SECS 8 Week 4: The Mental Health of a Content Creator

in STEEMIT HEALTH2 years ago

IMG_20230320_205553.jpg
photo by Canva

Hello sobat steemian tercinta..

KESEHATAN FISIK ternyata tidak selamanya mempengaruhi kesehatan mental, namun sebaliknya! kesehatan mental yang buruk akan memberi dampak besar pada kesehatan fisik seseorang hingga mempengaruhi kehidupan sosial. Kesehatan mental adalah potensi diri, baik dalam bentuk kesejahteraan, kenyamanan serta tanpa adanya gangguan jiwa seperti stres dan depresi.

Hampir semua sisi dan status individu dalam kehidupan masyarakat sosial dipengaruhi oleh kesehatan mental tanpa mengenyampingkan pentingnya kesehatan fisik, karena keduanya saling keterkaitan sebagai pendorong berjalanannya aktivitas dengan baik untuk semua jenis pekerjaan.

The Mental Health of a Content Creator adalah tema kontes istimewa bagi saya diminggu ke-4, mengingat bahwa "Menulis" juga dapat menjadi salah satu terapi bagi individu yang sedang dalam cacat kesehatan rohani seperti stres dan depresi, sehingga dengan tema kontes ini saya menemukan ada feedback berharga dan dinamis untuk kami sebagai kreator konten di platform Steemit.

Berbicara tentang kondisi perasaan ketika berhadapan dengan pekerjaan menulis, saya selalu merasa senang dan serius ketika menuangkan ide atau cerita untuk tema apapun . Sungguh! Ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena menulis adalah salah satu hobi utama saya sejak kecil.

Mungkin saya diantara sejumlah pengguna yang tidak bisa menghasilkan tulisan dengan baik tanpa didukung oleh kondisi mental yang baik pula. Bahkan sama sekali tidak dapat menulis jika situasi batin saya sedang kacau. Tapi saya sangat jarang menghentikan tulisan ditengah selembar kertas karena "Cemas" atau ketika tulisan/karya saya dianggap kurang menarik atau tidak memenuhi keinginan pembaca.

Karena menulis adalah hobi, jadi saya tidak pernah merasa "Kecewa" dam "Putus Asa", bagi saya pribadi tujuan menulis adalah mengekaplorasi kemampuan dan potensi diri untuk melampiaskan sebuah hasrat atau ide baru yang ingin saya sampaikan.

Perasaan Lelah tentu ada, karena menulis adalah aktivitas menguras pikiran dan memaksa memenuhi keinginan demi terciptanya sebuah tulisan/konten berkualitas dan menarik bagi pembaca. Sebelum berselancar di platform steemit, saya telah lebih dulu belajar dan mengasah kemampuan menulis di website blog yang dibekali oleh hobi dan pekerjaan saya di kantor yang ikut membantu mengonsep berbagai bentuk surat kedinasan.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kenapa saya tetap bertahan di papan blockchain Steemit hingga saat ini dan InsyaAllah kedepan, karena saya datang ke platform istimewa ini atas dasar hobi menulis dan mencoba memanfaatkan konsep dasar Jejaring sosial Steemit sebagai tempat mengenal dan menggali potensi diri saya untuk menuangkan ide dalam bentuk karya tulis yang baik, ringan dan mudah dipahami oleh pembaca.

Jadi, pada saat ide dan gagasan saya tidak mendapat nilai apapun, saya tidak merasakan bahwa upaya saya adalah akhir dari segalanya. Kondisi tersebut sama sekali tidak mempengaruhi atau memaksa saya untuk Menghentikan hobi saya untuk menulis dan berkarya di platform ini.

Mengenai rekomendasi saya untuk kawan-kawan kreator konten di platform ini, saya ingin mengatakan begini, usaha apapun jika itu dilakukan dengan sungguh-sungguh maka tidak akan mendustakan hasil. Artinya, seseorang yang bekerja dengan baik dan untuk tujuan yang baik tidak akan bisa dibohongi oleh usahanya sendiri.

Demikian ulasan saya untuk menjawab beberapa kerangka yang ditawarkan kontes dalam tema The Mental Health of a Content Creator. Terima kasih banyak atas singgahan rekan steemians dan mungkin membacanya.

