Steemit Engagement Challenge - S6W3 : Menjadi pendidik disaat sedang di didik.steemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIA2 years ago (edited)

About Steemit Engagement Contest Season4 Week #1 (28).jpg

Steemians yang terhormat.
Hadir diantar peserta Kontes "Steemit Engagement Challenge - S6W3" di siang ini di komunitas ini. Ini merupakan entri saya yang kedua di minggu ketiga pelaksanaan tangtangan keterlibatan steemit.

Sebuah kebanggaan hari ini bisa menyapa anda semua di komunitas kebanggaan ini.

Satu hal yang ingin sampaikan adalah. Masa sekolah masa penuh warna dan merupakan masa yang indah yang tidak bisa dilupakan. Banyak hal terjadi dan itu mungkin masih tersimpan di memory semua orang. Sayangnya itu tersimpan sebagai sebuah cerita yang tidak pernah bisa di munculkan sehingga itu akan hilang seiring perjalanan waktu.

Kita masih beruntung memiliki @afrizalbinalka yang dengan gagasan dan idenya, Hari ini kita mendapatkan kesempatan untuk mengukir itu disini.

people-2557399_1920.jpg
Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Saya menyelesaikan pendidikan SMA di salah satu pondok pesantren terpadu yang ada di kota Lhokseumawe. Sebagai sebuh pondok pesantren, Saya memiliki banyak teman yang berasal dari selurh penjuru Aceh Utara dan kota Lhokseumawe. Bahkan ada juga teman saya dari luar kedua kota ini, Diantaranya Banda Aceh, Langsa dan sebagainya.

Hal-hal apa saja yang tidak kamu sukai saat SMA?

Keberadaan kami di pondok yang berbentuk sebuah yayasan yang jalur pendidikannya mengadopsi dengan istilah Boarding School tentu memiliki banyak aturan. Dan aturan itu harus dipatuhi oleh semua peserta didik. Salah satunya adalah peraturan harus berbicara dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab dalam kawasan Asrama. Ini akan mendapat ganjaran sangat berat ketika seoarang murid ( Disini kami menyebutnya dengan santri ) kedapatan melanggar peraturan ini. Beberapa dari teman saya di utuskan menjadi mata-mata yang akan mencatat siapa saja yang melanggarnya. Tentu ini menjadi sesuatu yang sangat saya dan teman-teman lainnya tidak menyukainya. Bayangkan, Ketika selesai menyelesaikan jam belajar malam hingga pukul 22 : 00. Kami harus mendengarkan nama kami diumumkan melalui microfon untuk menghadap mahkamah bahasa yang sangat menakutkan.

justice-423446_1920.jpg
Gambar oleh Mona Tootoonchinia dari Pixabay

Apa pengalaman horormu di sekolah?

Ini sesuatu yang sangat terkesan. Ketika saya sedang menempuh pendidikan. Kami juga di didik untuk menjadi orang yang mendidik. Beberapa kali saya juga terlibat dalam petugas mahkamah. Sebuah tantangan yang sangat berat ketika bertugas sebagai petugas mahkamah adalah saya harus mengadili teman-teman yang sebaya dengan saya. Terkadang beberapa diantaranya memiliki fisik yang lebih besar dari saya. Bahkan pernah terjadi, Teman yang saya adili di mahkamah menyerang saya di lain waktu. Ketika kami tidak dalam bertugas, Ini terjadi di luar asrama. Menjadi sesuatu yang menakutkan ketika saya harus berurusan dengan mereka.

elephants-5661842_1920.jpg
Gambar oleh Gerhard dari Pixabay

Apa pengalaman SMA-mu yang tidak terlupakan?

Banyak kisah indah yang tidak bisa terlupakan. Namun kesempatan untuk menguraikan disini tidak memungkinkan. Namun saya akan mengulas satu kejadian yang mungkin masih teringat dan itu sangat mengesankan.

Ketika kami kedatangan orang nomor satu di pemerintahan Aceh, Pak Gubernur. Ketika itu masih dijabat oleh Bapak Abdullah Puteh. Saya bersama beberapa santri lainnya diminta untuk menjadi sebuah grup yang akan menyanyikan lagu kebangsaan dan beberapa lagu lainnya. Kami harus mempersiapkan ini hingga beberapa hari untuk bisa tampil maksimal. Tak jarang kami harus melakukan ini hingga larut malam. Saya sangat bersyukur acara penyambutan berlangsung sangat meriah dengan sambutan nyanyian grup kami.

Apa pengalamanmu yang tidak terlupakan saat memasuki SMA?

Saya memasuki asrama semenjak pendidikan menengah pertama ( SMP ) Ketika beranjak ke tingkat pendidikan menengah pertama (SMA), Saya mendapat undangan untuk terus menetap di asrama dari kepala yayasan saya karena prestasi saya. Itu menjadi pengalaman saya yang tidak akan saya lupakan.

Kejadian apakah sampai saat ini tidak bisa kamu lupakan?

