Cara penggunaan Gaya Markdown untuk Postingan Berkualitas - Sesi pertama

in STEEM INDONESIAlast year

Grainy Gradient Sale Discount Animated Facebook Post.png

Assalamualaikum steemians Indonesia.
Seiring maraknya pertumbuhan pengguna baru di platfrom steemit, Khususnya pengguna dari Indonesia. Ini menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi kita semua. Namun dalam beberapa hal tentang konsep untuk membuat postingan berkualitas, mungkin mereka belum menemukan sesuatu yang berharga untuk mereka tinjau sebagai panduannya. Terutama tentang penggunaan Gaya Markdown, Sehingga tidak jarang kita menemukan karya-karya mereka yang dipublikasikan melalui postingan-postingan dibawah kualitas yang standar. Sehingga saya merasa untuk merangkum ini untuk anda semua. Namun saya tidak ingin membuat pengguna bingung dengan membuat sekaligus tentang ini, Jadi saya akan membuatnya dalam beberapa sesi.

Harapan saya ini akan bermanfaat untuk pendatang baru dan juga menjadi kajian ulang untuk pengguna lama.

Hal yang paling dasar adalah untuk hasil teks atau paragraf rata kiri-kanan. Ini umum dan harus digunakan di setiap postingan anda.

Gunakan kode <div class="text-justify"> Di awal tulisan dan kode </div> di akhir tulisan anda.

Cara menggunakannya : <div class="text-justify">Tulis teks disini </div>

Contoh hasil dari penggunaannya :

Saya harap anda tidak membaca tulisan ini hingga habis, Yang ingin saya lakukan hanya sekedar memberi contoh untuk tulisan yang menggunakan dua kode diatas. Hasilnya terihat rapi karena teks terlihat rata dari sisi kanan dan sisi kiri. Jika memang anda telah telanjur membacanya, Saya hanya bisa mengucapkan Terimakasih Ha ha ha...

liner steem indinesia.png

Banyak juga gaya penulisan lainnya yang perlu anda tinjau untuk hasil postingan yang lebih berkualitas. Namun saya hanya merangkum GAYA PENULISAN yang umum dan mudah digunakan.


Mari kita mulai dengan rincian penggunaan gaya penulisan masing-masing.

👉 Membuat teks tebal (bold), Miring (italic) dan Miring Tebal

Cara yang simpel untuk membuat teks tebal dan miring adalah dengan menggunakan simbol *Bintang. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Untuk teks miring gunakan satu bintang dan untuk teks tebal gunakan dua bintang, Sedangkan teks miring dan tebal, Gunakan tiga bintang.

Cara menggunakannya : Teks Miring, *Teks disini* Teks Tebal, **Teks disini** Teks Miring dan Tebal, ***Teks disini***

Contoh hasil dari penggunaannya :

Ini adalah contoh, Kalau anda ingin membaca hingga habis saya persilahkan. Ada juga metode lain yang bisa digunakan untuk Teks Tebal, Teks Miring dan Teks Tebal Miring Namun seperti yang saya sampaikan diatas, Saya hanya menampilkan yang umum dan mudah saja.

liner steem indinesia.png

👉 Membuat huruf tercoret (stretch)

Membuat teks yang di coret, Kita hanya perlu menggunakan kode <del> di awal teks dan </del>di akhir teks

Cara menggunakannya : <del>Teks disini</del>

Contoh hasil dari penggunaannya :

Saya sorang yang sedang belajar menulis, Namun sangat sulit bagi saya untuk berusaha belajar menulis

liner steem indinesia.png

👉 Membuat teks yang bertanda kutipan (quote)

Kita sering menemukan dua pola yang sering dilakukan oleh pengguna platform dalam menggunakan teks kutipan dalam sebuah postingan.

  • Ada pengguna yang hanya menandai itu sebuah kutipan dengan metode blockquote (blokir kutipan). Ini bisa dilakukan dengan menggunakan simbol > lebih besar.

Cara menggunakannya : >Teks

Contoh hasil dari penggunaannya :

“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” - Bertrand Russell.

  • Ada juga yang langsung menautkan dengan sumber kutipan dengan melampirkan tautan kutipan di awal teks atau di ujung teks kutipan.

Cara menggunakannya : [Sumber](Tautan kutipan) Teksini untuk meletakkan sumber tautan di awal teks. Untuk meletakkan sumber tautan di ujung teks bisa menggunakan Teks [Sumber](Tautan kutipan).

Contoh hasil dari penggunaannya :

"Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara". Sumber Disini saya meletakkan tautan sumber di ujung teks.

liner steem indinesia.png

👉 Membuat teks berpangkat dan funsi penggunaan (sup/sub) di tulisan lainnya.

Penggunaan mode markup <sup>dan </sup> atau <sub> dan </sub> bisa digunakan di banyak tempat, Kita perlu menggunakan mode ini dalam menulis teks yang berpangkat diatas atau menulis teks yang berpangkat di bawah. Dan juga bisa digunakan untuk sebuah teks yang akan anda tandai untuk sebuah uraian. Kita juga bisa menggunakan kedua mode tersebut untuk membuat tulisan agar terlihat kecil.