Ikut mengundang Bapak @kouba01 @afrizalbinalka @muzack1 dan @abialfatih

Regards
@ridwant

IMG_20230225_155902.jpg
support @pennsif.witness
Klik disini

Sort:  
Thank you for sharing your thoughts on the importance of mental health for content creators, @ridwant. 😊
It's refreshing to hear someone acknowledge that mental health and physical health are intertwined, and that poor mental health can have a significant impact on a person's social and professional life. 🧐
Your insight on how writing can be a form of therapy for those struggling with mental health issues is inspiring, and it's great to see how passionate you are about it. 😍
Your recommendation to work hard towards a good cause is something we should all strive for in our personal and professional lives. 👍
Thank you for sharing your thoughts, and I wish you all the best in your future endeavors on the Steemit platform.🙏
 last year 

Kesehatan mental dan fisik saling mendukung satu sama lain agar terciptanya sebuah kesempatan untuk beraktivitas dengan baik. Terima kasih telah berkungjung dan membacanya.

 2 years ago 

@ridwant
Its happy to know you like writing since childhood in simple words its your hobby and definitely you love it and do it with joy.

As you told you feel good during written content and it always source of happiness for you and you produce a post which is definitely worth more and liked by others.

But we improve ourselves with every passing day and daily learning something from others i love to read posts of others as there are some thing new to learn for me snd it urge me to do much better work.

Best of luck

 2 years ago 

Ini masukan yang sangat berharga dari anda untuk saya! Saya juga tidak luput mencari banyak sumber bacaan menarik dari tulisan pengguna lain di patform sebagai penambah pengetahuan baru bagi saya.

Terima kadih banyak atas feedback menarik ini tuan.

I like creating content this is true and nothing is wrong in it but for creating content we have to be very focus on our content that what we are going to write and first of all we have to explore the topic and the most difficult thing that I have experience while writing the content is to search out for a topic because you can make content or you can create content when you have a topic but you cannot write anything when you don't know that which topic you are choosing.

Obviously writing a content or writing any post requires your focus and your mind so that's why when you have a lot of things to do in your life your mind stuck into something particular which is another thing then you cannot be very focused on quality content and in this case you maybe exhausted.

You are just like me I also cannot share my views on my knowledge to someone when there is something strange happening in my mind or when I am in a stressful condition. Overall I like your content of this article thanks for sharing

 2 years ago 

Benar apa yang anda katakan, bahwa kesehatan mental akan mendorong terciptanya sebuah tulisan yang menarik untuk sebuah topik. Penulis juga perlu kondisi mental yang baik untuk melahirkan motivasi dan kreatifitas untuk menulis.

Terima kasih atas komentar menarik anda tuan.

To comment on your article is my pleasure and my merriment. Mental relaxment is very important if you want to do some creative work.

Thanks for your comment.

Loading...

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Tidak semua orang yang hobi menulis bg ridwan hehehe😄, Saya termasuk yang suka menulis juga 😊 Semoga berhasil bg dalam tantangan ini bg, mohon dukungannya😇

 2 years ago 

Terima kasih telah singgah bang.... Mungkin karena keseringan dan kesenangan menulis bang..😀

Peace be upon you Mr. Ridwan. Your review is very interesting and easy to understand. I wish you more success here. 🤲🤲

 2 years ago 

Thank you sir @chefdanie

You're welcome Pak Ridwan 🙏

Congratulations! This post has been upvoted through
steemcurator06.

We support quality posts, and good comments anywhere, with any tags.

PicsArt_03-04-10.27.16.jpg
Curated by :@irawandedy

 2 years ago 

Terima Kasih kanda atas supportnya.

@ridwant

You really taught me alot. It is really important as a content creator to always choose the suiting topic for you so as to be able to flow well when writing. The conditioning of your mind too is a principal factor too. Avoid distractions and focus properly in all your creative contents. It is a thing to joy making contents but you must try to conquer stress and distractions with good focus too. Success in the challenge #steem-on

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 63099.80
ETH 2455.59
USDT 1.00
SBD 2.58