Mendapat perlakuan kasar dari santri lain yang memiliki fitur fisik yang lebih besar mungkin sering saya rasakan. Dan itu terjadi karena mereka tidak terima dengan hasil ketentuan mahkamah yang timbul akibat melanggar peraturan yayasan kami. Sehingga pernah suatu ketika berurusan dengan siswa yang latar belakangnya berasal dari wilayah pesisir Lhokseumawe. Ini berakibat hingga pemutusan siswa terbut sebagai peserta didik di Sekolah asrama kami.

Apa pengalaman hidup yang dapat di ambil di masa SMA?

Menjadi pendidik di saat sedang di didik bukanlah perkara mudah. Saya merupakan leting perdana di sekolak ini. Bergabung dalam peserta didik semenjak pendidikan SMP dan melanjutkan pendidikan SMA di tempat yang sama menjadikan leting kami sebagai senior disisni. Ketika awal mulai pendidikan SMA kami sudah diwajibkan bergabung dalam organisasi siswa yang memiliki tanggung jawab atas pendidikan adik-adik leting kami. Mungkin ini menjadi pengalaman hidup yang sangat bermanfaat bagi saya.

Saya ingin mengajak @fantvwiki, @muzack1, @elrazi, @emsonic, @abialfatih, @inspiracion, @fredquantum @liasteem, @sailawana dan @event-horizon untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Let's support @pennsif's performance for the development of the steem blockchain network by voting @pennsif.witness at the following link:
https://steemlogin.com/sign/account-witness-vote?witness=pennsif.witness&approve=1


By

@f2i5

About Me

Webp.net-gifmaker (5).gif
 Webp.net-gifmaker (3).gif
Webp.net-gifmaker (2).gif
faisalus#2937
Faisal Us
Faisal Us

Profil baru.png

Sort:  
 2 years ago 

Selamat Datang Di Komunitas Steem Indonesia: @f2i5
Saya sangat menikmati apa yang Anda katakan diatas dengan uraian topik yang bagus. satu sisi, saya juga mendapat kata-kata yang sangat bijak dalam artikel ini. sukses selalu untuk kanda...

Catatan: setiap ejaan harus di perhatikan melnggara.

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
Support #burnsteem25YES
Club Status#club100
Voting CSI15.9 ( 0.00 % self, 176 upvotes, 104 accounts, last 7d )
Score
9.5

Kind regards,
TIM STEEM INDONESIA

IMG_20221113_042704.png

support @pennsif.witness - @steemwow
Klik disini

 2 years ago 

Terimakasih atas verifikasi indah nya @afrizalbinalka.

Catatan: setiap ejaan harus di perhatikan melnggara.
Masukan yang sangat bagus dan saya akan memperbaikinya.

Selamat bekerja teman ku

 2 years ago 

Sungguh pengalaman yang luar biasa ya pak.. masa sekolah memang memberikan kita banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang kemudian membentuk karakter kita juga..
Sukses untuk kontes nya..

Saya juga akan mempersiapkan bahan untuk join di kontes ini

 2 years ago 

Akan saya tunggu entri nya bunda. Jangan sungkan untuk mantion nya.

 2 years ago 

Ok siip pak..

 2 years ago 

Masa-masa paling indah adalah masa kita di SMA, luar biasa banyak pengalaman yang sampai saat ini masih terus kita kenang...sukses selalu Bang Faisal @f2i5

 2 years ago 

Sebuah pengalaman yang berkesan untuk mendewasakan anda Pak, dan anda sudah belajar berorganisasi sejak dulu yang tentunya menjadi bekal terbaik anda saat ini. Sukses untuk Pak f2i5 (Faisal).

 2 years ago 

Wah brother, ternyata anda lulusan boarding school juga...
Pasti saat itu aturan masih sangat ketat, dididik dengan keras tapi bermaksud baik, dan saya tahu alumni awal itu sangat lah disiplin dan pandai,...
Masa-masa di pesantren sangat lah jauh berbeda, makan satu piring bersama, digunduli bersama, dirazia bersma...
Haha
Semoga sukses untuk masa SMA anda yang tidak pernah terlupakan.
👍👍👍

 2 years ago 

Hehe... gini-gini alumni Dayah Ulumuddin lo sista @liasteem.
Alhamdulillah kami alumni perdana disana. Dulu gak ada kata-kata pelanggaran HAM dalam pendidikan, Sehingga semua pendidik mendidik anak-anak didiknya dengan benar-benar ikhlas dan tegas.

Terimakasih sudah berkunjung sista

 2 years ago 

Wow. I can not tell much about boarding school life experience but from your article, I can say that you've gathered more experience as a boarding student then. You were exposed to a lot of things and that I have seen. Greetings to you friend.

 2 years ago 

wow, saya sendiri tidak masuk pesantren tapi harus saya akui pasti stres :/
Salam Upvoted

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 61098.19
ETH 2625.94
USDT 1.00
SBD 2.63