Tutorial cara memperbaiki lampu listrik LED yang padamsteemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIAlast year

ASSALAMUALAIKUM

Hai sahabat steemian

Apa kabar kalian semua?suatu kebanggaan dapat berbagi lagi di komunitas yang luar biasa ini.

Hari ini saya akan membuat sebuah artikel karya ilmiah yaitu "tutorial cara memperbaiki lampu listrik led yang padam"

InShot_20230330_230449744.jpg

Kebetulan tadi malam lampu di ruangan tamu rumah saya padam,jadi hari ini saya akan memperbaikinya sambil membuat postingan tutorial,agar bermanfaat bagi steemians lain,berbagi ilmu.

Disini saya akan memperbaiki lampu led hannochs vario dengan daya 30 wat,dan bahan bahan yang saya butuhkan:

-persiapan bahan-bahan
1pisau yang ber ukuran kecil
1tang penjepit
1obeng
1pincet

IMG_20230330_091943_552~2.jpg

cara memperbaikinya

Langkah 1
Pertama tama saya membuka bola led tersebut penutup depannya dengan menggunakan pisau,yaitu mencongkelnya dengan hati hati,sehingga terlihat papan elektronik tempat penempelan biji bola kecil.

IMG_20230330_091537_882~2.jpg

langkah 2
Setelah penutup depan terbuka sempurna,lalu saya membu penutup belakang yang berwarna putih alumunium dengan menggunakan obeng,

IMG_20230330_091555_504~2.jpg

Setelah terbuka semua kita dapat melihat biji bola kecil ini,lalu kita periksa yang mana yang sudah gosong atau hitam,karena yang sudah rusak dia akan berwarna hitam seperti yang ada pada gambar di bawah ini

IMG_20230330_091612_167~2.jpg

Setelah kita menemukan biji bola mana yang sudah rusak,dan kita hanya perlu menggantinya dengan biji bola yang baru,anda dapat membelinya di toko eletronik,atau di toko online
Link pembelian
Atau anda bisa mengambilnya di lampu led lain yang sudah rusak,karena setiap lampu led yang padam tidak semua mata lampunya rusak masih bisa di gunakan.

Kebetulan saya ada lampu led yang khusus saya ambil mata lampunya saja,

IMG_20230330_092908_053~2.jpg

Saya hanya mengambil biji bola ini dan akan saya tempelkan menggantikan biji lampu yang rusak tadi.

langkah 3
Untuk mencopot dan memasang biji bola ini anda harus memanaskan timah yang menempel pada papan yang mengikat biji bola,anda bisa menggunakan solder,api,dan pemanas lainnya.

Disini saya hanya menggunakan alat seadanya,yaitu membakar dengan kompor gas untuk melelehkan timah.

IMG_20230330_092215_865~2.jpg

Saya tidak menggunakan solder karena memanaskan timah dengan solder membutuh waktu yang lama,papan lampu ini saya pegang menggunakan tang agar tangan saya tidak ikut terbakar,dan saya menggunakan api sedang.

Saat timah nya mulai mencair lalu kita bisa melepaskan mata lampu ini satu persatu dan langsung kita gantikan yang baru dengan menggunakan pinset,
NB:waktu memasang biji lampu yang baru anda harus memperhatikan letak posisi positif (+) dan negatif (-) setelah pas anda diamin sebentar agar timahnya kembali mengeras.

Setelah semua selesai lalu anda tunggu sampai benar benar dingin,lalu anda pasang kembali penutup depan,dan belakang nya.

IMG_20230330_134918_277~2.jpg
hasil akhir

Dan Alhamdulillah saya berhasil memperbaiki satu buah bola listrik led,dan saya telah menghemat uang sebesar Rp 50.000

Saya sudang sering melakukan perbaikan pada bola listrik yang padam di rumah,disitu saya dapat menghemat uang dari pembelian bola listrik yang baru,bagi kawan kawan yang ingin mencobanya sangat mudah,tinggal mengikuti tutorial cara yang saya jelaskan,jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi saya,atau tinggalkan pesan dibawah entry ini.

Tiada salahnya mencoba hal baru dan lebih creative,selamat mencoba!!

Salam,

@yuliadi

About me

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Loading...
 last year 

Sungguh kreatif bang, seperti di youtube-youtube itu lho

 last year 

Haha🤣🤣
Tapi benaran hidup lagi👌

Congratulations!
This comment has been upvoted through steemcurator07.
We support quality posts anywhere and any tags.
Curated by : @fantvwiki

TEAM 4 CURATORS

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68763.18
ETH 3770.45
USDT 1.00
SBD 3.76