Beware of BullyingsteemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIA8 months ago

Halo Sahabat

Kita kembali lagi di Minggu kedua SEC-15. Kali ini saya berpartisipasi pada sebuah kontes dengan tema Beware of Bullying dan mengajak @meriseptriyanti @mirawn dan @lerr4 untuk juga ikut menuliskan buah pikir mereka.

SEC - S11W5_20240122_190725_0000.pngcanva

Beware of Bullying

Bullying (perundungan) merupakan tindakan yang tidak baik dengan mengganggu, bahkan menyakiti orang lain baik itu secara perlakuan maupun perkataan yang memungkinkan memberi pengaruh buruk pada orang mengalaminya. Namun menurut saya Bullying sudah masuk dalam tindak kekerasan dan tidak seharusnya dibiarkan berkembang, terutama dalam lingkungan anak-anak.

Mengapa itu bisa terjadi? Saya kira itu disebabkan oleh orang/anak yang merasa lebih hebat atau lebih tinggi dari orang lain. Namun pasti banyak faktor lainnya yang mempengaruhi seperti edukasi dan kontrol diri. Dan yang jelas kita semua harus gencar untuk melawan tindakan bullying karena memang tidak ada hal bagus yg diperoleh dari tindakan tersebut.

During your life, have you ever received bullying? If so, in what form? physical, verbal or through cyber bullying. Provide your review?

Dulu pada saat saya duduk di bangku SMP, saya pernah mengalami tindakan sejenis dalam bentuk verbal. Beberapa teman saya sering menggunakan kata-kata aneh dengan tujuan mengejek atau apalah itu.

20240122_200751_0000.pngcanva

Rambut saya keriting dan beberapa teman2 kelas saya mengejek rambut saya. Namun hal itu tidak pernah mengganggu saya, karena saya menganggap rambut keriting bukanlah sebuah kekurangan. Dan jika saya pikir, mental saya termasuk kuat karena bisa jadi hal itu mungkin akan berbeda jika berlaku pada orang lain.

How do you equip your children to avoid bullying either at school or in their social environment.

Saya saat ini berada dalam lingkup sekolah tingkat dasar, dimana bullying biasanya rentan terjadi pada lingkungan sekolah tingkat dasar. Saya dan seluruh warga di sekolah tempat saya bekerja sangat menentang keras tindak bullying dan langsung mengambil tindakan tegas jika hal itu terjadi di lingkungan ini.

20240122_200002_0000.pngMIN 4 Kota Lhokseumawe menolak bullying (Designed with canva)

Kami selalu gencar untuk memberikan edukasi yang banyak untuk para siswa terkait hal ini. Pihak madrasah juga selalu berusaha untuk tetap menjadikan sekolah ini dengan status "Sekolah Ramah Anak". Di sekolah kami juga memiliki guru BK yang memiliki peran langsung untuk turun memberikan edukasi khusus jika terindikasi terjadinya tindak bullying di sekolah. Saya kira dengan beberapa cara di atas dapat mencegah perundungan terjadi.

Give your opinion on how to overcome bullying in form physical, verbal or through cyber bullying

IMG-20231116-WA0019.jpgedukasi keagamaan

Menurut saya edukasi adalah cara yang paling bagus. Dengan memberikan pemahaman kepada anak bahwa betapa pentingnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai, akan sangat membantu untuk mencegah bullying terjadi. Lalu tak lupa juga memberikan edukasi keagamaan yang kuat, karena saya yakin setiap agama yang ada selalu mengajarkan tentang kebaikan dan pentingnya menghormati dan menghargai kekurangan setiap orang.

DON'T BULLY, BE A FRIEND

Terimakasih kepada @steem.indonesia yang telah menyelenggarakan kontes menarik ini. Teman2 dapat melihat info lengkap kontes di sini.

Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...
 8 months ago 

Tindakan bullying adalah tindakan yang tidak baik bahkan menggangu dan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Saya salut anda mempunyai mental yang kuat sekuat baja ketika anda mendapat perlakuan bullying dalam bentuk verbal atau kata-kata yang aneh serta mengolok-olok anda,anda mampu menghadapinya.

Dan sebagai seorang pengajar anda menerapkan hal yang baik untuk anak didik anda, memberikan edukasi dalam hal memberikan pemahaman tentang menghargai dan menghormati orang lain.

Semoga sukses kawan👍

Terimakasih untuk respon baik dan semangat yang anda berikan. Semoga KK juga sukses di kontes ini 👍👍🙏

 8 months ago 

Sama-sama. Terima kasih banyak atas doa baiknya🙏

 8 months ago 

Sometimes we think that when we were little we only lived in a primitive environment, that if there were different people like you who had curly hair you would be bullied, sometimes people even Just calling you by your physical hair, I think it's not you who are different but their minds are just the dirty ones.In fact, I think having curly hair is really cool, you know.How people thought that curly hair was different in the past, so we were intimidated .Your mentality is indeed great.I want to congratulate you on going through all the times that really made you have to strengthen your mentality at that time.

I hope your post is lucky.

Wah terimakasih banyak untuk respon yang sangat bagus dan dukungannya. Itu benar2 sangat berarti dan saya sangat menghargai nya 🙏🙏

 8 months ago 

Your insightful entry addresses the issue of bullying, emphasizing its negative impact and the importance of actively combating it. Sharing a personal experience from your school days adds a relatable touch. Your dedication as an educator to create a safe and supportive environment in your school is commendable. Your emphasis on education and religious teachings as preventive measures aligns with fostering a culture of respect and understanding.

Thank u so much, mate. Its nice to know that someone give best respons to ur post. I highly apreciate it 🙏

 8 months ago 

Hello friend

The act of bullying must be frowned at and it only makes you feel so less of yourself amidst pain and other emotional trauma. Seeing how you told us alot citing instances from your experience is really a practical one. You really sounded like a scholar when advising religion and education is really a thing to learn too. I enjoyed your entry and success in the challenge my dear friend

Terimakasih banyak temanku, itu benar2 berarti bagi saya. Saya harap kamu juga akan sukses di kontes ini teman. 👍👍🙏

 8 months ago 

Hello friend
Good morning how was your night? I hope you have wonderful plans for this weekend? Is going to be a great weekend I guess.

The more we talk to the children about bullying, the more they become open to tell us when they face such act or notice such act. We can always ask them how their day in school went. Ask some sensible questions, like how they feel?
Our children need to be guided and protected properly.

I wish you good luck in this Engagement Challenge.

Good point, my friend. By giving full attention to a child can minimize bullying that often occurs in the children's environment. Thank you my friend

Bully is a two-sided sword. It's pleasure giving to the initiator but pain and terror is sent to the victims. That's why this phenomenon need to stop. The self-confidence you had about your curly hair gave you the boldness to resist those bullying. Kudos to you. Good luck on your post.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62186.49
ETH 2417.64
USDT 1.00
SBD 2.56