"Bagikan Pendapat Anda Tentang Peran Yang Harus Di jalakan Oleh Komunitas"|| Jangan Hanya Diam

in STEEM INDONESIA2 years ago

HAI STEEMIAN

Senang bisa berjumpa kembali dengan saya @cekbram di komunitas steem Indonesia yang merupakan kumpulan para stemian terbaik yang sangat cocok untuk di ikuti.
Di kontes terbarunya , komunitas ini membuka ruang untuk stemians indonesia untuk mengekpresikan pendapat dalam bentuk paparan " Apa pendapat anda tentang peran yang harus di jalankan oleh komunitas " , bukankah ini kontes yang layak untuk kita ikuti , terutama saya yang masih awam dan baru di steemit terutama dalam komunitas ini.
Sebagai pengguna steemit, tentunya kita tidak bisa melakukan apa2 ataupun berbuat banyak tanpa dukungan dari teman stemians lainnya. Alasan itulah saya bergabung dalam berbagai komunitas khususnya komunitas Indonesia.
Pada kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit narasi saya mengenai judul kontes.

"Peran apa yang mestinya di jalankan komunitas dengan tema saya JANGAN HANYA DIAM "

IMG_1666708456288.jpg

gambar editing by Apps basic

PEMBAHASAN

1. Apa pendapat Anda tentang lahirnya komunitas Steem Indonesia?

KOMUNITAS adalah suatu kelompok sosial dari berbagai elemen yang mempunyai kesamaan,baik dalam bidang hobi maupun visi misi yang kemudian saling berinteraksi satu sama lain.

Membahas tentang lahirnya suatu komunitas, tentunya menjadi titik awal yang baik. Dengan komunitas kita saling mengenal satu sama lain, berbagi kisah dan cerita, saling mendukung dan memberi semangat. Sejatinya dengan bergabung dalam suatu komunitas kita dapat merangkul beban yang berat secara bersama-sama , maka akan terasa ringan. Terkhusus di platform steemit , mungkin kita sudah tidak asing dengan komunitas STEEM INDONESIA .
Pendapat saya dengan adanya komunitas ini tentunya sangat saya apresiasikan dengan baik, sebab saya bisa berinteraksi dengan sesama pengguna steemit lainnya. Walaupun saya masih baru di steemit , saya merasakan pengaruh besar untuk akun saya @cekbram dengan bergabung dalam berbagai komunitas, terutama komunitas steem indonesia.

2. Peran apa yang harus di jalankan oleh komunitas Steem Indonesia?

Untuk keberhasilan suatu komunitas ada beberapa peran yang harus di jalankan dalam komunitas tersebut. Saya rasa dalam komunitas terdiri dari Admin ( pendiri ), Pengguna (Anggota), Dan pengikut ( Calon Anggota )/pendatang baru yang harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu.

Disini saya akan menjelaskan beberapa peran menurut saya yang harus di jalankan dalam komunitas:

PERAN ADMIN
Untuk Admin/Pendiri komunitas dialah orang yang punya tugas paling berat, ibaratnya dia itu seorang bos dalam perusahaan yang mampu mengatur karyawannya dengan aturan yang ada.Peran Seorang Admin harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang tegas.mampu mengambil sikap tatkala ada pengikut yang nakal dalam berekspresi.
seorang admin yang baik " Jangan Hanya Diam " tatkala ada anggotanya yang ingin berpendapat, namun sebaliknya. Beri dia kesempatan untuk berekspresi atau berbicara. Beri anggota dukungan dan semangat dalam bentuk apapun. Beri jawaban saat anggotanya ada yang bertanya, jangan menertawakan setiap kesalahan. Tapi , berilah bimbingan.

