumah

Pemerintahan gampong mestinya, melakukan aksi menanam pohon bersama perangkat desa dan masyarakat desa. Semoga nanti kegiatan ini akan lahir di setiap pemerintahan Gampong. Mungkin dengan aksi ini mulai dari desa sampai ke kota bila di lakukan maka Bumi ini akan penuh dengan penghijauan udara akan menjadi segar. Serta atmosfir juga terlindungi.

Demikian uraian kontes saya hari ini, dengan tema penghijauan linkungan.

ABOUT ME : BAHROL

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64182.15
ETH 3505.45
USDT 1.00
SBD 2.53