Steemit Engagement Challenge S5-W2|My Home Sweet Home: Perjuangan 4 Tahun Bangun Rumah Impian

in Hot News Community2 years ago (edited)

Hai steemians
Apa kabarnya hari ini ?
Semoga selalu sehat sehat saja dan selalu dalam lindunganNya...
Amin yarabbal alamin

Saya sangat tertarik mengikuti sebuah kontes yang diselenggarakan oleh admin komunitas Hot News Community dengan alamat kontesnya dapat dilihat disini namun sebelumnya izin kan saya ikut berpartisipasi dalam komunitas ini dan bisa menjadi member dalam komunitas ini. Sesuai dengan tema nya tentang "Rumah Saya Adalah Surga Saya" saya akan menceritakan kepada sahabat ku semua nya tentang rumahku.

Membuat Desain Gambar

Saya akan menceritakan sedikit tentang proses dari pembangunan rumah saya sampai dengan saat ini. Semenjak setelah saya menikah saya mempunyai impian agar bisa membangun sebuah rumah dimana kami bisa menghabiskan waktu bersama dengan pasangan di rumah sendiri, siapapun pasti punya impian ingin membangun rumah sendiri maka dari itu impian saya untuk memiliki rumah merupakan hal yang normal artinya orang - orang pada kebanyakan juga mempunyai impian yang sama dengan saya.

20221017_143123.jpg <<Tampak Depan Rumahku Surgaku

Saat itu saya dalam menjalankan pekerjaan saya sepakat bersama istri tercinta agar bisa menabung untuk membangun rumah impian kami. Dari tahun ke tahun saya selalu menyisakan uang yang saya peroleh di tabungan saya. Saat itu saya berfikir bahwa jika nanti sudah terkumpul uang dengan minimal Rp. 250.000.000,. baru saya akan memulai membangun rumah. Setelah saya menjalaninya selama 5 tahun uang yang saya kumpulkan tidak juga mencapai limit yang direncanakan. Namun saya sering menanyakan pendapat dari orang - orang yang sudah membangun rumah, maklum karena kita punya impian jadi harus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat tercapai impiannya. Pendapat dari beberapa orang yang sering konsultasi mengatakan bahwa buat rumah jangan tunggu kaya karena kita bukan orang kaya tapi buat lah rumah seperti rayap bangun sarang walupun hanya setitik demi setitik tapi akhir nya akan bukit juga. Jadi saat itu selalu membicarakan dengan orang rumah tentang impian kami yang belum tercapai.

Setelah kami pikir - pikir kita mesti mengubah pola pikir kita tentang rencana impian kami. Kami pun akhirnya sepakat kita bangun rumah dengan sistem rayap buat sarang, saat itu kami sudah mempunyai seorang putra kami yang pertama. Awal tahun 2017 saya pun merencanakan membangun rumah diatas sebidang tanah yang sudah saya beli tahun 2013, saya pun meminta bantuan dari kawan saya yang kebetulan dia merupakan lulusan tehknik sipil untuk membuat desain rumah saya dengan deskripsi sesuai keinginan saya. Setelah beberapa minggu desainya pun selesai dibuat dan dikirim kesaya dalam bentuk PDF kemudian saya print dan saya konsul lagi dengan istri dan akhir nya direvisi di beberapa titik agar sesuai dengan keinginan kami. Pada saat itu konsepnya adalah rumah semi minimalis dengan letak kamar utama di depan, ruang keluarga yang lebar serta posisi dapur dan kamar mandi terletak dalam satu bangunan utama.

Membuat Pondasi

Tahun 2017 sekitar bulan maret saya pun mulai menggerakkan pembangunan tahap I dengan target selesai sampai dengan pondasi cyclopnya. Pekerjaan tahap I dikerjakan oleh tukang dengan limit waktu sampai selesai pondasi selama 2 bulan kerja dan setelah itu pekerjaan nya kami padai dulu karena terkendala dengan budget kami yang terbatas.

