I Love to Take Photos: The Insects

Assalamualaikum wr. wb.

Pengantar

Berbicara tentang serangga, dulu saya selalu membayangkan tentang semut merah yang membuat sarang di atas pohon dengan menggunakan daun pohon tersebut. Seperti di atas pohon mangga, jambu dan sebagainya. Namun semenjak masuk sekolah (SD) saya baru tahu bahwa serangga itu banyak jenisnya. Bukan hanya semut merah saja. Bahkan saat SMP saya pernah mempelajari tentang pernafasan. Di mana yang menjadi sampel eksperimennya yaitu belalang. Sungguh saat itu saya lebih mengenal jauh dengan yang namanya serangga.

Pada kontes kali ini, @madilyn02 selaku penggagas kontes mengangkat tema tentang serangga. Walaupun mengambil gambar serangga tidak semudah mengambil gambar bunga seperti minggu kemarin, namun kontes ini lebih menarik dan menantang. Terima kasih untuk penggagas kontes ini.

Belalang
IMG20221125092505.jpg
Name :Caelifera
Camera:Oppo A5
Location:Menasah Blang
Date:Friday, November 25, 2022
Photographer:@sabarman

Serangga yang satu ini juga termasuk merugikan manusia. Bagaimana tidak. Belalang merupakan serangga yang memakan daun-daunan. Hal ini membuat petani yang menanam tanaman palawija sangat dirugikan. Sehingga petani banyak membasmi serangga yang satu ini demi menjaga tanamannya.

Waktu kecil, saya sering menangkap belalang sebagai umpan pancing. Untuk memancing ikan air tawar seperti ikan gabus, nila dan sebagainya. Katanya serangga yang satu ini bisa di maka. Apakah Steemians ada yang pernah memakannya...? Bagaimana rasanya ya...? Karena saya sendiri belum pernah mencobanya.

Lebah Klanceng
IMG20221125091827.jpg
Name :Trigona
Camera:Oppo A5
Location:Menasah Blang
Date:Friday, November 25, 2022
Photographer:@sabarman

Lebah Klanceng memiliki nama lain yaitu Trigona spinipe merupakan lebah yang berukuran kecil dan tidak bersengat. Waktu saya kecil, saya sering menjumpai sarang lebah ini di dalam batang bambu yang sudah tua (mati). Saya sering mengambil madunya dengan membelah bambu tersebut. Rasanya tidak jauh beda dengan madu pada umumnya. Karena lebah ini tidak bersengat, saya hanya perlu menutup telinga dan hidung menggunakan baju yang saya gunakan agar lebah tersebut tidak masuk ke dalam rongga hidung dan telinga.

Namun saat ini di negara saya (Indonesia) sedang ngetren membudidayakan lebah Klanceng ini. Ternyata cara membudidayakannya sangat mudah, kita cukup membuat sarangnya dengan bentuk kotak persegi panjang dan meletakkan 1 ratu di dalam satu kotak tersebut. Sehingga lebah-lebah yang lainnya akan mengikuti ratunya dan beranak-pinak di dalam kotak tersebut.

Rayap
IMG20220921064521.jpg
Name :Termite
Camera:Oppo A5
Location:Menasah Blang Crum
Date:Wednesday, November 23, 2022
Photographer:@sabarman

Rayap merupakan salah satu jenis serangga yang merugikan kita. Terutama rayap yang memakan kayu. Dulu rumah-rumah di desa saya terbuat dari kayu. Sehingga tidak sedikit yang dimakan oleh rayap. Apa lagi zaman dulu belum mengenal dengan obat anti rayap dan pelapis kayu agar tidak di makan rayap.

Sebenarnya ada 3 tingkatan dari rayap, yaitu tingkat pekerja, prajurit dan pekawin. Sesuai dengan namanya, pekerjaan merupakan yang bekerja untuk mencari makan untuk ratu dan lainnya. Prajurit bertugas mengamankan sarang dan ratu. Dan yang terakhir pekawin melestarikan kehidupannya dengan mencari pasangan. Foto di atas merupakan rayap tingkatan pekawin. Di mana saat itu rayap yang terlihat di foto sedang melakukan perkawinan di luar sarangnya.

Kesimpulan

Banyak spesies serangga yang ada di bumi ini. Namun penulis belum mengenal lebih banyak.
Lebah Klanceng merupakan lebah yang sedang naik daun di Indonesia karena banyak yang membudidayakannya
Rayap akan keluar dari sarangnya pada saat masa kawin
Belalang merupakan salah satu serangan yang merugikan petani

Sekian ulasan saya mengenai serang dalam kontes I Love to Take Photos: The Insects. Saya mengajak saudara @pathanapsana, @weisser-rabe dan @yonaikerurso untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Terima kasih kepada komunitas Steemkids and Parents. Hormat saya kepada seluruh moderator, admin dan tim Komunitas Steemkids.

Best Regard

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  
 2 years ago 

Your pictures are wonderful. I really love the flower in the second photo.
Your post too is educating.

Terima kasih atas dukungannya suadaraku.
Pada gambar ke 2, sebenarnya saya bermaksud mengambil gambar lebah. Namun karena saya menggunakan hp normal tanpa lensa, agak sulit di dekatkan dengan lebahnya.
Hehehe

Bunga tersebut memiliki batang seperti kaktus. Namun dirinya lebih besar dan panjang dari kaktus.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56949.15
ETH 2401.26
USDT 1.00
SBD 2.33