Steemit Engagement Challenge S11W4 - More FreedomsteemCreated with Sketch.

in Steem Kids & Parents10 months ago

photostudio_1692159683480.jpg

div.png

SEC S11W4 : More Freedom

Kali ini saya akan mencoba ikut serta pada kontes Steemit Engagement Challenge Season 11 Week #4 di komunitas Steem Kids & Parents dan mengajak @patjewell, @sailawana, @fantvwiki serta @ridwant untuk ikut serta.

Freedom adalah sebuah topik yang menjadi perbincangan dan diskusi yang menarik di era keterbukaan saat ini. Memang freedom ini tentu dipengaruhi oleh latar belakang masing-masing serta budaya setempat. Dan saya akan menyampaikan perspektif saya tentang hal ini.

What do you understand to be freedom as a parents or Kid?

Menurut saya Freedom adalah merupakan hak asasi yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Namun "freedom" yang dimaksudkan dalam hal ini adalah freedom yang masih berada dalam koridor agama, etik dan nilai-nilai universal lainnya.

Jadi Freedom ini bukanlah hal yang mutlak atau freedom yang tidak bertanggungjawab. Kebebasan kita juga harus memperhatikan kebebasan orang lain yang memiliki hak yang sama.

Sebagai orangtua kita memiliki kebebasan untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan kita.

Dan salah satu keinginan kita sebagai orangtua adalah agar anak-anak menjadi orang yang sukses serta berguna bagi bangsa dan negara.

Sebaliknya anak-anak juga memiliki kebebasan untuk memilih dalam hal kehidupannya, memilih pendidikan dan profesi yang akan dilakoninya termasuk dalam memilih pasangan hidupnya nanti.

What can make you to grant more freedom to your Kids or what can you do to earn more freedom?

Saya memiliki tiga orang anak yaitu 2 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki. Secara umum saya memberikan kebebasan kepada mereka dalam beberapa hal.

Kiri : Putri Sulung saya bersama istri saya

Anak pertama saya adalah perempuan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Universitas dengan jurusan Bimbingan Konseling.


Saat dia memilih jurusan di perkuliahannya saya tidak memveto, namun itu adalah pilihannya sendiri. Saya hanya menyiapkan pendidikan awalnya dan kemudian dia memilih jurusan sesuai minat dan kemampuannya.

Anak laki-laki saya

Anak kedua saya adalah laki-laki dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lhoksukon dan duduk di kelas II.

Dalam pemilihan jurusan di sekolahnya dan nantinya saat kuliah saya memberinya kebebasan untuk memilih sesuai minat dan keinginannya.

Saya hanya memberikan masukan tentang prospeks masing-masing dunia kerja sebagai pertimbangan baginya untuk memilih jurusan pendidikan yang akan di tempuh.

Putri bungsu saya

Anak saya yang bungsu adalah perempuan yang saat ini sedang dalam pendidikan sekolah dasar di kelas 3. Sama seperti Abang dan kakaknya saya tidak mau membebani mereka dengan target-target yang berat.

Saya hanya membekali mereka dengan pendidikan yang baik serta mendidiknya tentang etika dan nilai-nilai baik lainnya.

Mereka harus kita berikan kebebasan untuk memilih yang tentu dengan pilihan yang bertanggungjawab.

Advantages and disadvantages of freedom both to parents and kids?

Kebebasan sangat penting agar anak-anak bisa mewujudkan keinginan mereka sesuai dengan bakat, kemampuan dan minatnya masing-masing.

Dengan kebebasan itu mereka akan lebih maksimal mengolah kemampuannya dan tentu akan menghasilkan sesuatu yang optimal.

Namun kebebasan ini bisa menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian apabila dilakukan dengan tidak bertanggungjawab atau mengabaikan nilai-nilai.

What can Cause one to lose the freedom he or she has?

Secara umum kebebasan adalah hak semua orang tanpa melihat jenis kelamin, suku, agama dan ras.

Namun hak kita terhadap kebebasan juga harus menghormati hak orang lain yang juga memiliki hak yang sama terhadap kebebasan.

Sehingga terciptalah hukum positif dalam bernegara dan juga bermasyarakat.

Seseorang bisa kehilangan kebebasannya ketika dia melanggar hukum-hukum yang berlaku.

Why is freedom necessary?

Kebebasan sangatlah perlu bagi siapapun karena dengan kebebasan kita akan merasa tenang dalam menentukan pilihan-pilihan dalam hidup kita.

Kita juga akan bisa mengoptimalkan potensi serta kemampuan kita agar menghasilkan hasil yang maksimal dan tentu membahagiakan.

IMG_20230816_105407.jpg
My Family

Dan sebagai catatan bahwa kebebasan itu harus digunakan dengan cara bertanggungjawab dan memperhatikan hak-hak orang lain.

Demikian partisipasi saya pada kontes ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya.

Regards

@alee75

ABOUT ME

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
Loading...

TEAM BURN

Your post has been successfully curated by @inspiracion at 45%.

Thanks for setting your post to 25% for @null.
We invite you to continue publishing quality content. In this way you could have the option of being selected in the weekly Top of our curation team.

team burn.png

Burning STEEM by sending it to the @null account helps reduce the supply of STEEM and so increase its price.

Please support my burnsteem25 posts as well,
🙏

It is frowned upon to ask for votes. Do not do that.

Ok am sorry 🙏

 10 months ago 

Benar sekali pak! anak anak juga berhak memiliki kebebasan positif yang terkendali agar mereka dapat dengan mudah mencapai tujuan dan kesuksesan dikemudian hari.

Semoga sukses untuk kontesnya pak @alee75.

Makasih bg ridwant....🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 60796.54
ETH 3365.01
USDT 1.00
SBD 2.50