Pasang Batu Bata Dinding dan Atap

Setelah selesai pondasi pekerjaan baru kami mulai lagi awal tahun 2019 dengan melanjutkan pemasangan batu bata dinding dan lainnya hingga atap, proses pengerjaan ini membutuhkan waktu hampir 1 tahun. Saat itu sebenarnya budget saya tidak cukup untuk bangun sampai atapnya namun saya paksakan sedikit agar sampai dengan pemasangan atap sampai saya harus mengutang dulu. Karena jika saya biarkan atap tidak terpasang kan sayang batu bata nya kena hujan dan takut nya akan mengurangi kualitasnya nanti.

20221017_143042.jpg<< Tampak Samping Kanan

Plasteran dan Finishing

Setelah atap terselesaikan akhir tahun 2019 pembangunannya terhenti lagi. Dan masalah utama nya adalah budget lagi. Alhamdulillah pertengahan 2020 sekitar bulan 6 atau juni saya ada sedikit rezeki lagi dan saya fokuskan untuk melanjutkan pembangunan rumah saya. Tahap III ini pekerjaan nya yang tersisa adalah plasteran, lantai, plafon dan finishing terhadap item - utem kecil lainnya. Pengerjaan tahap III dikerjakan selama 6 bulan hingga akhir 2020 dan selesai sampai dengan 90 % dan tahap ini selesai sudah bisa ditempati walupun ada kekurangan yang belum terselesaikan diantaranya adalah plafon bagian luar, lantai keramik teras depan, teras samping serta teras belakang.

Memulai hidup dirumah sendiri

Awal tahun 2021 saya bersama keluarga sudah siap untuk menempati rumah impian kami dan alhamdulillah baru bisa kami tempati setelah menunggu 4 tahun kami perjuangkan. Saat kami pulang ke rumah baru kami diawali dengan tepung tawar untuk menempati rumah baru dan kami lakukan peresmian dengan mengundang beberapa sanak saudara serta kawan - kawan saya. Saat itu kami membuat acara syukuran dengan mengundang beberapa anak yatim yang ada di sekitar tempat tinggal kami. Setelah itu kami resmi menduduki rumah impian kami.

Deskripsi tentang rumah saya

Rumah saya bangun dengan desain semi minimalis dengan type 200, terdiri dari 4 kamar tidur dan salah satu kamar tidur kami buat kamar gantung dengan lantai dari papan, dan 2 kamar mandi. Didalam nya terdapat beberapa gerbang yang di relief agar terlihat indah, letak relief nya di gerbang utama dari ruang tamu ke ruang keluarga, kemudian gerbang kedua antara ruang keluarga dengan ruang dapur serta beberapa relief di musalla dan gerbang dapur.

20221017_143011.jpg <<Tampak Belakang

Dari tahun 2021 sampai dengan saat ini saya sudah menempati sekitar lebih kurang 22 bulan, kami sangat senang dan bahagia karena impian kami alhamdulillah sudah tercapai walaupun masih ada yang belum selesai.

Dalam keseharian kami terkadang banyak menghabiskan waktu bersama di ruang keluarga karena diruang tersebut luasnya agak lebar dengan ukuran 5.5 m x 7 m dan ruang tersebut masih kosong belum ada perabotannya dan hanya ada sebuah rak Televisi di depannya.

Dalam hal perawatan saya tidak punya trik khusus dalam merawat nya dan mungkin ini karena rumah baru ditempati sehingga belum perlu perwatan ekstra. Saya hanya berusaha membersihkan saja luar dalam nya ketika saya tidak bekerja saja.

20221017_142944.jpg <<Dilihat dari halaman belakang rumah

Filosofi membuat rumah

Dalam mencapai impian membangun rumah sendiri saya sangat berkesan dengan pesan kawan - kawan saya yang bunyinya :

"Jangan menunggu kaya untuk membuat rumah karena kita bukan orang kaya, tapi buat lah rumah dengan konsep rayap membuat sarangnya"

20221017_143002.jpg<<Durian Musang King Dibelakang Rumah

Demikian yang dapat saya paparkan dalam kontes menarik ini samoga kawan - kawan yang membaca nya yang belum membuat rumah sendiri agar terinspirasi dari pengalaman saya. Dan saya selalu mendoakan agar semua para sahabat agar segera dapat membuat rumah impian anda....

20221017_143031.jpg<<Rangkang Kecil Kami Dibelakang Rumah

Terima kasih banyak kepada semua yang sudah singgah dan membaca postingan saya.

