Kontes SteemFoods -6- | Mempromosikan Makanan Tradisional: Mie Aceh

in SteemFoods4 years ago

IMG_20201114_182830.jpg
Mie Aceh

Hallo sobat Steemian!
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat. Hari ini dengan penuh semangat saya akan mencoba untuk berpatisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh @alikoc07, dengan tema yang berbeda setiap minggunya.

Kali ini saya ingin memposting resep makanan tradisional khas daerah saya yaitu Mie Aceh. Mie Aceh termasuk makanan khas Aceh yang terkenal di seluruh Indonesia. Dengan paduan rempah-rempah pilihan yang kaya akan rasa, sehingga menjadi mie yang mempunyai cita rasa yang unik, yang berbeda dengan mie pada umumnya. Selain itu harganya juga terjangkau, mulai dari Rp. 20.000 an, sesuai dengan toping yang diinginkan, ada pilihan Mie daging, Mie udang, Mie kepiting, Mie tiram, dan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Saya akan memberikan resep rahasia Mie Aceh yang tentunya sangat enak dan lezat, soal rasa boleh diadu dengan Mie Aceh yang ada di Cafe Rhumbia Kota Lhokseumawe yang sangat terkenal dikota kami😊 berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan.

Mie Aceh

IMG_20201114_170732.jpg

Bahan-bahan

  • 500 gram mie kuning basah
  • 1/4 kg udang
  • 1 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 3 butir bawang merah, diiris tipis
  • 1 buah tomat, dipotong dadu
  • 1 batang daun bawang/daun sop
  • 50 gram tauge
  • 50 gram kol, diiris tipis
  • 4 sendok makan kecap manis
  • air kaldu secukupnya
  • minyak untuk menumis
  • secukupnya gula dan garam

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh Ketumbar
  • 1/2 sendok teh merica
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 5 cabe merah
  • 4 cabe rawit
  • 3 butir kapulaga
  • 2 bunga lawang
  • 1 cm kayu manis

Bahan pelengkap:

  • Saos cabai
  • Timun di potong
  • Tomat di potong
  • Bawang goreng
  • Kerupuk Emping
  • Daun pisang sebagai alasnya

Cara Membuat

IMG_20201114_173138.jpg

IMG_20201114_173217.jpg

IMG_20201114_173305.jpg

Tuangkan sedikit minyak, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yg sudah diiris-iris, masukkan udang, dan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sampai rata.

IMG_20201114_173339.jpg

IMG_20201114_173518.jpg

Kemudian tambahkan kol yang sudah diiris, toge, dan air kaldu lalu aduk rata.

IMG_20201114_173526.jpg

IMG_20201114_173557.jpg

lalu masukkan mie, air kaldu, kecap manis, aduk rata dan tutup sebentar. Kemudian Masukkan telur.

IMG_20201114_173845.jpg

IMG_20201114_173943.jpg

Setelah itu, diaduk semua bahan agar tercampur rata, masukan daun bawang/daun sop, gula, garam, dan koreksi rasa, dan Mie Aceh siap dihidangkan.

IMG_20201114_182554.jpg

Demikian resep makanan tradisional khas aceh yang saya bagikan dan kalian harus mencobanya, cocok dinikmati sambil bersantai pada sore hari, dengan rasanya yang enak dan lezat, bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan, cara memasaknya ikuti saja step by step yang telah saya posting 😊

Terimakasi kepada @radjasalman yang dengan sigap memberi bimbingan dan arahannya.

Terimakasih @alikoc07 atas kesempatan yang diberikan.

Salam, @kanzia

Sort:  
 4 years ago 

Hai:

Partisipasi Anda dalam kontes yang saya selenggarakan dengan tag #steemfoods-traditional telah berhasil disetujui. Hidangan yang Anda siapkan dengan mie kuning + udang + telur terlihat sangat lezat. Sangat bagus menggunakan kayu manis + hazelnut dalam resep pasta ini. :) Saya suka cara makanan disajikan di atas piring. Saya telah menambahkan resep ini ke "Kiriman SteemFoods Terbaik Hari Ini". Kami akan mencoba memberi suara untuk mendukung posting Anda dengan -steemcurator01. Lanjutkan membuat konten di Komunitas SteemFoods. Saya juga membagikan foto pasta yang saya siapkan dengan jamur di rumah. :)

  • Pasta saya dengan jamur:

mantarlımakarnatabakta.jpg

 4 years ago 

Terima kasih @alikoc07, senang bisa ikut berpartisipasi dalam #steemfoods-traditional.
Dari segi penampilannya sangat lezat pasta dengan toping jamur, ditambah parutan keju diatasnya membuat saya lapar dan ingin mencobanya.

Hi @kanzia, saya sendiri tidak tahu kapan pertama sekali Mie Aceh ini mulai populer di Aceh. Sejauh ingatan saya, mie aceh telah ada jauh sebelum saya lahir. Dan sekarang menjadi makanan favorite banyak orang, selain cita rasa yang khas Aceh dan memang tidak bisa ditemukan ditempat lain selain di Aceh, meskipun ada tetap merupakan khas daerah Aceh yang tidak ada duanya. Termakasih atas partisipasi anda di kontes yang kami laksanakan ini, semoga resep anda juga diapresiasikan oleh anggota komunitas yang lain.

Tetap semangat dalam membuat resep-resep terbaik anda dan mempostingkannya di komunitas steemfoods ini ya. Jangan lupa djuga mengunjungi postingan resep kawan-kawan yang lain untuk saling mendukung,

Salam masak memasak ya sobat

 4 years ago 

Terima kasih pak @el-nailul, saya juga ingat waktu masih SD, setiap sore saya suka menghabiskan 1 bungkus mie aceh sendiri plus telur ayam yang saya bawa sendiri dari rumah😅(karna dulu ibu saya pedagang grosir telur ayam)

noodles and cabbage taste with prawn that bringing water to my mouth, i got really very much hungry when i was seeing and reading the post, prawn in pasta recipe that is really very much tasty and delious way to prepare the food, your presentation style also is very much good and well, i will say only that is really really very much nice and delicious recipe, every taste we can find in this food, thank , best of luck

 4 years ago 

Thank you for the appreciation @yousafharoonkhan.
it's great to be able to share experiences and happiness

Ngiler @kanzia
Bagi-bagi lah.

 4 years ago 

Kalau ada waktu Main ke lhokseumawe bang @ikhsan01, biar saya kasih mie nya hehehe😁

Kemarin ada kami di sana, anda tidak keliatan...

 4 years ago 

saya berhalangan hadir, mdh2an dilain waktu dan kesempatan saya bisa ikut serta😊

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 68516.58
ETH 3713.75
USDT 1.00
SBD 3.74