Screenshot_2022-10-26-00-14-36-63_40deb401b9ffe8e1df2f1cc5ba480b12.jpg

contoh bimbingan yang baik dari kanda @heriadi saat saya menyelesaikan tugas achievement 5 Task 1
Peran Pengguna/Anggota
Sekarang kita bahas tentang peran dari seorang pengguna/anggota. Menurut saya pribadi peran seorang anggota adalah harus aktif dan kreatif dalam menemukan ide-ide baru yang di tuangkan dalam bentuk apapun yang kemudian akan di tinjau ulang oleh admin.
Seorang pengguna harus patuh dan tunduk terhadap peraturan dan kaidah yang berlaku. Kemudian para anggota mempunyai peran lain yaitu mengajak/mempromosikan apa yang sudah dia tahu kepada calon anggota baru.
Para anggota komunitas " JANGAN HANYA DIAM" Tanpa bertindak apapun. Jangan abaikan anggota baru yang baru bergabung. Cobalah berinteraksi dengan mereka.Jangan sampai anggota yang baru bergabung menjadi down akibat tidak adanya dukungan dari para senior.Intinya saling mendukung satu sama lain.
PERAN CALON ANGGOTA/Anggota Baru
Sebagai pengguna baru di steemit ,saya sempat bingung tidak tahu harus berbuat apa-apa, Namun, berkat bimbingan seorang teman saya langsung memposting artikel Pertama saya berupa perkenalan saya sebagai pendatang baru di newcomers community, kemudian di verifikasi oleh team steemit.
Dari sinilah saya mulai beranikan untuk bergabung dalam berbagai komunitas, saya rasa di sinilah peran saya saat ini. Sebagai pendatang baru. Apakah setelah berbagai proses kemudian saya berdiam diri... ?? Tentu saja tidak.
Saya " TIDAK HANYA DIAM ", saya selalu aktif bertanya kepada senior yang lebih mahir, jangan malu bertanya. Jangan sok tahu padahal memang tidak tahu. Saya rasa saya tidak punya peran lebih di komunitas, sebab saya masih baru, cuma saya sarankan kepada semua stemians untuk selalu bertanya,saling sapa , intinya selalu berinteraksi dengan stemians lainnya.

Saya saat bertanya kepada senior.
IMG_20221025_103518.jpg

IMG_20221025_103435.jpg

KESIMPULAN

1. Dalam suatu komunitas tidak lepas dari saling mendukung , terutama para senior yang mengemban tugas untuk membimbing dan mengarahkan para steemian baru.

2. Para anggota dengan leluasa harus bisa menciptakan inovasi dan kreativitas yang terbaik untuk perkembangan diri sendiri dan team.

3. Untuk anggota baru yang masih minim pengalaman, jangan hanya berdiam diri tatkala keinginan tidak sesuai harapan. Tetaplah berkarya dan memberikan kontribusi lebih terhadap komunitas

Karena usaha tidak akan mengkhiani hasil.

Saya turut mengundang teman lainnya untuk keikutsertaan dalam kontes ini.demi terciptanya komunitas yang berkualitas. @adriancabrera @okere-blessing @elzia

Demikian dari saya @cekbram

Tentang Saya

Sort:  
 2 years ago 

Terima kasih Sudah berkontribusi dalam kontes kami. Kami harapkan dari kontes ini dapat memberikan hal-hal penting yang nantik dapat kami pertimbangkan untuk komunitas Steem Indonesia.

 2 years ago 

Terimakasih kembali pak direksi atas kepedulian anda selama ini. Lanjutkan dan teruslah memberikan kontribusi terbaik kepada kami.

 2 years ago 

Siap bang @cekbram

Loading...

Hi, @cekbram!

Interesting name. Yes, it is important to express your opinion.

Thank you for your post.
Have a nice day!

 2 years ago 

Yes, it is true, something that has been hidden for a long time must be immediately revealed. Hopefully many other contestants will follow for this contest . have a nice day too.

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @jyoti-thelight


commnt1.jpg

 2 years ago 

Terimakasih @jyoti-thelight atas dukungan yang anda berikan

Hi, @cekbram,

Your post has been supported by @inspiracion from the Steem Greeter Team.

 2 years ago 

I have voted for this post with steemcurator09 to recover the vote of your achievement 5-2

Greeter Team

 2 years ago 

Terimakasih banyak atas sambutannya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 58047.91
ETH 2348.61
USDT 1.00
SBD 2.37