Steemit Engagement Challenge S4W3|My Daily Transportations: Sepeda Motor, Kenderaan Sejuta Umat

in Steem Entrepreneurs2 years ago

www.steemit.com@alee75.png

div.png

Steemit Engagement Challenge S4W3

Wellcome back steemians di Steemit Engagement Challenge Season 4 yang sudah memasuki minggu keempat, dan untuk itu saya akan ikut berpartisipasi pada kontes ini dengan tema My Daily Transportations. Saya mengundang @ridwant, @walictd dan @fantvwiki untuk ikut kontes menarik ini.

Alat transportasi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan penting bagi kita sehari-harinya. Bahkan sejak dahulu manusia membutuhkan sarana transportasi dalam aktivitasnya yang tentu disesuaikan dengan perkembangan zamannya.

Alat transportasi diciptakan oleh manusia dengan menggunakan daya kreativitas serta pengetahuan yang terus berkembang dengan tujuan untuk memudahkan kegiatannya.

Saat ini sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi telah terjadi inovasi yang sangat progressif dalam hal alat transportasi, dimana industri automotive berkembang sangat pesat.

Seiring perkembangan tersebut saat ini telah terjadi perubahan paradigma dalam dunia automotive yang sudah beralih ke industry yang ramah lingkungan dan mulai meninggalkan sumber bahan bakar fossil ke sumber tenaga listrik yang lebih efisien.

Saat ini para pengembang dan pelaku industry automotive berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk menjawab tantangan zaman dan juga permintaan pasar.

Nah, bagaimana dengan saya?

Well, bagi saya alat transportasi pribadi (bukan kendaraan umum) adalah kebutuhan mutlak karena saya memerlukannya untuk menjalankan tugas saya sebagai dokter hewan yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Setiap harinya saya selalu pergi ke kantor di Lhoksukon yang berjarak sekitar 10 kilometer dari tempat tinggal saya di Matangkuli dengan menggunakan sepeda motor. Saya juga harus mengkuti apel pagi dan melakukan finger print di kantor Lhokseumawe setiap hari senin yang berjarak sekitar 30 kilometer dari rumah saya.

IMG_20220912_111156.jpg
Berangkat ke kantor dinas

Selain menggunakan sepeda motor saat berdinas terkadang saya juga menumpang becak motor milik salah seorang staf di kantor untuk menuju lokasi kegiatan vaksinasi dan pengobatan ternak masyarakat di desa-desa.

IMG_20220912_105707.jpg
Ke lapangan menggunakan becak

Sepeda motor juga saya gunakan untuk bermacam aktivitas saya sehari-hari seperti berbelanja, mengantar anak bahkan untuk jalan-jalan di sekitar kampung saya atau lokasi yang berjarak dekat.

IMG_20220912_111528.jpgIMG_20220912_110720.jpg
IMG_20220912_144935.jpgIMG_20220912_110222.jpg
Jalan-jalan menggunakan motor

Adakalanya saya menggunakan mobil ketika melakukan perjalanan jauh seperti berkunjung ke tempat saudara, membezuk orang sakit dan keperluan lainnya.

IMG_20220912_151015.jpg
Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil

Sebagai alat transportasi utama saya selalu melakukan servis sepeda motor saya di bengkel secara rutin untuk mengganti oli dan lain-lain. Kebetulan adik saya mempunyai bengkel sepeda motor di Matangkuli sehingga saya sering membawa sepeda motor untuk diservis disana.

image.png
Bengkel milik adik

Untuk biaya bahan bakar minyak yang kebetulan menggunakan Pertamax, rata-rata saya menghabiskkan dana sekitar 60k IDR per minggu atau sekitar 17.41 steem untuk membeli Pertamax. Dana tersebut meningkat ketika saya melakukan aktivitas dan perjalanan yang lebih banyak.

Untuk satu bulannya rata-rata saya mengeluarkan dana sejumlah 300k IDR atau 86.91 steem untuk biaya membeli pertamax dan juga biaya servis kenderaan.

Alat transportasi dan polusi udara

Selain memudahkan aktivitas kita, penggunakan kenderaan bermotor khususnya yang menggunakan bahan bakar fossil menyebabkan efek samping berupa poluasi udara terutama di perkotaan yang sangat minim dengan pohon-pohonan.

Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak agar kualitas udara tetap terjamin dan tidak menyebabkan penurunan tingkat kesehatan masyarakat.

Alhamdulillah saat ini saya sudah pindah dan bertempat tinggal di pedesaan sehingga kualitas udara di sini cukup baik. Hal ini pula yang menjadi salah satu pertimbangan saya ketika saya memutuskan untuk kembali dan menetap di kampung halaman saya.

Pemerintah berusaha menjaga efek samping ini dengan menghimbau warga masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak dengan RON yang lebih tinggi sehingga bisa menekan jumlah emisi yang dihasilkan kenderaan bermotor.

Secara pribadi saya menggunakan Pertamax (RON 92) yang memiliki RON yang lebih tinggi walaupun harganya sedikit mahal dengan pertimbangan efisiensi mesin serta mendukung kegiatan untuk menurunkan tingkat polusi udara.

Polusi udara bisa diminimalisir dengan kegiatan menanam pepohonan karena emisi karbon dari bahan bakar fosil yang mengandung partikel, bau, dan gas berbahaya lainnya (nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan ammonia) akan mengendap di dedaunan pohon dan tumbuhan.

Daun dan permukaan tanaman akan menyerap polutan ini melalui stomata (pori-porinya) dan menyaring zat berbahaya ini dari udara.

