Ide Bisnis Hijau - Solusi inovatif untuk lingkungan |memanfaatkan lahan kosong

in Steem Entrepreneurslast year

Steem Entrepreneur
Annoucement : Green Business Ideas - Innovative solution for the environment
Photo Dokumen 30-mei-2023

Mengingat waktu yang tersisa hanya tersisa beberapa jam saja, saya berharap semoga dalam waktu yang singkat ini saya bisa menyelesaikan artikel tantangan ini dan mempublikasikan nya disini. Ide yang sudah tersusun rapi sore tadi, sedikit terpecah malam ini, karena harus berpacu dengan sisa waktu sampai 23.59 wib nanti

Zaman terus bergerak maju tanpa peduli apa dan siapa yang hidup dimasanya. Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu sebenarnya tidak hanya bisa menambah kemudahan bagi banyak orang, tetapi lebih daripada itu, perkembangan teknologi juga memunculkan profesi dan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Profesi dan lapangan kerja ini belum ada di 5 atau 10 tahun yang silam. Seperti bisnis hijau ramah lingkungan yang baru-baru ini sedang digalakkan dan menjadi trend di kalangan pebisnis.

Memanfaatkan lahan kosong

Memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah memang sudah saya lakukan beberapa tahun yang lalu. Sebagai warisan keluarga turun-temurun saya meyakini bahwa usaha bertani dan berkebun menjanjikan prospek dan profit yang menjanjikan untuk masa depan. Apalagi saat ini, timbul istilah bisnis hijau ramah lingkungan untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi keluarha maupun masyarakat sekitar yang notabene petani

Saat ini, saya sudah mempunyai beberapa tambahan lahan kosong yang saya sewakan dari penduduk yang tidak sempat mengurusnya. Dengan tambahan beberapa lahan kosong, saya tidak lagi mengalami kesulitan untuk menanam beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi bisnis hijau

Untuk lahan kosong di belakang rumah, saat ini sedang dalam tahap perbersihan dari sisa-sisa tanaman cabai beberapa bulan yang lalu. Saya mempersiapkan lahan kosong ini untuk menanam tanaman tomat. Pada bulan juni nanti atau pertengahan juni, mengingat benih yang sudah memasuki usia 15 hari dan siap pindah tanam beberapa hari kedepan

Photo Dokumen 30-mei-2023

Photo Dokumen 30-mei-2023

Di tempat terpisah, pada gambar pertama, nampak tanaman semangka merah dan kuning yang sudah berumur 25 hst atau hari setelah tanam. Sayang, saya mengambil gambarnya di siang hari, apalagi saat cuaca panas. Lahan terpisah yang saya sewakan dari teman saya ini, saat ini dikelola oleh 2 orang yang saya percayai yang sudah menguasai ilmu pertanian dan aperkebunan, tentu dibawah pengarahan saya juga

Ide bisnis hijau ini terinspirasi dari beberapa teman, dan saat ini mareka sudah berhasil dan sukses. Semoga bilan juni menjadi bulan yang berkah bagi saya dalam upaya mengembangkan bisnis hijau ini. Dengan satu tujuan agar dapat meningkatkan ekonomi keluarga serta meggerakkan ekonomi masyarakat sekitar.ke taraf yang lebih menjanjikan untuk masa depan

Saat ini, sebagian besar masyarakat sekitar sangat antusias dan menyambut baik ide bisnis hijau yang saya gerakkan. Cuma untuk saat ini, saya masih kesulitan tempat untuk mengolah pupuk organik, pupuk kumpos dan beberapa pupuk buatan lain yang diajarkan oleh dinas pertanian kecamatan. Saat ini berbagai keperluan untuk perawatan, masih ditanggung oleh pihak BP atau balai pertanian kecamatan. Menurut pihak kecamatan, untuk panen kali ini semua lahan yang menjadi bisnis hijau saya saat ini akan dijadikan percontohan untuk beberapa pebisnis baru yang menjadi pemula. Untuk itu, saya sangat berharap doa restu kalian semua agar bisnis hijau saya kali ini berhasil

