Kontes :Ide Bisnis Hijau ( Solusi Inovatif Untuk Lingkungan)

in Steem Entrepreneurslast year

Picsart_23-05-29_14-11-54-563.jpg
edit by picarts


Assalamualaikum Steemians setia Entrepreneurs Steem Community. Kembali bersama saya untuk partisipasi dalam kontes "Ide Bisnis Hijau - Solusi Inovatif Untuk Lingkungan". Terimakasih banyak kepada Bapak @harferri telah menyelenggarakan kontes edukatif ini. Ini sangat menarik untuk dibicarakan terutama untuk kita yang peduli terhadap kelestarian alam lingkungan sekitar.


Berbicara tentang ide bisnis hijau tentu saja ini tidak terlepas dari beberapa aspek yang menguntungkan dan harus kita perhatikan terutama dalam hal menjaga keseimbangan antara penghasilan yang didapat dan pengaruh terhadap alam atau lingkungan dimana kita melakukan proses tersebut. Dan penting untuk selalu mengutamakan pada perlindungan terhadap kelestarian alam.

Ide bisnis hijau juga mencakup beberapa bidang pekerjaan. Ini bisa berupa menanam tanaman dengan basis sistem ramah lingkungan. Termasuk pemanfaatan sisa limbah sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik dan juga menghindari penggunaan pupuk atau obat pembasmi hama yang terbuat dari bahan kimia. Ini penting diperhatikan dalam mengaplikasikan setiap bahan yang digunakan agar tanah yang digunakan sebagai media tanam tidak tercemar.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya tentang topik ini. Saya akan membahas tentang bisnis menanam anggur dengan basis pertanian organik dan cara penanganan serta perawatan dan potensi yang kita dapatkan dari kegiatan ini.

IMG_20230529_130828.jpg
Lahan anggur ukuran 6×4 meter


Saya telah mengunjungi seorang sahabat saya yang telah melakukan Penanaman pohon anggur dalam beberapa bulan ini. Tujuan saya adalah untuk belajar dan mencari informasi seputar pekerjaan ini. Siapa tahu ini bisa jadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Lagi pula sistem yang digunakan adalah metode bahan organik dan tanpa penggunaan pupuk serta obat-obatan berbahan dasar kimia.

IMG_20230529_131056.jpg
Batang pohon anggur

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ini adalah batang anggur dengan usia 6 bulan. Menurut informasi sahabat saya bahwa dalam waktu 2 bulan ke depan anggur ini akan berbunga. Tentu ini harus dilakukan perawatan secara optimal dan konsisten . Melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Termasuk memberikan nutrisi berupa pupuk organik dalam rentang waktu satu bulan sekali.

IMG_20230529_131016.jpgIMG_20230529_130955.jpg

Batang anggur nampak tumbuh subur


IMG_20230529_131035.jpg
cabang anggur yang merambat


Tetapi sahabat saya tidak melakukan budidaya anggur ini sebagai bisnis, melainkan sebagai hobi saja. Tetapi jika kita ingin menjadikan budidaya anggur ini sebagai bisnis dan khususnya bisnis hijau tentu ini sangat menguntungkan. Dari sisi harga jual saat ini rata-rata buah anggur dijual dengan harga 80.000 Rupiah per kilogram atau setara 28,36 Steem. Tentu ini akan menjadi bisnis yang menggiurkan.

IMG_20230529_130910.jpg

IMG_20230529_130929.jpg
saya sedang berada di lahan anggur milik sahabat saya


Namun sekali lagi sangat penting untuk memperhatikan tentang keuntungan alam sekitar yaitu manfaat besar yang kita dapatkan dari proses ini tanpa harus mencemari serta merusak tanah dan lingkungan sebagai tempat kita melakukan bisnis tersebut.

Manfaat lain yang kita dapatkan dari bisnis hijau adalah dapat menjadi suatu inspirasi dan ide baru bagi petani untuk meningkatkan penghasilan serta pendapatan yang lebih menguntungkan. Namun kembali kepada pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan bisnis hijau ini. Karena bisnis ini membutuhkan keahlian serta ketekunan dalam setiap proses nya.

Untuk jenis buah anggur ini terdapat beberapa macam jenis dan saya tidak dapat menjelaskan lebih detail dalam pembahasan kali ini. Namun secara garis besar bahwa buah anggur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama sebagai sebagai solusi untuk menurunkan kadar tekanan darah, tentu dengan mengkonsumsi secara rutin.