Cara menggunakannya untuk teks berpankat di atas atau sebuah teks yang perlu anda tandai untuk sebuah uraian :
Teks <sup>Teks </sup>

Contoh hasil dari penggunaannya :

Asap pabrik mengandung zak H2O sehingga akan tidak baik untuk kesehatan. Saya baru saja menemukan kata-kata Peusijuk uraian1

Asap pabrik mengandung zak H2O sehingga akan tidak baik untuk kesehatan. Saya baru saja menemukan kata-kata Peusijuk uraian1

Cara menggunakannya untuk tulisan kecil : <sup>Teks</sup>

Contoh hasil dari penggunaannya :

Hallo teman, Saya kembali menulis sebuah cerita yang tidak perlu anda baca hingga akhir, Karena ini hanya contoh. Jadi pergunakan waktu anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini.

liner steem indinesia.png

Untuk sesi pertama saya akhiri sampai disini.

Sampai jumpa di sesi berikutnya, Ikuti kami terus untuk info penting lainnya tentang platform yang kita banggakan ini. Jangan lupa Follow akun kami.

Catatan :

Postingan ini saya angkat kembali dari postingan pengguna lama [KOMPLIT!] Cara Menata Tulisan Steemit Agar Terlihat Lebih Menarik dan saya lengkapi kembali dengan Panduan Gaya Markdown yang saya kutip dari sumber Markdown Styling Guide


Best regards

@f2i5

About me

Sort:  
 last year 

Sangat bermanfaat sekali untuk saya, Agar gaya menulis saya lebih menarik dan bagus lagi, Terimakasih pak sudah berbagi beberapa Markdown👍

 last year 

Terima kasih banyak kanda @f2i5 atas penyajian tips dan informasi tentang cara penggunaan Markdown di platform steemit. Markdown sangat bermanfaat dan pentong bagi semua pengguna khususnya kepada pengguna baru agar tulisan atau konten tertata rapi, mudah dibaca dan dipahami serta terlihat indah.

Kebanyakan steemian baru kita temukan banyak konten mereka dalam bentuk kotak-kotak sehingga sangat sulit dipahami karena beberapa kalimat / paragraf tulisan tergabung tanpa dipisahkan dengan tanda baca atau paragraf baru.

 last year 

Terimakasih kembali kanda @ridwant.

Kebanyakan steemian baru kita temukan banyak konten mereka dalam bentuk kotak-kotak sehingga sangat sulit dipahami karena beberapa kalimat / paragraf tulisan tergabung tanpa dipisahkan dengan tanda baca atau paragraf baru.

Alasan tersebutlah yang menjadi inisiatif saya untuk menyajikan postingan ini. tentu dengan harapan akan bermanfaat untuk semua pengguna platform. Terutama steemians Indonesia.

Saya juga ingin mengucapkan ribuan Terimakasih kepada Tim komunitas STEEM INDONESIA yang sudah mendukung dan sudah menjadikan postingan ini terlihat oleh banyak pengguna halaman komunitas Steem Indonesia dengan menyematkan postingan ini.

Maju bersama steemian Indonesia,

Berkah untuk anda kanda.

 last year 

Terima kasih banyak kanda atas harapan, dukungan dan dedikasinya untuk kemajuan komunitas Steem Indonesia

 last year 

Sangat membantu sekali bang untuk jadi panduan gaya tulisan pada postingan di steemit.

 last year (edited)

Informasi yang sangat bermanfaat pak..saya menunggu markdown lainnya ya..(sesi kedua)
Karena saya juga terkadang sering lupa dan masih harus bertanya untuk beberapa markdown tertentu

 last year 

Jelas sangat membantu bagi yang baru-baru (newbie) dan mengingatkan lagi untuk mereka yang sudah lama-lama, terima kasih sudah berbagi...

salam

 last year 

sebuah penjelasan yang bermanfaat, dan sangat membantu para penulis yang belum memahami dalam menggunakan markdown, namun yang belum saya pahami bagaimana cara menggunakan teks berwarna, bisakah bapak menjelaskannya untuk saya....

 last year 

Terimakasih atas atensinya kanda @ustazkarim. Saya sangat berharap ini akan berguna. Sebenarnya itu akan saya uraikan di sesi selanjutnya, Namun karena anda sudah bertanya, Maka dengan senang hati saya akan memberikan tip ini hari ini juga, Semoga membantu anda.

Untuk tulisan berwarna.

Gunakan kode <div class ="phishy">Teks disini </div>

Hasilnya

teks disini

 last year 

Thanks telah berbagi. Bermanfaat untuk diterapkan biar blog enak dipandang. salam

 last year 

Terimakasih kembali dan jangan bosan untuk menunggu sesi berikutnya kanda @abuarkan

 last year 

Postingan yang sangat bermanfaat untuk kami pak.

 last year 

posts yang sangat sempurna dan indah, cara -cara yang sangat menarik dan bermakna bagi orang yang ada di sini terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi saya untuk mempelajari hal-hal yang anda jelaskan satu persatu luar biasa 💓💓💓💓

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63398.53
ETH 2660.51
USDT 1.00
SBD 2.77