Gambar Dokumen
Gambar Dokumen

Bisnis hijau, bisnis masa depan

Dibagian terakhir, saya ingin mengajak anda semua, untuk sejenak marilah berpikir, apa yang bisa kita lakukan dan berikan bukan apa yang bisa kita dapatkan. Masih banyak potensi alam yang bisa kita jadikan peluang untuk meraih masa depan. Memanfaatkan lahan kosong untuk menanami berbagai tanaman adalah salah satu solusi dalam meningkatkan ekonomi keluarha, disamping itu juga bisa menumbuh kembangkan ekonomi rakyat. Bermalas-malasan hanya akan menamah keluh kesah yang berakhir kebodohan. Mari kita gali setiap potensi untuk bisa kita wariskan untuk anak cucu kita kelak. Karena batas waktu kontesnya akan bebrakhir beberapa saat lagi, saya tidak mengundang teman lagi untuk berpartisipasi, saya hanya hanya mengundang beberapa senior yang berkompeten untuk memberikan arahan dan motivasinya, agar apa yang akan saya jalankan ini berhasil hendaknya

IMG_20230522_234858.jpg

Terimakasih telah mampir dan membaca artikel singkat ini, semoga bermanfaat

Vote for Witness @pennsif

3jpR3paJ37V8JxyWvtbhvcm5k3roJwHBR4WTALx7XaoRovTMXs6wAsaVUAE561DGJdbbAPTA9Vd4FazFHNWRD8kRxhQATwuaFQa1U4rQnDGDwZA7VSMVTsbM2vdVYBagnK8hT (2).gif

be8e8e9d3f.png

Tentang Saya

thank steemit (1).gif

Sort:  

With great emotion we notify you that this article has been curated by @harferri, member of team #2 at 50%. Your content is amazing, keep working hard to opt for the weekly top.

Voting date: 30/05/2023

image.png

 last year 

Terimakasih atas arahan dan dukungannya. Semoga menjadi pemicu semangat saya untuk terus bekerja dan memberikan karya yang original.

 last year 

Kami senang mendengar bahwa bisnis hijau semakin populer dan menjadi tren di kalangan pebisnis. Anda juga sudah melakukan hal yang baik untuk lingkungan dengan memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah untuk bercocok tanam, terutama menanam tomat. Kami berharap kesuksesan untuk bisnis hijau anda di masa depan.

Terimakasih saudaraku @arispranata5 atas partisipasinya di Kontes : Green Business Ideas.

Status Club#club100
Verified userYES
Plagiarism-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25YES
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Voting CSI9.9 ( 0.00 % self, 63 upvotes, 50 accounts, last 7d )
Verification date
May 31, 2023

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 last year 

Memanfaatkan lahan kosong dan menjadikan sebagai lahan pertanian yang produktif adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan.
Semoga anda sukses dengan rencana anda. Mengingat harga tomat yang lumayan bagus. Kemarin saya membeli tomat seharga Rp 8.000 per kilogram 😊

 last year 

Terimakasih kawan, memang inilah yang bisa kami lakukan dari waktu ke waktu. Sambil menungu panen di aawah, kami bercocok tanam di lahan masing-masing. Ada yang menanam singkong, pepaya, tomat, cabai sayur-sayuran dan lain sebagainya. Aktifitas yang berkesinambungan ini rutin kami lakukan, sehingga masyarakat sekitar bisa berbaur dan saling membantu dalam upaya meningkatkan hasil yang lebih efisien. Terimakasih telah memotivasi @chefdanie

 last year 

Beres that droneuh bang👍

 last year 

😀😀😀 Sebenarjih hana yang bereh, masing2 tanyo mandum kana Anugerah Tuhan akan Kelebihan dan Sisi Kekurangan, tinggai tanyo sikapi sagai kiban. Intinya, semua orang punya potensi, jadi aci pelajari potensi droteuh masing-masing. Loen yakin droneuh leubeh berkualitas dari loen. Muda dan punya kreasi serta potensi

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 57956.22
ETH 3126.99
USDT 1.00
SBD 2.45