Stemit Engagement Challenge S4-W3 | My Daily Transportations : Sepeda Motor

in Steem Entrepreneurs2 years ago

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Steemians Entrepreneurs

Apa kabarnya hari ini...? Mudah-mudahan selalu semangat dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari

20220915_214045_0000.png

Kendaraan merupakan salah satu alat penunjang kebutuhan hidup manusia. Selain memperkecil ruang gerak, kendaraan dapat mengurangi waktu tempuh yang kita butuhkan. Arti kendaraan dapat memangkas waktu untuk mencapai pada suatu tempat. Hal ini tentu sangat berguna bagi kita yang memiliki banyak jam terbang. Sehingga kita dapat memaksimalkan penggunaan waktu untuk hal-hal yang lebih penting.

Pada kesempatan ini saya akan mengupas sedikit banyak tentang kendaraan atau alat transportasi yang saya gunakan untuk menunjang kegiatan rutinitas sehari-hari. Kendaraan tersebut yaitu Sepeda Motor.

Pertama kali saya menggunakan Sepeda Motor pribadi yaitu saat kuliah semester 2. Sepeda motor saya yang pertama yaitu Yamaha Jupiter MX tahun 2006. Saya membeli dengan uang sendiri yang mulai saya tabung semenjak SMP. Saya menggunakan sepeda motor tersebut selama 8 tahun. Tentunya sangat banyak kenangan bersama sepeda motor tersebut.

IMG_20220915_205746.jpgIMG_20220915_205627.jpg

Jupiter MX tahun 2006 merupakan alat transportasi yang saya gunakan untuk menunjang perkuliahan saya dulu

Di pertengahan tahun 2020 saya membeli sepeda motor mereka Honda (CBR 150R tahun 2016). Hal ini karena sepeda motor lama saya (Jupiter MX) sudah banyak menimbulkan polusi. Hal ini disebabkan oleh faktor usia dari sepeda motor tersebut.

IMG_20220915_204618.jpg
Sepeda motor sports yang pernah saya gunakan

Pada awal September 2021 yang lalu, saya kembali mengupgrade sepeda motor yang saya gunakan, yaitu dengan cara menjual CBR 150R dan membeli Yamaha NMAX tahun 2021. Hal ini dikarenakan saya yang sudah berkeluarga dan tidak lama lagi akan memiliki seorang anak. Sehingga saya menganggap tidak pantas lagi menggunakan sepeda motor sport tersebut. Hingga saat ini saya menggunakan sepeda NMAX tersebut untuk menunjang transportasi sehari-hari.

IMG20220913063901.jpgIMG20220913063927.jpg
IMG20220913063725.jpgIMG20220913063658.jpg

Sepeda Motor yang saya gunakan saat ini

Biaya Transportasi Harian

Semenjak menggunakan sepeda motor NMAX ini, saya merasa lebih hemat dalam mengeluarkan biaya. Terutama biaya untuk membeli bahan bakar Sepeda motor tersebut. Saya mengisi bahan bakar jenis Pertalite full tank sebesar Rp. 65.000 atau setara dengan 19.73 STEEM. Itu bertahan untuk 10 hari. Artinya saya hanya mengeluarkan Rp. 6.500 (1.97 STEEM) untuk 1 hari dan mengeluarkan Rp. 195.000 (59.18 STEEM) untuk 1 bulan. Untuk biaya servis masih gratis. Karena pemakaian NMAX tersebut baru 1 tahun. Hanya saja saya harus mengeluarkan biaya ganti oli sebesar 78.000 atau setara dengan 23.67 STEEM.

Polusi Udara

Berdasarkan data dari IQAir, kualitas udara di Kota Lhokseumawe dalam seminggu terakhir mencapai 25-30 AQI US. Hal ini masih dalam katagori baik.

Salah satu upaya pemerintah Kota Lhokseumawe dalam mengurangi polusi udara yaitu dengan mengeluarkan himbauan agar tidak membakar sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Dalam hal ini pemerintah Kota Lhokseumawe, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lhokseumawe mengupayakan semaksimal mungkin untuk mengangkut sampah-sampah dari warga kota Lhokseumawe ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Desa Alue Lim (TPA Alue Lim).

Namun semenjak 2 tahun terakhir, polusi udara di Kota Lhokseumawe lumayan bertambah. Hal ini disebabkan karena adanya pabrik kelapa sawit PT. IBAS yang terletak di Gampong Guha Uleue, Kuta Makmur, Aceh Utara. Lokasi parkir yang berbeda di perbatasan Kota Lhokseumawe – Aceh Utara, tidak jarang asap pabrik tersebut kian mengganggu warga Kota Lhokseumawe. Terutama di saat hujan (selesai hujan), asap buang pabrik tersebut tidak bisa naik ke atas. Menyebar ke permukiman warga sekitar. Sehingga timbul aroma bau yang tak sedap. Warga Kota Lhokseumawe yang berada di sekitar pabrik tersebut (Meunasah Cot Girek, Jeuleukat, Lhok Mon Puteh, Meunasah Blang) hanya menganggap itu bau dari TPA Alue Lim. Sehingga tidak mempermasalahkannya.

Untuk permasalahan ini, belum ada tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe. Mungkin saja polusi udara yang di sebabkan oleh pabrik tersebut tidak berpengaruh signifikan bagi warga sekitarnya.

