Economic Diary Game hari rabu dan kamis, 9-10 november 2022 - Rutinitas saya sebagai mahasiswa dan membeli jajanan di kantin

in Steem Entrepreneurs2 years ago (edited)

20221110_175634_0000.png

Assalamualaikum wr wb teman-teman semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang aktivitas saya sehari-hari sebagai seorang mahasiswa.

Pada hari rabu tanggal 9 November lalu saya mengikuti praktikum pengolahan air bersih pada laboratorium air dan limbah, sebelum melakukan praktikum kami harus mengikuti apel pagi jam 7.30 sambil melakukan absensi manual dan absensi online, pada laboratorium pengolahan air dan limbah ada enam judul atau alat atau harus kami kerjakan, pengolahan air bersih sangat diperlukan baik dalam rumah tangga, industri, dan sebagai kebutuhan sehari-hari, air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup, di laboratorium ini kami mengolah air keruh atau air kotor menjadi air bersih.

Pada praktikum kali ini kami fokus pada judul (physical chemical treatment) pada alat ini ada tiga fase untuk mendapatkan air bersih yaitu fase:

  • koagulasi (pengumpulan)
  • flokulasi (proses pembentukan flok)
  • sendimentasi (pengendapan)

ALAT DAN BAHAN:
IMG_20221109_084659.jpg

ALATBAHAN
pH meterair sumur
Tubidity metertepung beras
Tds meterPAC
Seperangkat alat physical chemical treatment-
Sarung tangan-
Tisu-
Timbangan analitik-
Spatula laboratorium-
Beaker glass-

LABORATORIUM PENGOLAHAN AIR DAN LIMBAH:
IMG_20221109_093647.jpg

ALAT PHYSICAL CHEMICAL TREATMENT:
IMG_20221109_092057.jpg

Pada proses ini terdapat dua pengaduk dengan kecepatan yang berbeda, pada proses koagulasi diperlukan tenaga pengaduk yang kencang supaya bahan kimia yang di tambahkan ke dalam air agar bercampur rata dengan air sumur.

Sedangkan pada proses flokulasi diperlukan tenaga pengaduk yang lambat supaya flok yang sudah terbentuk atau terikat agar tidak hancur/pecah.

PROSES FLOKULASI DAN SENDIMENTASI:
IMG_20221109_093723.jpg

  • Air yang di hasilkan pada bak sendimentasi sangatlah jernih dan bersih.

PROSES SENDIMENTASI:
IMG_20221109_094703.jpg

Proses akhir pengolahan air secara fisika kimia adalah sendimentasi, flok-flok yang sudah terikat dan menggumpal akan mengendap di sini setelah jatuh atau bertabrakan dengan lapisan plat.

Setelah kegiatan praktikum selesai, sekitar jam 12 siang saya bersiap untuk mengikuti apel dan absensi siang sebelum pulang.

IMG_20221110_100635.jpg

Keesokan harinya saya berangkat ke kampus seperti biasanya, Namun hari ini tidak ada pelajaran karena ada beberapa hal. Sayapun nongkrong di kantin sambil makan mie dan roti bakar, harganya sangat terjangkau untuk seorang mahasiswa seperti saya.

MIE ACEHROTI BAKAR
10.000 IDR/3.88 STEEM3.000 IDR/1.16 STEEM

IMG_20221110_112226.jpg

PERPUSTAKAAN:
IMG_20221110_113402.jpg

Setelah makan sayapun pergi ke perpustakaan, biasanya saya kesini untuk beristirahat ataupun mengerjakan tugas.

Saya turut mengundang teman-teman @mahyulmaulana, @akmal1 @sailawana, dan @alee75 untuk mengikuti kontes yang sangat menarik ini yang diadakan oleh bapak @f2i5

Mungkin hanya ini saya sekian dan terimakasih salam @alfinnur.

Nameposition
@harferrias admin
@steempreneurshipas curator
@tucsondas moderator
@f2i5as moderator
@afrizalbinalkaas moderator

https://steemit.com/hive-172186/@alfinnur/achievement1-perkenalan-diri-alfinnur

Sort:  
 2 years ago 

Hadeuh di kala hujan-hujan gini makanan nya bikin saya salfok dan terhawa hawa hehe.
Good luck ya..

 2 years ago 

Saya pun masih teringat-ingat dengan mie nya, apalagi pakek telor😂😂

Loading...

Sedap kalo rasa indomie nya wkwkw

 2 years ago 

Ga ada obat bang😂

TEAM 5 CURATORS:

This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts anywhere and with any tags.

Curated by: @ponpase

 2 years ago 

Mie nya bikin ngiler 🤤

Coin Marketplace

STEEM 0.23
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 66186.23
ETH 3494.08
USDT 1.00
SBD 3.17