Tradisi Memperingati Maulid Nabi di daerah saya: Bandung Jawa Barat

in STEEM INDONESIA2 years ago

png_20221013_230233_0000.png

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat Malam Sahabat Steemit, bagaimana kabarnya?
Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT

Pada kesempatan ini saya telah membaca kontes yang diadakan kak @sofian88 mengenai Tradisi Memperingati Maulid Nabi di daerah saya, maka saya tergerak untuk membagikan tradisi Memperingati Maulid Nabi SAW yang dilakukan di daerah saya. Semoga pembaca nyaman dengan kalimat yang saya tuliskan.

Maulid Nabi merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan tanggal 12 Rabiul awal tahun gajah, sehingga banyak umat muslim merayakan maulid nabi sebagai bentuk mahabbah kepada Rasul-Nya.

IMG20221013150532.jpg
Di kampung saya sendiri peringatan Maulid Nabi biasanya di laksanakan ketika bulan Rabiul Awal tanpa batas waktu yang ditentukan. Biasanya untuk pelaksanaan peringatan maulid Nabi di daerah saya di Bandung yaitu dengan diadakannya tabligh Akbar di masjid-masjid atau majelis ta'lim. Selain itu sholawat barzanji pun dilantunkan diiringi musik rebana.

Beberapa tahun lalu ketika pandemi kegiatan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW tetap di laksanakan dengan mengadakan acara tabligh Akbar namun jama'ahnya memakai masker dan menaati prokes yang baik sehingga acaranya berjalan dengan lancar.

IMG20211016202734.jpg

IMG20211016210358_01.jpg
Tahun 2021

Di majelis ta'lim daerah saya acara yang dilakukan selain memperbanyak dzikir,sholawat, juga menampilkan kreasi seni anak bernuansa islami. Dengan penuh kebahagiaan anak-anak sejak dini diajarkan untuk mahabbah kepada Nabi Muhammad SAW.

Setiap kegiatan yang berlangsung dipandu oleh pengelola dan saling bahu-membahu untuk melancarkan tradisi Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW agar berjalan dengan semestinya. Untuk kegiatan imtihan anak biasanya dilatih oleh panitia pelaksana kegiatan, adapun 2 tahun kebelakang saya pernah menjadi salah satu panitia untuk mensukseskan acara ini. Namun karena adanya kesibukan lain di tahun ini saya hanya ikut berdoa untuk kelancaran imtihan dan tabligh Akbar di majelis ta'lim yang pernah saya tempati yang akan dilaksanakan esok hari.

Demikian saja sekilas cerita mengenai bagaimana kegiatan perayaan maulid di kampung saya, yang mana mungkin dalam sisi penulisan maupun penyampaian penulisan kata masih sangat banyak memiliki kekurangan, akan tetapi saya sendiri juga masih berbenah dan terus memperbaiki kemampuan menulis saya supaya nantinya bisa menyajikan penulisan yang lebih baik lagi dalam membuat serangkaian tulisan postingan saya di steemit ini.

Terimakasih juga saya ucapkan kepada penyelenggara kontes sekaligus juri yaitu saudara @sofian88, @afrizalbinalka (juri) dan @ridwant (juri), dan tidak lupa pula saya juga turut mengundang tiga teman saya lainnya untuk mengikuti kontes ini yaitu : @gitshock.trading @ismuhadiadi @nanda.steem

Salam dari @dijah24

About Me

Sort:  
 2 years ago 

Terima kasih atas kontribusi Anda dalam mengikuti kontes kami. Kami sarankan untuk tergabung dalam club5050 bisa lakukan power up dari hasil reward yang sudah Anda dapat. Kind regards @afrizalbinalka.

 2 years ago 

Sama-sama kak. Untuk pengguna baru apakah bisa bergabung dalam club5050??

 2 years ago 

Di wallet steemit Ada steem sekitar 0.500 mungkin @dijah24 bisa power up agar tergabung dalam club5050.

 2 years ago 

seronok yah @dijah24 orang orang yang menyambut maulid nabi :)

 2 years ago 

Betul Abang, walau bukan penyelenggara

 2 years ago 

Hai bu @dijah24 selamat datang di komunitas Steem Indonesia! Kami menyambutnya dengan senang hati atas partisipasi anda dalam kontes kami sebagai kontribusi pertama anda di komunitas ini. Kami akan menanti konten menarik anda selanjutnya...

 2 years ago 

Terimakasih atas respons baiknya pak🙏

 2 years ago 

Sama sama 😀

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 59880.83
ETH 2301.55
USDT 1.00
SBD 2.50