Contest : My first steps in STEEMIT | A New Step For A Better Life by @alee75

in Steemit Nursery3 years ago (edited)

Hallo semuanya....

Saya telah membaca postingan @steemitnursery tentang Steem Nursery Contest: My first steps in STEEMIT 👣 Mis primeros pasos en STEEMIT beberapa hari yang lalu namun belum sempat menindaklanjutinya.

Setelah membaca aturan-aturan yang terdapat pada postingan tersebut akhirnya saya memutuskan untuk berpartisipasi dan membuat sebuah postingan disini.

Bagaimana Anda mendengar tentang Steemit? Apa yang Anda pikirkan?

Sekitar 3 tahun yang lalu teman saya yang seorang dosen di UNIMAL dan juga pelatih saya di Beladiri Hapkido bercerita bahwa ada satu platform yang bernama STEEMIT dimana di platform ini kita bisa berinteraksi dengan orang di seluruh dunia dan juga bisa menulis serta menyebarkan informasi dan pengetahuan yang kita miliki kepada orang banyak.

Namun pada saat itu saya belum bisa bergabung dengan steemit karena kesibukan saya sebagai Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner di Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Utara karena saya adalah seorang dokter hewan.

Seiring dengan berjalannya waktu sejak saya bergabung dalam sebuah organisasi kemanusiaan MRI-ACT saya mulai mencari-cari informasi detail tentang steemit.

Dan di grup Whatapps MRI-ACT bulan April lalu ada pembicaraan tentang akan diadakannya sosialisasi dari komunitas steem SEA @anroja dan kawan-kawan yang bekerjasama dengan tim MRI-ACT Aceh Utara.

Saya sangat tertarik untuk bergabung saat itu sehingga saya mulai mencari informasinya di internet serta langsung membuat akun sendiri bahkan sebelum diadakannya sosialisasi dimaksud serta langsung membuat postingan perdana saya yang saya beri judul “ SAYA DOKTER HEWAN, MANUSYA MRIGA SATWA SEWAKA”.

Saya sangat tertarik bergabung dengan steemit karena saya dapat berkenalan dengan orang banyak dan juga bisa membagikan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki agar bisa lebih berguna.

Sehingga akhirnya pada acara sosialisasi yang diadakan di MIN Kutablang Lhokseumawe saya dipandu oleh para senior untuk mulai membuat Achievement Task.

Bagaimana dengan pencapaian Anda di komunitas pendatang baru dan mana yang Anda cari?

Pencapaian saya di Komunitas Pendatang baru adalah dengan membuat Achivement 1 Introduce Yourself yang pada saat itu saya di bimbing oleh @nadilchairi dan selanjutnya saya membuat Achivement Task berikutnya atas bimbingan beliau dan juga senior lain seperti @cicisaja @klen.civil dan lain-lain. Sampai saat ini saya masih terus berkomunikasi dengan mereka terutama @nadilchairi bahkan sering saya berkunjung ke tempat beliau yang jaraknya lumayan jauh dari tempat saya tinggal.

Selanjutnya saya mulai mencari komunitas yang ada di steemit untuk bisa berpartisipasi dan berinterkasi dengan mereka. Hal itu saya lakukan agar saya bisa lebih maksimal beraktifitas di steemit sesuai dengan profesi saya sebagai dokter hewan dan juga bisa menyalurkan hobby saya terhadap olahraga beladiri dan isu-isu social yang berkembang.

Saya juga punya hobby memelihara ikan dan menanam bunga serta sangat tertarik dengan Filsafat. Saya sangat tertarik dengan hal-hal yang baru sehingga saya berusaha bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion saya.

Hal-hal apa yang telah Anda pelajari yang tidak Anda ketahui sebelum datang ke Steemit?

Banyak hal yang saya pelajari setelah saya bergabung dengan steemit yang sebelumnya saya tidak ketahui yang antara lain adalah tentang metode penulisan yang baik dan benar biarpun selama ini saya memang di kesehariannya selalu menulis. Dalam hal ini saya menulis macam-macam surat, proposal, kajian hukum dan dokumen dan rencana kegiatan dan program sesuai tugas saya di dinas sebagai kepala bidang.

Secara metode penulisan tentu ada perbedaan yang nyata ketika kita menulis secara formal dibandingkan kita menulis secara informal seperti di platform steemit ini dan saya perlu melakukan penyesuaian agar bisa lebih maksimal walaupun secara umum ada kesamaan metode penulisan yang baik dan benar, tinggal kita sesuaikan dengan media dan komunitas serta even yang dituju dimana tentu ada aturan khusus yang dibuat di komunitas tersebut. Saya juga mulai mengetahui sedikit informasi tentang cryptocurrency yang sebelumnya belum pernah saya ketahui.

Apa yang belum Anda pelajari atau belum Anda pahami? Dan apa keraguan Anda tentang hal itu?

Saya belum mempelajari secara detail terkait trading crypto serta transaksi SBD yang saya peroleh untuk saya uangkan walaupun saya sudah mulai belajar tentang beberapa aplikasi trading seperti INDODAX dan BINANCE.

Saya tidak punya keraguan tentang itu namun saya sekarang sedang focus untuk memperkuat akun saya dengan melakukan POWER UP terhadap setiap reward yang saya peroleh agar saya lebih leluasa dan maksimal beraktifitas di steemit.

Sebutkan setidaknya dua orang baik yang Anda temui dan beri tahu kami apa yang mereka lakukan untuk memenangkan hati Anda.

