Steemit Engagement Challenge S5-W5: A day without Internet

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

Service.gif

div.png

SEC S5W5 : A day without Internet

Steemit engagement challenge sudah memasuki sesi yang kelima minggu yang ke lima dan pada kesempatan ini saya ingin mengikuti challenge sesi yang kelima minggu ke lima yang diselenggarakan oleh komunitas Steem for Betterlife yang bertema A day without Internet.

A day without Internet

Internet adalah sebuah kebutuhan bagi banyak orang saat ini termasuk saya yang berprofesi sebagai dokter hewan (ASN) maupun steemians yang sangat tergantung dengan adanya sinyal untuk memudahkan semua pekerjaan saya.

Bekerja di depan laptop

Banyak pekerjaan saya yang membutuhkan internet baik di rumah maupun di kantor dengan segala aktivitas termasuk semua anggota keluarga saya.


Pada waktu jam kerja kantor biasanya saya menggunakan fasilitas Indihome yang ada di kantor dan saat dirumah saya menggunakan Indihome milik pribadi yang saya pasang sejak saya kembali menetap di kampung halaman saya.

Saya harus memasang Indihome (internet) karena hampir semua anggota keluarga saya membutuhkan jaringan internet termasuk anak-anak saya untuk mencari bahan-bahan pelajaran terutama saat proses belajar Online selama Covid 19.

Si kecil nonton youtube

Secara ekonomis pemasangan indihome lebih hemat dibandingkan mengisi pulsa dan membeli paket kuota semua anggota keluarga, lagi pun dengan adanya Indihome saya bisa berhemat berlangganan Channel TV karena paket Indihome sudah termasuk paket Channel TV.


Pekerjaan lancar berkat internet

Meskipun ODP terakhir berjarak sekitar 500 meter dari rumah saya, saya berhasil berlangganan Indihome berkat bantuan adik ipar saya yang bekerja sebagai tehnisi di perusahaan tersebut.


Walaupun ODP nya cukup jauh namun secara umum sinyal internet di rumah saya cukup kencang sehingga saya bisa bekerja menggunakan internet tersebut setiap hari.

Banjir berulang kali

Namun kendala yang sering saya alami adalah ketika mati lampu dan adanya banjir atau angin kencang. Banjir yang sangat sering terjadi di kampung saya menyebabkan pemadaman listrik PLN sekaligus hilangnya sinyal internet di area kami.


Apakah Anda tidur sepanjang hari jika tidak ada Internet di daerah Anda?

Tentu tidak, Saya sangat jarang tidur siang selama puluhan tahun terakhir. Itupun hanya sebatas merebahkan badan agar sedikit rileks.

Selain saya memang tidak tidur di siang hari, saya mempunyai banyak agenda kegiatan setiap harinya bahkan 24 jam terasa tidak cukup bagi saya.

Segudang aktivitas saya setiap harinya terkadang menyebabkan ada hal yang tidak tercover dan saya terpaksa membuat prioritas.

Kegiatan apa yang Anda lakukan sampai dipulihkan?

Mengontrol ternak di kandang

Banyak kegiatan yang saya lakukan ketika internet di area saya offline. Saya terkadang mengontrol peliharaan saya dan juga ternak kambing milik adik saya.


Tanaman di pinggir kolam ikan saya

Di kesempatan lain saya terkadang merawat tanaman saya baik di pinggir kolam ikan maupun bunga-bunga di dalam pot atau menyemai bibit tanaman yang akan saya tanam dengan metode konvensional (media tanah dan pot) maupun aquaponik.


Saya juga suka berkreasi membuat barang-barang yang berguna seperti lilin atau lampu atau kreativitas lain seperti tungku memasak menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Bermain gitar menunggu internet normal

Atau apabila tidak ada kegiatan lain, saya mengambil gitar dan memainkan beberapa lagu sambil menikmati pemandangan ikan-ikan yang berebut makanan di kolam. Bermain gitar juga menjadi pilihan ketika internet mati ketika saya berada di kantor.


Bermain nunchaku

Saya juga terkadang berolahraga ringan dengan mengulang-ulang tehnik Hapkido atau memainkan pedang atau nunchaku sambil menunggu internet kembali online.


Seberapa sering itu dialami di daerah Anda?

Kejadian matinya listrik dan juga hilangnya jaringan/sinyal internet sangat sering terjadi di area tempat saya tinggal karena memang daerah rawan banjir dan juga angin kencang.

Selain karena factor alam terkadang saya mengalami hilangnya sinyal internet karena putusnya wire/kabel yang menghubungkan rumah saya dengan ODP terakhir sejauh 500 meter.

Lampu indikator modem kembali normal

Adakalanya juga terjadi kerusakan atau gangguaan di modem internet sehingga internet terputus yang terlihat dari lampu indikatornya. Biasanya saya segera menghubungi adik ipar saya dan dia akan segera mengecek ke rumah serta membetulkannya.


Jika Anda memecahkan masalah seperti itu selamanya, apa yang akan Anda sarankan?

Jika mengalami hilangnya sinyal internet saya juga mengantisipasinya dengan membeli paket kuota internet agar pekerjaan yang tidak bisa ditunda bisa tetap terlaksana.

Demikian partisipasi saya dengan tema A day without Internet, saya mengajak rekan-rekan @ridwant, @fantvwiki, @f2i5, dan lain-lain untuk ikut dalam kontes ini.

Regards

@alee75

ABOUT ME

Let's support @pennsif's performance for the development of the steem blockchain network by voting @pennsif.witness.

Click Here

Sort:  
Loading...

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 2 years ago 

Terimakasih sudah mengundang saya dalam kontes ini. Siap meluncur kanda.

Tidak dipungkiri tentang kebutuhan internet yang sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak dewasa'ini. Namun pelayanan mungkin kurang maksimal dari penyedia layanan. Itulah situasi kita sekarang. Semuanya tidak maksimal. Hehehe
.

 2 years ago 

Your post is very well presented. In fact, it is very difficult to go without internet in daily life. You had a good time at leisure. Good luck to you. Thank you for sharing your beautiful post with us.

 2 years ago 

Indeed internet has become part of our lives and it has come to stay. Good luck on this contest.

 2 years ago 

Very well explained post engaged your self with activities like playing guitar ,and exercise it's better way 😊

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @abiga554
r2cornell_curation_banner.png

Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

Thank you!
A small donation can put a BIG smile on a face!!

 2 years ago 

Masih banyak rutinitas yang bisa kita lakukan saat tidak memiliki akses internet. Baik itu melakukan pekerjaan yang tertunda dirumah ataupun berkumpul dengan keluarga yang jarang kita lakukan.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62890.35
ETH 2544.51
USDT 1.00
SBD 2.94