Food challenge contest week #99|| Kuah Pliek ikan Mujair

Assamu’alaikum….

Hello everyone,

IMG_2967.jpeg

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai satu resep makanan yang menurut saya sangat ummami dan mudah untuk dibuat. Sebelum itu saya ucapkan Terimakasih kepada yang telah menyelenggarakan contes Food Challenge pada komunitas Steem Koda & Parents sehingga saya memiliki tempat untuk bisa berbagai resep makanan rumahan. Saya juga mengajak teman-teman saya @mayasari95 @prilly @sailawana dan @yenny47 berikut ini merupakan link : Food Challenge.


Kuah Pliek merupakan kuah yang berasal dari Aceh. Setiap masyarakat Aceh tanpa terkecuali kebanyak dari mereka menyukai kuah Pliek. Kuah Pliek ini biasanya dimasak menggunakan sayuran namun kali ini saya berbagi resep kuah plik yang sedikit berbeda yaitu menggunakan bahan utama ikan mujair.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu kuah plik yaitu:

  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Jahe
  • Kemiri
  • Cabe Merah
  • Cabe Hijau
  • Kunyit
  • Ketumbar
  • Asam Sunti
  • Pliek Ue
IMG_2946.jpeg Bumbu yang sudah dihaluskan

Semua bahan yang saya sebutkan diatas saya haluskan menjadi satu menggunakan blender/cooper hingga halus kecuali Cabe Hijau.

IMG_2950.jpegParutan Kelapa
IMG_2953.jpeg Santan segar

Tahap selanjutnya yaitu membuat santan. Untuk mendapatkan santan segar tentunya harus dari kepala baru dan pas. Setelah kepala diparut halus, langkah selanjutnya yaitu saya remas menggunakan sedikit air agar menghasilkan santan yang kental. Santan ini akan saya gunakan untuk kuah pada masakan nanti sebagai peganti air.

IMG_2942.jpegIkan Segar

Berikut bahan utama kita yaitu menggunakan ikan segar. Ikan masakan saya kali ini menggunakan ikan mujair segar. Setelah saya bersihkan, ikan terswbut saya potong menjadi dua bagian dari setiap ekornya.

IMG_2956.jpegCabe Hijau

Sebelum memulai memasak kuah Pliek ikan mujair ini, sebaiknya kita belah dua terlebih dahulu cabe hijau untuk penambah rasa pedas dan hiasan ketika disajikan.

IMG_2948.jpeg ikan sudah dibumbui

Setelah semua bahan kita siapkan. Selanjutnya merupakan proses memasak kuah Pliek ikan mujair. Langkah pertama yaitu kita siapkan terlebih dahulu kuali lalu masukkan ikan segar yang sudah kita marinasi garam. Kemudia masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.

IMG_2957.jpeg

Setelahnya, masukkan santan segar kedalam kuali. Masukkan santan hingga ikannya terendam sepenuhnya. Serta tambahan duan jeruk dan serai kedalam kuah agar menambahkan aroma pada kuah tersebut.

IMG_2962.jpeg

Ketika kuahnya setengah matang, masukan cabe hijau yang sudah dibelah tadi kedalam kuah tersebut. Lalu jangan lupa dicicipi dan tunggu hingga matang.

IMG_2966.jpegkuah Pliek siap disajikan

Setelah matang, sajikan kedalam mangkok untuk dimakan bersama keluarga. Itulah resep makanan saya hari ini semoga teman-teman menyukainya dan bisa diaplikasikan untuk menu masakan untuk keluarga.


Terimakasih sudah membaca postingan saya dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.

Wassalam,

@meriseptriyanti

About me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Masha Allah, the food is really very delicious. Kuah pli k ikan mujair memang mekeutam Mangat.

Iya benar sekali tidak kalah dengan kuliah Pliek yang menggunakan sayuran.

Saya harap anda ikut serta pada kontes ini

Wah saya jadi ngiler liat masakannya.. smoga berhasil ya di kontesnya..
Thanks atas undangan kontesnya

Terimakasih banyak sis. Di tunggu postingan dari anda pasti akan berbagi resep yang lebih luar biasa lagi

 7 months ago 

Hi dear, thank you for sharing your publications here with us. Please try and share your publications on Twitter following the guides in the post link below

https://steemit.com/hive-139765/@ngoenyi/special-announcement-share-your-post-on-x-twitter-this-will-determine-if-you-will-get-support-or-not

Thank you. Okay, I'll give it a try

Loading...
 7 months ago 

Hola gracias por la invitación.
Es impresionante como preparas este alimento, en mi país no es común así que nunca lo he probado pero se ve interesante.
Exitos

Hello my friend, I hope you can include this recipe in your cookbook so that you can make it and taste the delicious food from my region.

Thank you for your good wishes I really appreciate it and may we always be in good hands.

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56651.60
ETH 2364.32
USDT 1.00
SBD 2.27