Steemit Engagement Challenge (SEC) | S12W2- "Self Motivation"

in Steem4Nigeria11 months ago

Halo Sahabat..

Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk memberikan diri mereka sebuah motivasi yang mampu mengembalikan semangat, keyakinan, bahkan juga kekuatan untuk dapat meraih apa yang telah mereka tetapkan sebagai tujuan. Saya akan memberikan pandangan saya terkait motivasi diri pada kontes ini dan tak lupa mengajak teman-teman saya @fantvwiki @meriseptriyanti dan @ikwal untuk juga dapat ikut berpartisipasi.

My Unusual Workplace_20230912_203152_0000.pngcreated on canva

What do you think causes people to lose their motivation in life?


Saya pikir ada banyak hal yang dapat menyebabkan kita kehilangan motivasi. Beberapa diantaranya sebenarnya disebabkan oleh diri kita sendiri.

  1. Tidak percaya pada diri sendiri
    Ini sebenarnya merupakan masalah. Diri kita sendiri adalah modal utama dalam mencapai tujuan kita. Tak mungkin orang lain akan serta merta melakukannya tanpa ada kepentingan yang khusus bagi mereka. Karena itu saya kira kita memang harus percaya diri dan yakin kita mampu untuk melakukannya.

  2. Terlalu menyalahkan diri sendiri
    Lagi-lagi karena diri sendiri. Merasa bersalah adalah hal yang wajar. Namun jika kita terus berlarut menyalahkan diri sendiri, itu dapat menghilangkan motivasi dalam hidup kita.

  3. Takut Gagal
    Kegagalan memang terkadang bisa sangat menyakitkan. Namun saya kira itu lebih baik daripada berdiam diri tanpa berani untuk mencoba. Gagal adalah hal yang wajar namun kita dapat belajar banyak dari kegagalan.

  4. Membandingkan progres orang lain dengan pencapaian kita
    Ini mungkin yang terburuk. Saya kira dengan membandingkan pencapaian orang lain dengan milik kita dapat memberikan dampak langsung. Antara menjadi lebih termotivasi, atau kehilangannya. Bagus jika itu memberikan kita motivasi yang baru, namun akan sangat buruk jika itu malah membuat kita menjadi tidak percaya pada kemampuan diri kita sendiri.

***

Have you been discouraged or depressed before? How did you handle it?


Jujur saya katakan, saya pernah beberapa kali kehilangan motivasi dalam hidup saya. Kebanyakan diantaranya disebabkan oleh kegagalan. Terkadang saya begitu sulit menerima kegagalan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari hal itu.

do-not-give-up-2015253_1280.jpgpixabay

Namun saya sadar kegagalan itu adalah hal yang wajar. Saya menyatakan pada diri saya untuk segera bangkit. Berdiam diri dengan terus meratapi kegagalan tidak akan menghasilkan apa-apa. Saya kira ini hanya membutuhkan istirahat saja sebelum kembali mengambil langkah-langkah baru untuk mencapai tujuan saya. Dan saya terus menanamkan mindset bahwa gagal itu hanya benar-benar berlaku jika kita berhenti dan menyerah.

***

Is self-motivation a good practice? Explain!


Saya kira motivasi diri merupakan praktik yang sangat bagus, terutama dalam mencapai tujuan kita. Sering kali dalam perjalanaannya rintangan kerap menyapa kita dan tak jarang sebagian orang harus terhenti sebelum tujuan tersebut tercapai. Maka disinilah saya pikir peran motivasi diri. Mengembalikan semangat dan kekuatan sehingga kita dapat terus maju ke depan.

20230912_201829_0000.pngcreated on canva

Banyak cara sebenarnya untuk memotivasi diri kita. Terkadang itu datang dari orang lain. Tergantung kita memandangnya seperti apa. Saya yakin kita akan selalu menemukan cara tersebut selama kita memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan kita.

***

On Steemit what keeps you motivated?


Saya berkeinginan untuk memiliki sejumlah aset masa depan yang memungkinkan dapat berguna di masa tua saya nantinya. Ketika kita tua tubuh kita menjadi lemah dan kita tidak mampu lagi untuk bekerja. Dengan sejumlah aset yang saya kumpulkan saat ini dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

money-2696228_1280.jpgpixabay

Berkaca dari hal itu maka memberikan saya motivasi yang tinggi untuk terus menjaga konsistensi saya dalam membuat konten di platform ini. Karena saya percaya ini nantinya akan sangat berguna di masa depan. Jika saya kehilangan motivasi dalam menulis saya akan langsung mengingat kembali tujuan utama saya dan itu sangat efektif karena dapat langsung mengembalikan motivasi seketika.

****

Terimakasih saya ucapkan kepada @steem4nigeria dan seluruh pengurus serta admin komunitas yang telah menyelenggarakan kontes menarik ini dengan tema Self Motivation.

TERIMAKASIH SUDAH SINGGAH DAN MEMBACA POSTINGAN SAYA

Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  
Loading...

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @ubongudofot

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Thank u so much for the support 🙏🏻

Tulisan yang sangat bagus. Saya bisa menyimpulkan bahwa kegagalan bukan untuk kita ratapi tapi percaya pada diri sendiri merupakan kunci utama dalam meraih motivasi terbaik dalam hidup.
Semangat untuk anda dan sukses terus

Benar sekali. Terimakasih sudah memberi respon yang sangat bagus. Itu benar2 berarti bagi saya 🙏🏻

Es muy cierto lo que dices, aveces si nos enfocamos en el avance de otras personas, esto puede llevar a desanimarnos, recordemos que cada persona avanza a su ritmo, asi que debemos concéntranos en nuestro progreso y estar contento con ello.

Excelente entrada bendiciones.


Sin título (1080 × 500 px) (1).png

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58167.06
ETH 2592.42
USDT 1.00
SBD 2.44