SECS 8 Week 6: How do I want to grow old?

in STEEMIT HEALTHlast year

png_20230404_022304_0000.png

Salam Sahabat Steemians 🙋‍♂️

Berjumpa kembali dengan saya dihalaman komunitas kebanggaan ini, dan dengan senang hati pada kesempatan ini saya ingin membagikan publikasi dengan topik Bagaimana saya ingin menjadi tua?

Tentu saya saya akan mengupas perkara ini tidak jauh dari poin-poin yang telah diatur dalam kontes ini.

Oke teman-teman, mari membaca apa yang saya sampaikam disini semoga menjadi tamsilan kehidupan saya yang mampu saya prediksikan disini.

Kehidupan tentu saja tidak jauh dari masa kecil, masa remaja, dewasa, dan masa tua. Dan inilah realita kehidupan untuk setiap insan, setelah demikian tentu saja akan mengakhiri perjalanan hidup ini dengan kematian.

Oleh sebab demikian, siapapun kita tentu pernah membayangkan akan bagaimanakah yang kita hadapi atau persiapan untuk masa tua nanti? Hal ini pasti pernah tersirat didalam benak kita masing-masing.

Dan dalam hal tersebut tentu saja saya akan membayangkan atau menginginkan bahwa saat tibanya masa tua nanti saya ingin menjadi jiwa serta tubuh yang sehat meskipun tidak akan sesempurna dimasa muda.

old-450742__480.jpg
Source Pixabay

Saya mendambakan masa tua yang penuh kesehatan serta energik, artinya saya sangat tidak mengharapkan jika masa tua saya akan mengrepotkan serta membebani orang lain - justru sebab itulah saya ingin menua dengan kondisi yang sehat serta energik.

Meskipun kita menyadari bahwa masa tua tidak akan seenergik masa muda, tapi setidaknya saya mampu menjalani hidup untuk menyetarai diri sendiri tanpa harus menjadi beban bagi yang lain.

Dan saya mendambakan masa tua yang dihargai oleh generasi yang lain. Bermakna bahwa dari sekarang saya sudah menginginkan memiliki murid yang baik - yang merupakan generasi depan yang akan menghargai serta menghormati saya.

Saya sedang mencetak generasi tersebut melalui rutinitas malam saya yaitu mendidik anak-anak untuk ilmu pengetahuan agama serta etika yang bagus - agar kelak mereka tumbuh dewasa dan saya sudah munua - bahwa mereka akan paham terhadap diri saya dan mereka akan menghormati saya sebagai gurunya saat masa kecilnya.

Jadi saya hanya mendampakan hal sesederhana itu, karna saya menginginkan masa tua yang dihormati oleh generasi selanjutnya.

hands-2906458__480.jpg
Source Pixabay

Secara pemikiran yang sehat bahwa saya tidak takut dengan masa tua, karna setiap kita - jika dikaruniai usia oleh yang maha kuasa pasti akan menjumpai masa tua.
Jadi sebab itulah bahwa saya beritikat untuk tidak perlu menakuti diri sendiri dengan tibanya masa tua.

Namun, yang saya takuti adalah jika masa tua tidak dihormati oleh manusia lain. Artinya sepanjang sejarah hidup kita tidak pernah dapat dimanfaatkan oleh generasi atau manusia yang lain, kadang bahkan lebih buruk lagi jika sejarah yang kita ukir hanya membuat resah bagi yang lain.
Maka sebab itulah membuat masa tua yang tidak berarti dan bahka tidak pernah memiliki harga dimata manusia.

man-6543608__480.jpg
Source Pixabay

Tentu saja saya tidak memiliki pengalaman dengan masa tua, karna saya belum melewati atau menikmati masa tersebut.
Tetapi saya hanya mampu memberikan sudut pandang terkait sosok yang pernah saya perhatikan yang menjadikan teladan hidup bagi diri saya.

Beliau adalah Abi Ja'far Sulaima yang merupakan guru besar ditempat yang pernah saya singgah untuk menuntun ilmu agama. Beliau hidup penuh kesederhanaan tapi beliau memiliki jiwa yang sangat kaya untuk membimbing umat manusia menuju jalan yang baik dan berguna bagi agama dan bangsa.

Tidak banyak yang perlu dipertontonkan, beliau memiliki khas ucapan atau tutur kata yang lembuh bahkan sangat muslihat untuk tersentuh dihati kita, cara beliau mendidik serta membimbing manusia sangatlah bagus, dan beliau tumbuh hanya untuk mengarahkan manusia kejalan yang benar lewat ilmu yang beliau tanam dihati kita.

Jadi sekarang beliau menikmati serta melewati masa tuanya penuh kehormatan serta kemuliaan dari setiap manusia yang lain.

Dan saya mendambakan kehidupan masa tua yang tidak jauh dari demikian, karna menurut saya inilah masa tua yang bagus yang pernah saya teladani.

*****

TZjG7hXReeVoAvXt2X6pMxYAb3q65xMju8wryWxKrsghkLyhC7NCrtZBuf2C6fdoaHxTebWuXYbNTYRBUYdWTM2jCziPSAkHnAd3iP46Z8WuRN9ZuMoke9nhDbbHs3cDJG3pw8vzyMMjsC.png

Steemit Health
Steemit Engagement Challenge Season 8 Week 6: "How do I want to grow old?"

Demikian yang mampu saya kupas dikontes minggu 6 ini tentang bagaimana saya menghadapi masa tua saya, dan ini menunjukkan sebuah keterlibatan saya dipertungan Steemit minggu ini.

Teman yang saya undang: @f2i5 @abialfatih @ridwant @sailawana @shiftitamanna agar bisa bergabung bersama kami.

Terima kasih saya ucapkan untuk teman-teman semua yang telah membaca semua ini.

*****

Cc : @steemithealth @nadiaturrina @josevas217 @franyeligonzalez @steemdoctor1 @dexsyluz

Best Regards


Author ✍🏻

@elrazi
Aceh - Indonesia

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Thank you @steem.history

Loading...

Your post has been supported by @lhorgic from Team 2 of the Community Curation Program, at 60%. We invite you to continue sharing quality content on the platform, and continue to enjoy support, and also a likely spot in our weekly top 7.

Voting date: 04/04/2023

image.png

 last year 

Thank you @lhorgic

 last year 

Masa tua adalah suatu tahap dalam kehidupan manusia yang umumnya ditandai dengan penurunan fungsi fisik dan kognitif.

 last year 

Terima kasih komentarnya @ahyaoja

Friend, I agree with your imagination and wish that whenever old age comes, we can live with a healthy mind and body. Because it is real that we have to finish our journey through life and death. In fact we will all be prepared to face old age. In Shah Allah.

 last year 

Anda telah memberikan komentar yang sangat bagus temanku @shiftitamanna saya sangat menghargai itu,,
Terima kasih banyak 👌

Welcome friend. God bless you.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62447.99
ETH 2513.51
USDT 1.00
SBD 2.67