Saya sendiri dalam mengurangi polusi udara, yang pertama saya lakukan yaitu mengikuti himbauan pemerintah agar tidak membakar sampah. Kemudian menanam beberapa tanaman palawija di pekarangan rumah. Hal lain yang saya lakukan dalam waktu berskala yaitu mengupgrade sepeda motor yang saya gunakan. Seperti yang saya lakukan pada sepeda motor Jupiter MX dan CBR 150R.

IMG20220912075334.jpgIMG20220912075324.jpg

Salah satu upaya untuk mengurangi polusi udara, saya menanam tanaman palawija di pekarangan rumah

IMG20220913064022.jpg
Mengupgrade sepeda motor merupakan upaya untuk mengurangi polusi udara
Kendaraan listrik Sebagai Moda Transportasi

Tentu hal ini sangat diharapkan. Selain dapat mengurangi polusi udara, juga dapat mengurangi penggunaan energi dalam bentuk bahan bakar. Kita ketahui bersama bahwa cadangan minyak dan gas bumi saat ini semakin menipis. Terutama di Kota Lhokseumawe. Kota Lhokseumawe yang dulu dianggap sebagai Kota petro dolar (saat memilih tambang minyak Mobil Oil, Exxonmobil dan PT. Arun), kini hanya tinggal rangka baja saja. Tak heran jika di masa akan datang kita akan menggunakan kendaraan/ transportasi listrik.

Sebagai harapan saya untuk masa depan, saya berharap Indonesia bisa memproduksi sendiri kendaraan/ alat transportasi listrik. Saya yakin sangat banyak insinyur-insinyur di Indonesia yang mampu menciptakan inovasi terbaru mengenai transportasi listrik tersebut.

Sekian pemaparan saya tentang Transportasi Harian saya dan harapan saya untuk alat transportasi masa depan. Saya mengajak Bg @fantvwiki, Bu @dederanggayoni dan @khairunnisak17 untuk meramaikan Steemit Engagement Challenge S4 di minggu ke 3 ini.

Terima kasih saya kepada Bg @harferri yang selalu membimbing dan memberikan pencerahan di dunia Steemit untuk saya dan terima kasih juga kepada seluruh moderator komunitas Steem Entrepreneurs.

Salam

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  
 2 years ago 

Saya cukup menikmati untuk membacanya, dan pada akhirnya bang sabarman memilih yang selalu di depan "Yamaha". semoga sukses dalam kontes bang sabarman.

 2 years ago 

Iya, bg @fantvwiki.
Kalau yang di belakang, takut di ambil oleh maop. Hehehe

Terima kasih atas dukungannya, Bg.

 2 years ago 

Nyan ka jelas bang, semua mata tertuju padanya. Karena slogan Honda, Satu Hati.

 2 years ago 

Kendaraan adalah perpanjangan kaki kita yang selalu setiap saat kita butuhkan, postingan yang menarik dan challenge yang sangat tepat untuk diikuti ya, semoga sukses di challenge ini.

 2 years ago 

Hola amigo @sabarman, me gustó mucho leer tu post y el desarrollo que has tenido a lo largo con el tipo de transporte que utilizas como favorito que en este caso son las motos.

Me parece muy bonita tu afición a ellas ya que son un medio de transporte rápido y versátil, además que en comparación a un carro consume menos combustible y emite menos CO², y tú siempre conciente haces buenos actos como ese cambio de motocicleta por el hecho de que estaba aumentando la contaminación.

Me alegra mucho que la contaminación en tu Ciudad aún no sea representativa mente grave y se mantenga en un ritmo estable de salubridad y emociones de carbono.

Un saludo y éxitos en este reto!

 2 years ago 

Thank you brother @sabarman for participating in Steemit Engagement Challenge Season 4 Week 3 and let's interact with other contestants through relevant and meaningful comments.

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
Support #burnsteem25YES
Club Status#club100
Voting CSI5.7 ( 0.00 % self, 62 upvotes, 49 accounts, last 7d )
Score
8.8

Great thanks for supporting the growth of community curation accounts by setting 10% rewards for @steempreneurship - We really appreciate it.


Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 2 years ago 

Pilihan tepat saya menggunakan Nmax sebagai sepeda motor yang anda gunakan, mengingat anda sudah berkeluarga. Tentunya Nmax merupakan sepeda motor bagi orang yang berkeluarga.

Saya juga membagikan postingan tentang transportasi.

 2 years ago 

Anda memiliki berbagai kendaraan yang unik dan bagus, namun memiliki motor yang banyak tentu sedikit membutuhkan pengeluaran untuk perawatannya, mengingat harga minyak sekarang sedikit membuat kita saket ulee😅. Untuk mengurangi biaya perawatan muungkin anda dapat memberinya satu kepada saya😅🙏🙏

Semoga sukses dalam kontes ini pak🙏🙏💪

 2 years ago 

Hahaha
Saya mengupgrade sepeda motor dengan cara jual yang lama, beli yang baru.
Jadi motornya cuma satu.

 2 years ago 

Oh y y bang, strategi marketing yang bagus😅

Kadang bek jai that long lake saboh😁

 2 years ago 

Hahaha
Tanyoe Kon Aneuk presiden yang bisa koleksi barang bekas.

Meunyoe droe neuh peureule neujak aju bak dealer terdekat. Adak Hana peng, utang pih jeut.
Insya Allah jibie
Hehehe

 2 years ago 

🤣🤣🤣🤣, han jibi keu mantan collecotr bg, yo di takot han tabayeu😅

 2 years ago 

Kwkwkw
Pantesan garang.

 2 years ago 

🤣🤣🤣, hana bg hai, wajah agai sangar, hati hellokitty neukiraju

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64768.36
ETH 3436.88
USDT 1.00
SBD 2.51