lesson 3# Learn With Steem : perform a sputum examination for acid-fast bacteria

in STEEM INDONESIAlast year

IMG_20230925_103812.jpg
menggunaka Mikroskop

Hai......?Steemian indonesia salam buat semuanya di mana pun kalian.

Semoga kalian sehat selalu amiin.

Selain tanggung jawab sebagai kepala keluarga dirumah, saya juga punya tanggung jawab sebagai petugas Tb Di Puskesmas, kecamatan meurah mulia kabupaten aceh utara.

Lokasi Foto

Kesempatan kali ini saya melakukan pemeriksaan sputum BTA ( bakteri tahan asam) menggunakan mikroskop lensa objektif dengan pembesaran 100x,

IMG_20230925_112439.jpg
Kaca Slide

Sebelum saya melakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop saya menggambil kaca slide yang di simpan di tempatnya penyimpana supaya tidak pecah nantinya,

IMG_20230925_112517.jpg
Pemasangan kaca slide

Dalam hal ini saya meletakkan kaca slide di atas mikroskop guna untuk melakukan pemeriksaan sebelum kita melakukan pemeriksaan teteskan sedikit Oil emersi

IMG_20230925_112302.jpg
Oil emersi

Sobat steem setelah meletakkan dan sedikit tetesan oil emersi saat saya melakukan pemeriksaan BTA menggunakan mikroskop, saat pemeriksaan saya lukukan dengan teliti dan fokus supaya bakteri yang terdapat pada slide tidak terlewati

Sobat steem bentuk dari bakteri BTA positif garis kecil terputus-putus bewarna merah, kakau kita tidak teliti dan fokus mungkin kita akan banyak menjumpai garis-gari kecil yang hampir sama, disini lah kita harus betul-betul teliti karena kalau tidak kita akan salah saat mendiagnosa nya sobat steem di saat saya melakukan pemeriksaan saya menemukan +1 BTA.

IMG_20230925_105039.jpg
Gambar asli

Screenshot_20230925_140504.JPG
Gambar Screenshot

Saya nelakukan Screenshot pada gambar utama supaya bekterinya terlihat jelas untuk mamperkenalkan pada sobat steemian ini bakteri tahan asam, sobat steemian perhatikan gampar berikut garis kecil yang melintang di sebelah kiri kita itulah bakteri BTA (bakteri tahan asam)


Youtube

Saya juga menayangkan di youtube chanel @azwar82 penampakan yang sempurna bakteri tahan asam (BTA)

IMG_20230925_112117.jpg

IMG_20230925_112057.jpg
Selesai pemeriksaan

Setelah saya melakukan pemerikas saya mencatat nama, alamat tinggal dan jenis positif guna untuk saya laporkan ke petugas APOTIK supaya pihat APOTEKER bisa mengamprah obat OAT (Obat Anti Tuberkulosis) di dinas kesehatan, kemudian kami petugas TB mengghubungi pasien baik melalui ponsel ataupun dari pihak kader supaya pasien datang tepat waktu ke puskesmas.

Kami petugas TB menunggu kedatangan pasien kepuskesmas 1 sampai 3 hari, bila pasien tidak kunjung datang kami akan mendatangi rumahnya guna untuk menjelaskan kepada pasien tentang permasalah penyakit TB dan bisa segera untuk meminum obat yang telah kami sediakan

Biasanya setelah kami kunjungi kerumah pihak pasien akan datang ke puskesmas untuk menjumpai petugas TB, disini lah kami menjelaskan dan tata cara minum obat OAT(Obat Anti Tuberkulosis)

setelah pasien mengerti baru kami melakukan penimbangan berat badan guna untuk jumlah obat OAT(Obat Anti Tuberkulosis) yang harus diminum, kerena Obat OAT(Obat Anti Tuberkulosis) di minum sesuai dengan berat badan pasien penderita TB PARU.

Paduan minum obat OAT (Obat Anti Tuberkulosis)

  • Berat badan 30-37 kg : diminum 2 kaplet

  • Berat badan 38-54 kg : diminum 3 kaplet

  • Berat badan 55-70 kg : diminum 4 kaplet

  • Berat badan lebih dari 70 kg diminum 5 kaplet

    Bersumber dari

Disinilah kami mengambil panduan tatacara minum obat OAT(Obat Anti Tuberkulosis)

Sobat steem saya akam memposting panduan satu persatu supaya sobat steem dapat mempelajarinya

IMG_20230925_152634.jpg

IMG_20230925_152655.jpg

IMG_20230925_152704.jpg

IMG_20230925_152713.jpg

IMG_20230925_152722.jpg

Inilah buku panduan semoga bermamfaat maka dari itu mulai sekarang

IMG_20230925_151715.JPG
Stop TB. mari bersama-sama kita putuskan mata rantainya supaya tidak tertular kepada keluarga kita.

Kucup disini dulu ya sobat mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi kita semua.

Terima kasih kepada sobat semua yang telah mendukung saya di postingan kali ini.

postingan
Lesson-1
https://steemit.com/hive-120861/@azwar82/lesson-1-art-recycle-used-goods-into-appropriate-products

Lesson-2
https://steemit.com/hive-153970/@azwar82/lesson-2-art-screen-printing-the-steemit-logo-on-t-shirts-manually

SALAM DARI SAYA

indonesia 24 september 2023
@azwar82

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68338.18
ETH 2645.26
USDT 1.00
SBD 2.69