"SEC-S11W2-My life as a parent or kid and joys and sadness"

Salam sahabat steemians

Menjadi orang tua maupun seorang anak tentu merasakan suka duka dalam perjalanannya. Melahirkan seorang anak menjadi kebahagian pertama yang abadi dalam hidupnya. Tanpa perlu dijelaskan, kita semua setidaknya dapat membayangkan seperti apa rasa bahagia pada momen itu. Begitu pula kesedihan yang mereka rasakan ketika melihat anak-anak mereka bersedih. Jarang mereka ungkapkan, tapi saya yakin hari mereka pasti hancur. Orang tua mana yang sanggup melihat anak-anak mereka tidak bahagia?

20230802_235216_0000.pngedited with canva app

Segala hal yang menyangkut hubungan antara orang tua dan anak adalah tentang kasih sayang. Tak ada kasih sayang yang lebih murni dari pada cinta orang tua pada anaknya. Saya pikir jika anak bahagia orang tua pun akan demikian. Begitu pula sebaliknya, hati mereka bisa hancur hanya dengan melihat anaknya bersedih.

As a parent or a kid, tell us about a period when you had lasting joy.

Karena saya belum mempunyai anak dan pengalaman sebagai orang tua, maka saya akan memposisikan diri saya sebagai anak.

Saya mengingat dengan jelas sebuah momen bahagia yang biasa bagi sebagian orang, namun sangat abadi bagi saya. Waktu itu saya mendapat apresiasi dari orang tua atas prestasi yang saya dapatkan di sekolah.

Waktu itu saya mendapat peringkat 2 di kelas. Sepertinya itu merupakan pencapaian pertama saya dalam hidup. Orang tua saya memberikan hadiah serta ucapan selamat dan pujian kepada saya. Benar-benar kebahagian di level yang berbeda saya rasa.

20230803_004535_0000.pngcreated with canva

Itu adalah hadiah yang pertama kali saya dapatkan atas jeri payah saya dalam menuntut ilmu. Saya sangat bahagia karena kerja keras saya terasa begitu dihargai. Mendapatkan perhatian dan kasih sayang di masa kecil memang membuat kita bahagia. Namun apresiasi yang saya dapatkan seperti berada di level yang lain. Sulit untuk saya menjelaskannya, namun kebahagiaan itu akan saya ingat sampai saya tua nantinya.

What have you done to ensure that this joy continues in your life and in the life of those around you?

Menghargai adalah sebuah tindakan yang bijak dan itu menyebarkan kebahagian kepada sekitar kita. Saya pernah merasa sangat bahagia karena dihargai, oleh karena itu saya akan membiasakan untuk menghargai setiap orang. Terlebih itu dalam hal memberikan apresiasi atas pencapaian maupun tindakan kecil yang orang-orang lakukan dalam kebaikan. Harapannya kebahagian yang pernah saya rasakan setidaknya dapat juga dirasakan oleh orang lain.

As a parent or a kid, tell us about a period when you had sadness.

Saya pernah membuat ibu saya menangis. Hal itu menjadi penyesalan yang besar bagi saya. Ketika saya mengingatnya, seketika saya merasa bersalah. Dan penyesalan itu kembali terasa apabila saya mengingatnya.

Dulu saya adalah anak yang nakal. Faktor lingkungan dan teman-teman cenderung membuat saya sering melawan orang tua, terutama ibu saya. Suatu hari saya membantah perkataan ibu saya dan ternyata perkataan yang saya lontarkan melukai hatinya. Seketika ibu saya menangis. Saya yang kebingungan terdiam, tak tau harus bersikap seperti apa pada saat itu.

20230803_011919_0000.pngcreated with canva

Meskipun saya telah meminta maaf pada beliau, namun penyesalan tersebut seperti belum hilang. Saya benar-benar merasa berdosa telah melakukan hati seorang ibu. Ahh, sebenarnya saya tidak ingin mengingatnya. Itu benar-benar membuat saya merasa sedih 😔

What have you done to ensure that the period of sadness doesn't show up again in your life?

Saya meminta maaf pada ibu saya di hari itu. Saya sangat menyesal dan berjanji kepada beliau, kejadian seperti itu tidak akan terjadi lagi ke depannya.

IMG20190917200952.jpg
Hingga sekarang, saya selalu menjaga setiap tutur kata yang saya gunakan ketika berbicara kepada orang tua. Saya takut hal serupa akan terjadi lagi. Saya membayangkan betapa besar dosa yang akan saya terima jika hal itu sampai terjadi lagi. Saya tidak yakin dapat mempertanggung jawabkan dosa tersebut di akhirat nanti.

Terimakasih saya ucapkan kepada @steemkidss yang telah menyelenggarakan kontes menarik ini. Saya mengajak @meriseptriyanti @fantvwiki dan @adriancabrera untuk berpartisipasi pada SEC-S11W2-My life as a parent or kid and joys and sadness

Best Regards

@lil.albab

About me

20230607_044335_0000.png

Sort:  
 last year 

Wah, luar biasa ya bang, saat memiliki prestasi di sekolah memang sangat membahagiakan karena kita bisa membuat orang tua kita bahagia

Benar bg ikwal. Terimakasih sudah singgah bg 🙏🏻

Loading...

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @ubongudofot

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Thank u so much 🙏🏻

 last year 

Greetings to you. As a way of growing your steem power coupled with the engagement Challenge ongoing, I came up with a challenge that would help you as well as others achieve this. It's possible to become a dolphin if we set goals and hit targets. Here's the challenge. It's expiring tomorrow. If you can write your verification post before the deadline, you'll be part of the monthly Challenge

https://steemit.com/hive-139765/@bossj23/august-challenge-verification-post-for-august-2023-challenge-or-or-01-08-23

That's an interesting contest. Thank u for invites me 🙏🏻
Soon i will drop my post.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 67059.35
ETH 2672.35
USDT 1.00
SBD 2.72