Steemit Engagement Challenge S5-W3 : If OnlysteemCreated with Sketch.

in STEEM FOR BETTERLIFElast year

PhotoCollage_20221027_090329053.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Assalamualaikum Sahabat Semuanya

Selamat siang sahabat semuanya.....
di pagi menjelang siang yang hujan ini saya mendoakan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dapat menjalani berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan dengan sukses dan tetap jaga kesehatan anda dan tetap bahagia dengan apapun yang terjadi dalam hidup ini

Waktu berjalan begitu cepat dan Steemit engagement challenge sudah memasuki sesi yang kelima Minggu yang ketiga, Pada kesempatan yang membahagiakan ini saya ingin mengikuti challenge sesi yang kelima minggu ketiga yang diselenggarakan oleh komunitas kebanggaan kita Steem for Betterlife yang bertema If Only

If Only

Andai waktu bisa kembali Mungkin kita bisa mengubah kehidupan kita dari apa yang telah terjadi, sangat sering kita mendengar "andai saja", "jika saja", yang merupakan ungkapan penyesalan atas apa yang telah terjadi dalam hidup seseorang namun hal tersebut tidak mungkin bisa kita raih kembali, karena masa lalu adalah kenangan hari ini adalah kenyataan dan besok hari adalah cita-cita dan impian yang harus kita wujudkan

Cerita salah satu episode kehidupan saya yang akan saya bagikan dalam postingan Berikut ini bukan berarti saya menyesali apa yang telah terjadi, namun seperti telah saya sampaikan di atas kita sering mengucapkan "andai saja kalau saja" namun saya berkeyakinan bahwa semua sudah ditakdirkan oleh Tuhan yang maha kuasa dan manusia hanya menjalaninya saja

Cerita saya adalah tentang kasih sayang dan pengorbanan dan juga kesetiaan yang mungkin belum sempat saya balas sehingga saya masih menyimpan rasa penyesalan "andai saja" hari itu "kalau saja" waktu itu

Saya memiliki seorang paman yang merupakan adik bungsu dari ibu saya yang dulunya sangat dekat dan sayang dengan saya ketika saya masih kecil dan beliau masih tinggal di Aceh, namun dua puluh tahun yang lalu Beliau merantau ke pulau Jawa, sampai akhirnya di awal Tahun 2022 beliau pulang ke tempat kami dalam kondisi sakit parah akibat komplikasi diabetes yang beliau Derita

Karena keluarga beliau anak dan istri beliau berada di Pulau Jawa dan tidak pulang ke sini maka otomatis Kami keluarga yang merawat beliau, berbagai macam perawatan telah kami coba untuk menyembuhkan penyakit beliau yang semakin hari semakin parah baik itu pengobatan tradisional maupun pengobatan medis dengan membawa beliau ke rumah sakit.

IMG_20220524_210156.jpg

Perawatan Paman di Rumah Sakit

Setelah beberapa kali masuk dan keluar rumah sakit akhirnya tim Dokter memvonis bahwa beliau harus diamputasi salah satu kakinya agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar dan membahayakan nyawa beliau, karena beliau di sini tidak ada anak dan keluarga maka kami keponakannya Saling bantu membantu menjaga beliau di rumah sakit termasuk mengurus berbagai keperluan beliau

IMG_20220617_173243.jpg

IMG_20220617_181617.jpg

Perawatan Mandiri di Rumah

Karena keterbatasan biaya kami mencoba mengumpulkan dana dari keluarga dan menyumbangkan untuk beliau, namun hal tersebut tentu saja tidak mencukupi sehingga terkadang kami harus membawa pulang beliau dari rumah sakit dan merawatnya di rumah melalui perawatan Mandiri, namun kesehatan beliau semakin hari semakin menurun

IMG_20220805_182336.jpg

Menyerahkan Donasi Untuk Perawatan Paman

Kondisi beliau semakin hari semakin menurun sepertinya sudah sulit untuk ditolong karena penyakit tersebut semakin menggerogoti tubuh beliau, Hal ini tentu saja membuat kami keluarganya sangat sedih dan beliau selalu berpesan dan meminta kami untuk selalu menjaganya secara bergantian termasuk saya yang rutin datang ke rumah Bibi saya di mana beliau dirawat