Pohon dan tanaman juga mampu memerangkap panas serta mengurangi gas rumah kaca di atmosfer. Berdasarkan riset diketahui bahwa pepohonan dan tanaman yang ada di hutan dunia mampu menyerap sepertiga emisi global setiap tahunnya.

Itulah sebabnya saya berusaha menanam beberapa pepohonan di sekitar rumah saya selain untuk keindahan juga untuk menjaga kualitas udara tetap baik serta mengurangi efek banjir.

IMG_20220912_112240.jpg
Mengarungi banjir di depan rumah menggunakan sepeda motor

Kenderaan listrik sebagai moda tranposrtasi masa depan

Ya, saya sangat setuju dengan ide kenderaan listrik sebagai moda transportasi masa depan karena ini sangat ramah lingkungan. Apalagi Indonesia mempunyai sumber daya alam yang berlimpah sebagai bahan baku untuk membuat batere.

Meskipun Indonesia merupakan negara penghasil mineral nikel, kobalt, alumunium, dan mangan yang dibutuhkan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik, namun saat ini Indonesia masih harus mengimpor dari luar karena proses pengolahannya belum menggunakan teknologi hidrometalurgi sesuai kebutuhan.

Namun harus dipastikan bahwa usaha pertambangan yang menghasilkan bahan baku untuk batere mobil listrik tidak menyebabkan pencemaran lingkungan yang bisa membahayakan kelanjutan serta merusak ekosistem dan ekologi di sekitar area pertambangan.

Untuk saat ini kenderaan listrik di Indonesia masih dalam pengembangan dan kita berharap pemerintah melakukan berbagai langkah agar kenderaan listrik nantinya bisa dijangkau oleh semua kalangan.

Demikian partisipasi saya kali ini dan terima kasih sudah membacanya.

Regards

@alee75

ABOUT ME

Sort:  
 2 years ago 

Salah satu yang menarik perhatian kami adalah upaya kanda terhadap lingkungan dengan menanam sejumlah pohon untuk menghasilkan udara yang bersih dan mengatasi hal buruk bagi lingkungan. Terima kasih kanda @alee75 telah mengundang saya ke kontes menarik ini.

 2 years ago 

Warren Buffet pernah berkata "Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang menanam pohon sejak lama". Jadi Kita harus menanam pohon hari ini agar anak cucu kita punya tempat untuk berteduh nantinya... 😁

 2 years ago 

Postingannya keren ditambah dengan foto-foto lucu si gadis kecil ya😁hal-hal yang ringan tapi dikemas menjadi menarik, alat transportasi memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Karena itu adalah alat gerak kita selain kaki.

Namun kita juga harus memikirkan dampak yang ditimbulkan dari alat transportasi ini. Bagaimana cara mengurangi polusi udara. Sukses buat tantangan kali ini.

 2 years ago 

Berusaha biar kayak orang2 Bu...😁
By the way terima kasih sudah mampir dan memberi komentar positif. Kerusakan lingkungan dalam bentuk apapun seharusnya menjadi perhatian kita semua dan kita semua harus ikut bertanggungjawab atas hal ini...

 2 years ago 

Oke…sepakat👍

 2 years ago 

Selalu menghasilkan konten yang berkualitas dengan sarat informasi dan inspirasi itulah mr. @alee75. Tak pernah gagal dalam menulis konten eksklusif. Saya selalu salfok dengan markdown nya . Sukses selalu ya pak 😁

 2 years ago 

Makasih bu udah mampir di "gubuk sederhana" kami😊. Ini adalah buah dari proses pembelajaran dari orang2 hebat di platform ini. Semua orang adalah UNIK dan saya hanya belajar dari keunikan2 tersebut. Thanks komentarnya Bu...🙏

 2 years ago 

My pleasure..

 2 years ago (edited)

Thank you brother @alee75 for participating in Steemit Engagement Challenge Season 4 Week 3 and let's interact with other contestants through relevant and meaningful comments.

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
Support #burnsteem25YES
Club Status#club100
Voting CSI15.9 ( 0.00 % self, 182 upvotes, 103 accounts, last 7d )
Score
9.6

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 2 years ago 

Terima kasih brader atas reviewnya. Interaksi terhadap postingan memang tujuan dari engagement challenge ini. Terima kasih telah mengadakan kontes yang menarik ini..🙏

Hello friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

 2 years ago 

Lovely

 2 years ago 

Great post my friend!
I can see the enjoyment on the faces of the family.
We also joined the scooter club with the difference that in South Africa helmets are compulsory.
I must say spoils the feeling of feeling the wind in your hair 😊
Good luck for the contest.

 2 years ago 

Thank you friends for commenting on my post and Good luck to you too...🙏

 2 years ago 

Thank you ☕️

 2 years ago 

Postingan yang menarik dan menginspirasi, kesadaran setiap orang untuk mengurangi polusi udara sangat dibutuhkan, dan anda telah melakukannya dengan baik

Sukses selalu untuk anda pak @alee75

 2 years ago 

Sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang sangat berguna dalam kita beraktivitas, selain perawatannya yang murah juga praktis saat di pakai

 2 years ago 

Luar biasa pak Ali, semua kendaraan anda coba. Mulai dari roda 2, roda 3 dan roda 4. Dan anda menyesuaikan alat transportasi tersebut berdasarkan kebutuhan.

Salut saya membacanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64768.36
ETH 3436.88
USDT 1.00
SBD 2.51