Selain itu manfaat mengkonsumsi anggur secara rutin juga dapat membantu meredakan stres pada mata karena cahaya yang berlebihan. Jadi saya sarankan anda untuk mengkonsumsi anggur secara rutin jika anda sering membuat postingan di platform Steemit ini yang memungkinkan kita untuk selalu mendapatkan cahaya berlebih . 😄👌


Sekian publikasi saya. Terimakasih untuk perhatian anda.. Saya juga ingin mengajak @itikna09, @munaa dan @elrazi untuk berpartisipasi dalam kontes indah ini.


SALAM

@chefdanie

TENTANG SAYA

Sort:  
 last year 

Ini menarik, saya sudah lama mengimpikan budidaya anggrek, bahkan sebagai persiapannya saya sudah siapkan banyak POC untuk mendukungnya.

Ini sangat menarik, saya pernah menghabiskan berjam-jam waktu hanya untuk menonton video tutorial dan lainnya yang terkait dengan anggrek. Asyik memang...

Tapi sayangya, kesibukan offline dan online cukup menyita, sehingga waktu berkebun menjadi sedikit berkurang. Semoga sukses dengan kebun anggreknya bg.

 last year 

Terima kasih banyak kunjungan dan dukungan anda Bapak @munaa..
Semoga sukses 👍

Congratulations, your comment has been successfully curated by @disconnect at 08%.

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year (edited)

Budidaya anggur dengan bahan organik adalah metode pertanian yang menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan tanaman dan mengurangi penggunaan bahan kimia sintetis. Pendekatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga memiliki potensi sebagai bisnis yang menjanjikan. Presentasi yang bagus brother @chefdanie dan terimakasih atas partisipasinya di Kontes : Green Business Ideas.

Status Club#club100
Verified userYES
Plagiarism-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25YES
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Voting CSI12.7 ( 0.00 % self, 82 upvotes, 51 accounts, last 7d )
Verification date
May 29, 2023

Catatan : Postingan ini sudah mendapatkan dukungan suara 50% dari akun kurasi komunitas @steempreneurship sesuai persentase dalam pengumuman kontes.

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 last year 

Sama-sama pak @harferri. Terimakasih kembali untuk verifikasi anda 👌

Salam pengusaha sukses 🙏

 last year 

MasyaaAllah, alangkah girang sekali melihat kebun anggur sahabat Anda yang begitu subur & menggemaskan.
Kebetulan saya pecinta anggur. Semoga hasil panennya nanti bisa lebat & bermanfaat yak teman

Postingan Anda sangat informatif & eye-catching 🍇
Kuddos 🥳

 last year 

Terima kasih banyak atas kunjungan dan tanggapan anda sobat @asiahaiss. 😊 Saya juga berharap untuk memiliki sendiri kebun anggur itu. Sedang saya siapkan lahannya.

Sukses untuk anda 👌

 last year 

MasyaaAllah, sukses pula untuk Anda, sahabatku. Tanpa alasan apapun, saya sangat senang mendengar Anda ingin memiliki kebun anggur & sedang berupaya menyiapkan lahannya.
Do'a terbaik saya panjatkan untuk nawaitu yang berbau bisnis itu.

Semoga diberi kemudahan oleh Yaa Rahman, teman 🤲🏻

 last year 

Amin.. Insyaallah
Terimakasih banyak untuk doa baik anda 🤗

 last year 

MasyaAllah,kontennya sangat bermamfa'at

 last year 

Terima kasih Bapak @mthaib atas kunjungan anda ke post saya.
Saya berharap anda akan sukses di platform Steemit ini. Amin 🤲

 last year 

hello my dear friend @chefdanie

Initially people benefited from it but now people themselves are causing the crisis. No matter how civilized man is, no matter how much science is developed, man cannot live, civilization cannot survive by completely disregarding nature, even though it is late, man is able to realize it today. Massive effort to make everyone aware about i wish you my best

Best regard @jannatmou

 last year 

That's right, buddy @jannatmou. We often take advantage of nature without preserving the environment itself. And in the end we ourselves lose.

Thank you very much for your visit, success to you 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 60915.02
ETH 2636.51
USDT 1.00
SBD 2.64