Tentang saya
Steemit
Facebook
Twitter

Achievement1

Sort:  
 2 years ago 

Alhamdulillah, meusoso eek peuget rumoh masa muda

 2 years ago 

Hehehehehhe
Geupeugah le ureung tuha2 awai jika mantong muda han ek peugot reumoh maka mnyoe katuha kameutamah han meutume lom...
Maka jih ta meudoa dan upaya supaya beu ek peugot seumasa muda

Your post has been successfully curated by our Team 5 via @chant at 35%.

ezgif.com-gif-maker.gif

 2 years ago 

Thank's fir support my post brother @chant

 2 years ago 

Pat alamat rumoh droeneuh pak? Lage istana keudeh rumoh
...

 2 years ago 

Hehehhehe
Boh panena
Di Aceh Timu abi hana lon tinggai di Tanah Pasir

 2 years ago 

Jroh,ta tinggai pat yg mudah raseuki dan nyaman..

 2 years ago 

Ia alhamdulillah abi
Teurimong geunaseh atas kunjungannya abi

 2 years ago 

Es una bendición que tengas tu propia casa y más que tú mismo hayas construido, la verdad se valora mucho más .

Yo también tuve mi casa, pero la perdí y es muy duro.

Dios bendiga su Hogar y te deseo mucha suerte en el concurso.

Bendiciones

 2 years ago 

Gracias mi hermano por visitar

Espero que mi hermano recupere su casa pronto.

 2 years ago 

Si mi amigo.
En eso estamos trabajando
Confiados que muy pronto volveremos a tener nuestra casa .

Un abrazo.

Loading...
 2 years ago 
Description
Information
Score
Status Club
club75
1.5
Plagiarism Free
🟢
1
#steemexlusive
🟢
1
Bot Free
🟢
1
300 Words
🟢
1
Markdown Style
1
Quality Content
2.5
Total Score
9

Voting CSI | 29.9 ( 0.00 % self, 146 upvotes, 98 accounts, last 7d )

Determination of Club Status refers to the https://steemworld.org/transfer-search Web-based Application

Verification Date
October 17, 2022
O'clock23.48 PM [Indonesia Time]
Get Upvote13
Valid Comments from Other Users5
Note
What you strive for so far is something that you really should be grateful for at this time, hopefully the house you have is the most comfortable place for you and your family. Thank you for sharing information and stories to all of us in the Hot News Community, success to you.
 2 years ago 

Terima kasih bg atas verifikasinya....

 2 years ago 

Sama sama bang ishakaceh, salam terbaik untuk anda.

 2 years ago 

Rumah yang sangat indah dan pastinya sangat nyaman untuk di tempati, semoga rumah kita di dunia menjadi rumah syurga kita juga di akhirat kelak.

 2 years ago 

Amin......

 2 years ago 

Filosofi yang luar biasa. Allah telah memberikan contoh kepada makhluk selain manusia. Proses membangun rumah yang begitu luar biasa dan terinspirasi untuk saya.

 2 years ago 

Terima kasih bg atas kunjungannya...
Semoga Allah mudahkan semua rencana kita...
Karena rencana Allah yang utama.....

 2 years ago 

Aamiin ya rabbal'alamiin
Insya Allah, Allah mudahkan

 2 years ago 

gracias a dios ya tiene tu casa, y la puedes habitar al lado de tu amada esposa y todos los hijos que dios te pueda prestar en esta vida, me encanta el concepto minimalista pues el ambiente y el diseño van acorde con ella.
suerte en el reto amigo y que sigan los existos.

 2 years ago 

Gracias mi amigo por visitar

Amén, que Dios bendiga siempre a nuestra familia.

Espero que mi amigo también sea bendecido en la vida.

 2 years ago 

Hola @ishakaceh, lo felicito porque se propuso a ser realidad su sueño de construir su casa a su gusto, aunque pasaron algunos años con la construcción se logró a pesar que el presupuesto se quedara corto eso para. Que bueno que ya la tiene y es muy bonito.

 2 years ago 

gracias mi hermana
También estoy muy feliz de que hayas pasado por mi puesto.
Que siempre seamos buenos hermanos

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 56477.82
ETH 2390.38
USDT 1.00
SBD 2.33