Selama saya bergabung dengan steemit saya banyak menemui orang-orang baik yang ada di komunitas dan saya salut atas kinerja dan kontribusi mereka baik terhadap steemit maupun aktifitas kemanusiaan yang memang passion saya di MRI-ACT.

Saya salut dengan @anroja yang terus berusaha mengembangkan komunitas steemit dengan merekrut newcomers dan melakukan sosialisasi steemit dimana-mana dan menyumbangkan tenaga maupun biaya untuk kegiatan dimaksud.

Saya juga salut dengan @el-nailul dengan aktifitasnya di @steem.amal yang bergerak dalam kegiatan kemanusiaan dengan membantu fakir-miskin, para dissabilitas, penderita penyakit kronis serta korban bencana seperti kebakaran dan lain-lain.

Saya juga salut dengan @heriadi yang selalu berusaha membimbing para steemian baik yang baru bergabung maupun yang sudah lama bergabung.

Ada anak muda enerjik @klen.civil yang selalu aktif mempromosikan serta membimbing newcomers serta aktif di @steem.amal yang patut dicontoh oleh kawan-kawan steemian lain.

Ada juga bro @nadilchairi yang sangat tekun membimbing para newcomers termasuk saya yang sampai saat ini saya masih berguru sama beliau disela-sela kesibukan beliau mengajar di sekolah.

Ada juga @firyfaiz seorang seorang pelajar di MAN Lhokseumawe yang sangat aktif di steemit padahal masih berumur sangat muda akan tetapi mempunyai talent yang baik dan potensial dan tetap ceria….

Di steemit ada juga @ernaerningsih yang selama ini aktif disela-sela kegiatan beliau mengajar di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan tempat saya tinggal dan selalu mengajak orang-orang untuk bergabung dengan steemit.

Ada juga @cicisaja dengan keunikannya memilih “JALAN SUNYI” yang bagi sebagian besar orang mungkin hal yang tidak disukai dan dihindari. Namun itu adalah pilihan yang tentu atas dasar pertimbangan dan pemahaman yang komprehensif sehingga menjadi jalan hidup yang punya nilai filosofis di balik pilihan tersebut. Dan saya juga memilih "JALAN SUNYI” versi saya sendiri seperti halnya @cicisaja namun berbeda dalam karakter dan wilayahnya saja yang tentu atas dasar kesadaran dan pertimbangan yang cukup matang terkait konsekuensi atas pilihan tersebut. Selama ini beliau banyak membantu saya dan juga para newcomers lain untuk berkiprah di steemit dengan menjadi tim penjaring dan Pembina para “Aneuk Seurideng” (newcomers yang punya potensi untuk berkembang).

Begitu banyak orang-orang yang luar biasa dengan keunikan dan kontribusinya masing-masing di komunitas ini yang tidak mungkin saya sebutkan satu-persatu namun mereka sangatlah LUAR BIASA.

Pengguna mana yang Anda kagumi atau apakah dia adalah contoh untuk Anda ikuti?

Dari sekian banyak pengguna akun yang saya kagumi di steemit adalah @anroja @el-nailul dan @cicisaja dan saya akan berusaha mengikuti jejak mereka dan mencontoh kiprah mereka di steemit.

Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam 6 bulan di steemit? Apa tujuanmu? Berapa banyak Steem Powers yang Anda harapkan untuk dibangun selama periode 6 bulan itu?

Saya ingin melihat diri saya lebih berkembang dalam penggunaan Steemit kedepan.

Saat ini saya punya steem power sebanyak 384 SP yang saya peroleh selama saya aktif di steemit sejak April lalu dan sudah melakukan power up sebanyak 3 kali.

Saya berharap 6 bulan kedepan saya bisa mencapai lebih dari 1000 SP agar saya bisa lebih leluasa beraktifitas di steemit dan juga bisa berkontribusi terhadap komunitas dengan melakukan delegasi untuk pengembangan komunitas-komunitas.

Apa yang akan Anda katakan kepada seorang teman untuk bergabung dengan steemit?

Selama ini saya sering mengajak teman untuk bergabung di steemit dengan penjelasan bahwa dengan bergabung di steemit kita bisa menjalin pertemanan dengan orang banyak dan juga mengasah skill kita dalam menulis juga bisa terlibat dalam aneka kegiatan termasuk kegiatan kemanusiaan dan tentu anda akan mendapat apresiasi atas usaha anda tersebut.

Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan kepada anda semuanya disini. Saya juga mengajak @gourdon @aisyahmychun untuk ikut kontes ini. Dan juga @cektar dan @cekher yang masih tertatih-tatih untuk mengikuti kontes ini.

Cc: @steemitnursery

Regards

ABOUT ME

Sort:  
 3 years ago 

Hello @alee75, thank you very much for participating in this beautiful contest, we are very happy that you have met incredible people here. I am happy that you are realizing your achievements as newcomer.

I am also sure that if you put effort and dedication you will increase your Steem Power much more than you expect in these next 6 months.

Thank you very much for participating.

** By the way, I want to remind everyone who is watching this, that it is necessary to include the link of achievement 1 at the end of each of your posts within Steem Nursery. Thank you very much to all.**

 3 years ago 

Thanks @saracampero .....
I realize I am a newcomer to steemit but with great people here who guide me I will be able to do better in the future. And I will do my best....

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65375.87
ETH 3337.31
USDT 1.00
SBD 2.63