Kontes : "Tradisi unik Masyarakat Adat di negara (daerah) saya"

in STEEM INDONESIAlast year

Picsart_23-05-31_14-24-50-375.jpg
edit by picarts


ASSALAMUALAIKUM STEEMIANS YANG TERHORMAT

Rasa terima kasih yang tulus ingin saya sampaikan kepada Bapak @ridwant selaku penyelenggara kontes unik dan menarik ini yang telah memberikan sebuah pemikiran dan mengajak kita untuk lebih peduli terhadap budaya di lingkungan sekitar kita melalui topik yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Namun sebelum saya berbicara lebih jauh lagi untuk mengupas topik ini, saya ingin mengundang @miswarofficiall @sailawana dan @yuswadinisam untuk berpartisipasi dalam kontes ini. Terimakasih 🙏


Berbicara tentang tradisi unik serta adat di suatu wilayah tentu ini mengundang beragam argumen dan pendapat serta pro dan kontra. Namun sebagai manusia yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika serta Keanekaragaman sudah selayaknya bagi bagi untuk saling menghargai dan menghormati setiap budaya yang ada di daerah lain tanpa saling meremehkan apalagi Merendahkan budaya orang lain.

Di negara kita Indonesia khususnya di provinsi Aceh, beragam budaya dan tradisi unik selalu mewarnai setiap sudut kehidupan kita. Bisa dikatakan bahwa kita sangat kaya akan budaya dan tradisi unik tersebut. Namun satu hal yang harus kita garis bawahi bahwa selama budaya dan tradisi tersebut tidak bertentangan dengan hukum dan norma norma agama maka hal tersebut adalah sah sah saja. Bahkan sebagian dari tradisi tersebut mengandung nilai ibadah sunnah yang dianjurkan oleh agama (Islam).

Pada kesempatan ini saya hanya ingin membahas salah satu budaya unik yang ada di daerah kita yaitu tradisi MEUGANG. Ini adalah sebuah tradisi yang sangat melekat dengan kehidupan kita khususnya yang tinggal di Provinsi Aceh. Tidak ada yang tahu pasti kapan pertama kali tradisi ini dilakukan. Namun yang pasti tradisi meugang ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kita selama berabad abad yang lalu.

Tradisi Meugang ini terjadi 3 kali dalam setahun. Yaitu 2 hari menjelang Bulan Ramadhan, 2 hari menjelang Hari Raya Idul fitri dan 2 hari menjelang hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Pada hari perayaan ini, hampir semua membeli daging dan memasaknya lalu dinikmati bersama keluarga besar atau kerabat. Saya lebih suka menyebut hari Meugang sebagai Hari Pesta Daging.

IMG_20230531_130853.jpg
Dokumen pribadi


Sebagian dari masyarakat kita khususnya mereka yang mempunyai kemampuan lebih, mereka akan menjadikan hari Meugang ini sebagai Hari Momentum untuk bersedekah dan beramal. Mereka akan membelikan daging sapi untuk kemudian di berikan atau disumbangkan kepada fakir miskin dan anak-anak yatim. Inilah salah satu khazanah didalam tradisi unik ini.

Pertanyaannya adalah : Dimana letak keunikan tradisi Meugang tersebut?


IMG_20230531_131403.jpg
Dokumen pribadi


Yang menarik dari tradisi Meugang ini adalah seakan-akan masyarakat telah mendapat Komando untuk berbondong-bondong ke pasar daging yang telah disediakan di pusat pasar. Membeli daging dalam jumlah banyak dan memasaknya untuk kemudian di nikmati bersama keluarga. Bahkan sebagian masyarakat yang tidak memiliki uang atau belum gajian, rela berhutang demi untuk mendapatkan daging di hari Meugang ini.

Padahal jika kita mau berpikir secara rasional, kita bisa membeli atau menikmati daging kapan pun dan dimanapun. Toh kenyataannya rasanya akan tetap sama selama yang kita masak adalah daging dengan bumbu pilihan. Nah disinilah letak keunikannya bagaimana kita dapat menemukan suatu sensasi kenikmatan yang lebih ketika kita menikmati masakan daging bersama keluarga di hari Meugangdibandingkan dengan hari hari lainnya.

Keunikan lain dari tradisi ini adalah kita dapat melihat begitu banyak pedagang daging khususnya daging sapi. Padahal di hari biasa hanya sedikit pedagang daging sapi yang dapat kita jumpai. Itupun hanya ada di pasar induk khusus untuk menjual daging sapi. Tetapi di hari Meugang kita dengan mudah menjumpai pedagang daging bahkan di pelosok dan sudut sudut setiap kampung.



Demikian partisipasi saya pada kontes kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas perhatian anda semua..

SALAM

@chefdanie

TENTANG SAYA



Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Sangat menarik kontes ini, Mungkin ada kesempatan waktu saya mengikuti kontes yang sangat menarik ini, Terimakasih bg chefdanie telah mengundang saya, Semoga berhasil 👍😊

 last year 

Terima kasih banyak atas sambutan anda sobat @miswarofficiall. Saya sangat menghargai keinginan anda untuk berpartisipasi dalam kontes ini karena saya tahu anda sangat produktif dalam suatu kontes. Dan saya menunggu Partisipasi anda.

Sukses selalu untuk anda di platform Steemit ini 👌🤗

 last year 

Adat istiadat, budaya dan tradisi antara daerah yang satu dengan daerah lainnya pasti mempunyai perbedaan dan tidak sama. Jangankan antar negara, dengan satu suku saja beda daerah beda adat dan budayanya. Terima kasih telah mengundang saya disini jika ada kesempatan saya akan mengikuti kontes yang sangat bagus ini

 last year 

Terima kasih banyak bang @yuswadinisam untuk kunjungan dan telah menanggapi undangan saya. Saya berharap Partisipasi anda dalam kontes ini. 😊

Salam sukses dan tetap semangat 💪

 last year 

Semoga sukses di kontes ini ya..
Saya juga akan menyusul ikutan kontes ini..

 last year 

Ya tentu saja kami sangat berharap Partisipasi anda.
Semoga sukses dan berharap yang terbaik untuk anda 😊

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65265.67
ETH 3326.63
USDT 1.00
SBD 2.63