Beliau juga berpesan secara khusus agar kami menjaganya khususnya beliau merasa sudah hampir waktunya beliau Pergi Untuk selama-lamanya, itulah yang membuat saya selalu sedih dan berandai-andai "andai saja, kalau saja" saya ada di samping beliau ketika beliau meninggal dunia

IMG_20220805_175011.jpg

Kondisi Paman Yang Semakin Menurun

Karena kondisi beliau yang semakin kritis, sebelum beliau meninggal Saya masih sempat menjenguk beliau dan dalam kondisi tersebut beliau sudah tidak bisa berbicara lagi dengan kami mungkin itulah pertemuan terakhir saya dengan beliau ketika beliau masih hidup

Hari yang sangat menyedihkan itu akhirnya tiba juga yang membuat saya selalu berpikir dan berandai-andai, "kalau saja andai saja" karena pada hari beliau meninggal dunia saya lupa mengaktifkan handphone dan seperti biasanya saya bertugas melayani masyarakat kebetulan hari itu ada warga yang melaksanakan nikah dan saya Pimpin prosesi akad nikahnya

Tidak ada firasat dari saya bahwa beliau akan pergi selama-lamanya dengan secepat itu, di hari itu saya tidak pulang cepat dari kantor dan handphone saya juga tidak aktif dan baru mengetahui kabar beliau telah meninggal dunia setelah siang harinya padahal beliau telah meninggal sejak pagi

IMG_20220815_164355.jpg

Menghadiri pemakaman Paman

Dalam hukum agama Islam setelah seseorang meninggal harus secepatnya untuk dimandikan, dikafankan, dan disholatkan kemudian dikuburkan sehingga membuat saya tidak memiliki kesempatan untuk melihat wajah beliau terakhir kali karena Ketika saya tiba semua yang prosesinya sudah selesai dan saya hanya sempat menshalatkan dan membawa dan mengantarkan beliau ke kuburan

IMG_20220815_164613.jpgIMG_20220815_165412.jpg
Prosesi Pemakaman Paman Saya

Hanya prosesi pemakaman beliau di kuburan yang sempat saya abadikan sebagai kenang-kenangan terakhir dengan beliau, itulah yang membuat saya selalu berandai-andai "andai saja kalau saja", hari itu saya tidak lupa mengaktifkan handphone, andai saja kalau saja hari itu saya cepat mendapat berita, atau andai saja kalau saja hari itu saya sempat melihat beliau untuk terakhir kali

Namun semuanya sudah tidak memungkinkan lagi, semuanya sudah terjadi semuanya telah digariskan sebagai takdir oleh Tuhan yang maha kuasa. Kita sebagai manusia hanya menjalaninya saja, itulah sepenggal kisah saya bersama paman yang sangat kami cintai yang akhirnya tidak sempat saya lihat pada saat beliau meninggal dunia untuk terakhir kali

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Demikian postingan saya dengan tema If Only, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada siang yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @waterjoe, @anroja, @ridwant, @radjasalman, @tucsond @nadiaturrina, @fantvwiki, @f2i5, @emsonic, @kouba01 dan lain lain untuk ikut dalam kontes ini, Ayo bagikan episode kehidupan anda yang pasti membuat anda berandai-andai, "andai saja, kalau saja"

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota Steem For Betterlife Community dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme


4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 last year 

Lon lake meah abi. Bak lon hana komen abi.

Semoga berhasil mantong @abialfatih

 last year 

Terimakasih kanda @f2i5, kita doakan yang terbaik untuk almarhum

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @ngoenyi


commnt1.jpg

 last year 

Thanks SC04 and @ngoenyi for your support

Loading...
 last year 

This is very sad to read about your uncle. May Allah bless him,
But if only is not right for us. Because holy prophet Muhammad peace be upon him did stop Muslims.
The past is just the past and we cannot change it, because it is simply a path already traveled

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64534.17
ETH 3150.15
USDT 1.00
SBD 4.01