SEC S5W4: News diary game: Praktikum pengolahan air dan limbah

in Hot News Community2 years ago (edited)

20221105_083139_0000.png

Assalamualaikum wr wb, teman-teman semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita saya pada saat praktikum pengolahan air dan limbah.

Air merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, sebagian besar permukaan bumi diisi oleh air lebih kurang 71% adalah selebihnya adalah daratan, bagaimana caranya mengolah air kotor menjadi air bersih? Perlu diketahui bahwa ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan air bersih sebagai kebutuhan sehari-hari, baik untuk kebutuhan rumah tangga, pabrik, dan sebagainya.

Setiap hari rabu kami melakukan praktikum di laboratorium pengolahan air dan limbah yang bertempat di jurusan teknik kimia kampus politeknik negeri Lhokseumawe, pagi hari jam 7.30 kami mengikuti apel pagi namun sayangnya pagi itu saya terlambat beberapa menit yang mengakibatkan saya tidak bisa untuk mengikuti apel pagi dan saya pun alpa pada jam pertama, setelah itu saya harus melapor bahwa saya terlambat, agar saya bisa mengikuti mata kuliah praktikum pada hari itu.

Proses yang harus dilakukan adalah:

  • Jar Test
  • physical chemical treatment
  • chemical waste treatment
  • adsorption and desorption system
  • sand filter system
  • UV treatment

PADA KALI INI SAYA SEDANG PRAKTIKUM ADAORPTION AND DESORPTION SYSTEM:
IMG_20221102_102655.jpg

IMG_20221105_083410.jpg

MAKAN SIANG:
IMG_20221102_130645.jpg

Setelah selesai praktikum dan apel siang saya pergi ke Lhokseumawe untuk membeli mosepad dan makan siang, menu makan siang kali ini adalah ayam KFC, nasi putih, dan Coca-Cola.

KOTA LHOKSEUMAWE:
IMG_20221105_083604.jpg

Kota Lhokseumawe dulu dikenal dengan sebutan kota petro dollar karena ada pabrik gas bumi PT. ARON, kota Lhokseumawe merupakan kota yang dekat dengan pesisir pantai. Dulu saya sering duduk di pantai Jomblang ketika pulang kuliah untuk menikmati indahnya lautan yang biru dan angin sepoi-sepoi. Kota Lhokseumawe dulunya merupakan ibu kota Aceh Utara sebelum dipindahkan ke kota lhoksukon.

IMG_20221105_083652.jpg

K3 (KESELAMATAN, KESEHATAN, KERJA):
IMG_20221104_143234.jpg

Di jurusan teknik kimia sudah di lengkapi dengan K3 (keselamatan, kesehatan, kerja) alat pemadam api dan papan petunjuk diletakkan di dinding lorong kelas, untuk mengantisipasi bila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi contohnya seperti kebakaran dan gempa bumi.

Apalagi saat berada di laboratorium kita perlu mempelajari K3 (keselamatan, kesehatan, kerja) ketika memegang cairan yang berbahaya seperti cairan asam yang bisa melelehkan tangan, kita perlu mengatasinya dengan memakai sarung tangan, masker, dan baju laboratorium, bila terkena cairan asam tersebut pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah menyiram bagian yang terkena cairan asam tersebut dengan air sebanyak-banyaknya, dan harus di bawa ke rumah sakit secepat mungkin untuk dilakukan pertolongan selanjutnya.

IMG_20221104_143243.jpg

Saya turut mengundang teman-teman untuk mengikuti kontes ini @akmal1, @mahyulmaulana, @sailawana, @f2i5 dan @anroja Mungkin hanya ini dari saya sekian dan terimakasih salam @alfinnur

https://steemit.com/hive-172186/@alfinnur/achievement1-perkenalan-diri-alfinnur

Sort:  
 2 years ago 
Description
Information
Score
Status Club
Club100
2
Plagiarism Free
🟢
1
#steemexlusive
🟢
1
Bot Free
🟢
1
300 Words
🟢
1
Markdown Style
1
Quality Content
2
Total Score
9
Voting CSI2.0 ( 0.00 % self, 36 upvotes, 23 accounts, last 7d ))

Determination of Club Status refers to the https://steemworld.org/transfer-search Web-based Application

Verification Date
November 05, 2022
O'clock19.18 PM [Indonesian time]
Get Upvote3
Valid Comments from Other Users0
Note
Give your vote support to other users and comment on their posts, Thank you for sharing your stories and information with us in the Hot News Community, success to you.

 2 years ago (edited)

Aktivitas praktikumnya tentu sangat bermanfaat ya, dan saya jadi ingat masa ngamous dulu selalu ada praktikum setiap minggunya .
Meskipun lelah namun banyak ilmu nya ya.
Semoga sukses di kontes ini..
Keep fighting and actively writing

 2 years ago 

Lumayan melelahkan apalagi saat respon sebelum praktikum, kita harus bisa menghafal langkah-langkah yang ingin kita kerjakan dan safety juga sangat di perlukan. terimakasih ibu @sailawana atas kunjungannya ke blog saya

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 60875.99
ETH 3386.90
USDT 1.00
SBD 2.57