Pelayanan adalah Sesuatu yang perlu di perhatikan dalam bisnissteemCreated with Sketch.

in Steem Entrepreneurs3 years ago (edited)

Hai sahabat Entrepreneur's semuanya. Bagaimana kabar kalian. Saya harap kalian baik-baik saja. Tetap jaga protocol kesehatan, jaga jarak, pakai master, dan upayakan selalu cuci tangan.

b612ecfb-1e32-4c92-9047-22c6e3615a1f.jfif

Saya sedang memberikan brifieng pagi pada Team

Hari ini, sebagai kewajiban pokok dari pekerjaan saya, saya mengunjungi salah satu counter yang fokus menjual paket data, pulsa dan accecoris handphone. Di lampaseh kota, Banda Aceh. Agenda saya, sebagai leader disebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang komunikasi tentu ingin mengetahui lebih dalam terkait aktivitas pasar. Sudah sejauh mana loyalitas konsumen terhadap produk dari perusahaan saya.

Tentu banyak tantangan yang harus dihadapi dan berbagai strategi harus di terapkan sebagai upaya untuk meningkatkan daya beli di market. Strategi marketing sangat di butuhkan dalam upaya meningkatkan stabilitas sebuah perusahaan. Salah satunya adalah pelayanan. Pelayanan yang salah justru akan membuat bisnis anda atau perusahaan anda gulung tikar.

9f8c9d88-4fe5-43b6-a338-14280b8913b8.jfif

Ketika anda membeli disebuah toko misalnya. Perjuanya melayani secara acuh tidak acuh. Bagaimana reaksi anda. Pasti tidak membuat anda nyaman sehingga kembali membeli sesuatu produk di Toko tersebut. Begitu juga konsumen anda saat ini.

Bagaimana anda melayani konsumen?

Pelayanan dalam sebuah aktivitas bisnis adalah hal yang mutlak perlu anda lakukan. Anda harus benar-benar melayani konsumen dengan sepenuh hati. Jadilah sebagai pendengar yang baik. Meski itu terkadang membuat anda bosan.

Saya ingat beberapa waktu lalu saat magang pertama kali disebuah Bank swasta. Di hari pertama saya magang mereka tidak mengajari saya tentang bagaimana membuat buku nasabah, bagaimana cara melayani nasabah. Tidak, tapi mereka menyuruh saya untuk tersenyum kepada seluruh karyawan di bank tersebut. Tak mesti atasan ataupun Office boy yang bekerja disana.

Kedua, mereka mewajibkan kepada saya untuk memberikan senyuman lebar-lebar kepada seluruh nasabah yang datang ke bank tersebut. Setelah itu selesai barulah mereka mengajari hal-hal teknis perbankan lainnya.

Kesimpulannya adalah pelayanan. Tanpa pelayanan yang maksimal, konsumen pelan-pelan akan menjauh dari bisnis anda. Begitu juga di perusahaan yang sedang saya bekerja saat ini. Saya mewajibkan setiap Salesmen untuk benar-benar berkunjung ke Counter untuk menanyakan atau me cari kesulitan-kesulitan pantes bisnis kami.

77909040-e1e0-4d3d-87aa-15daf430c0f8.jfif

Saya mewajibkan kepada mereka untuk meng-edukasikan setiap program yang memberikan keuntungan kepada setiap penjual produk kami. Tidak hanya itu. Mereka juga akan saya cek setiap sore dengan repot aktivitas harian.

Saya akan melakukan visit area tiba-tiba tanpa diketahui oleh bawahan saya. Saya cek setiap retailer yang sudah mereka kunjungi apakah sudah tersampaikan dengan baik dan benar setiap program yang memberikan feed back positif untuk para patner.

Jika tidak, saya sebagai leader tidak akan sungkan-sungkan memberikan tindakan tegas. Baik berupa teguran lisan atau dalam teguran tertulis. Jika itu sudah melewati batas. Ini fatal. Oleh sebab itu saya selalu sarankan kepada seluruh tim saya. Saat breif pagi untuk selalu mengutamakan pelayanan kepada siapapun dan bagaimanapun karakter konsumen.

63959ce6-0818-440d-ab50-9bd3eac18d8f.jfif

Tampak Produk kami yang dijual Retailer

Kesimpulan besarnya, setiap usaha yang dibangun tentu harus di hidupkan dengan berbagai strategi-strategi tertentu. Salah satu nya, saya menggaris bawahi adalah pelayanan. Tanpa pelayanan yang baik dan optimisme yang tinggi, usaha anda akan sia sia. Salam sukses selalu.

Cc: Steem Entrepreneur's Team:

@Harferri as admin
@irawandedy as admin
@sofian88 as moderator
@tucsond as moderator
TENTANG saya Klik di sini

SALAM STEEMIT INDONESIA

DQmbpixtMR8w2rju5asRGqJx79XdetEEVDKudwu7vxsmggA.png

DQmTdwdpHjJaonz4DFfRX65wid6dytDDZJzwccE1K2YuNJj_1680x8400.png

Sort:  

Betoel, Pelayanan salah satu Faktor sangat penting dalam Bisnis. Dan itu harus selalu dijaga agar customer tidak pergi. Mantap.
Steem Entrepreneurs for Betterlife

 3 years ago 

Terimakasih bang. Sudah berkunjung

 3 years ago 

Luar biasa, memang benar dalam bisnis senyum, sapa, salam dalam pelayanan sangat berpengaruh singnifikan semoga sucses terus om dalam bisnisnya

 3 years ago 

AMIN, THANKS @emirzafirdaus

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 70992.50
ETH 3860.06
USDT 1.00
SBD 3.52