SEC - S18W5 | Share your brilliance - Membuat Pepes Daging Ikan

photostudio_1718852640476.jpg

SEC- S18W5

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak teman saya yang lain untuk ikut berpatisipasi dalam kontes yaitu teman saya @rinamareta22, @bahrol,dan @alee75
Assalamu'alaikum wr.wb

Salam hangat buat sahabat stemians semuanya, semoga hari ini sahabat masih dalam keadaan sehat dan bahagia selalu menyertai kita semua.

Berbicara soal makanan pikiran saya langsung menerawang jauh, saya selalu ingat dengan kata-kata orang tua dahulu yang mengatakan kalau cinta itu datang bukan dari mata lalu turun ke hati akan tetapi cinta itu datang dari perut lalu turun ke hati,artinya kalau masakan kita enak otomatis suami tidak akan pernah mau jajan di warung, kemanapun dia pergi pasti makan tetap di rumah.

Jadi intinya teman-teman kita harus belajar memasak dan membuat keluarga kita selalu ingat rumah, saya melihat Abang ipar saya saat pergi ke tempat acara, apakah itu pesta atau hajatan,di makan di tempat acara tersebut akan tetapi saat tiba di rumah dia tetap makan di rumah sambil di temani istrinya.

Sampai sekarang kalau yang masak orang lain pasti dia tau karena rasanya tetap beda dari masakan istrinya walaupun itu masakan anaknya sendiri, mungkin hari ini saya ingin menyajikan sebuah menu sederhana yang mungkin jarang ada bahkan belum pernah saya jumpai di rumah makan mana pun yaitu pepes daging ikan tapi entahlah mungkin teman-teman lain pernah menjumpai dan pernah makan pepes daging ikan seperti yang saya buat ini.

Saya akan menyajikan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu:

👉 Ikan bandeng jantan 5 ekor
👉 Daun pisang yang masih muda
👉lidi
👉jeruk nipis
👉 garam

Bahan untuk bumbu halus
👉cabe rawit secukupnya
👉 bawang merah 5 siung
👉 bawang putih 3 siung
👉 kunyit 1 ruas jari
👉jahe
👉ketumbar
👉 asam sunti(khas Aceh)
👉 minyak goreng

Bahan untuk di rajang
👉serai 2 batang
👉daun jeruk purut 7 lembar
👉 bawang merah 5-7 siung sesuai selera

IMG20240614200355.jpg
Bumbu untuk di haluskan

IMG20240614201027.jpg
Untuk di rajang

Langkah selanjutnya adalah mengeluarkan daging ikan, tergantung cara masing-masing kalau saya membersihkan sisiknya terlebih dahulu kemudian membelah badannya dan saya kerok pakai sendok sampai daging habis terpisah dari tulangnya. Mungkin ada juga yang penasaran tentang ikan bandeng jantan bisa di sebut ikan "lulon"kalau di tempat saya

IMG20240614193335.jpg
Ikan yang akan saya ambil dagingnya saja

IMG20240614200003.jpg
Daging ikannya

Kemudian daging ikan tersebut saya beri perasan jeruk nipis dan di beri garam secukupnya sesuai selera masing-masing, diamkan sebentar, bumbu yang sudah di haluskan tadi di masukkan ke daging ikan tersebut, masukkan juga bahan yang sudang di rajang halus dan beri sedikit minyak goreng kedalamnya, kira-kira saja barang 5 sendok teh bolehlah.

Saya tidak menggunakan micin atau penyedap rasa kedalam daging ikan yang mau di buat pepes sebab daging ikan tersebut sudah manis sendiri dan saya kurang suka dalam masakan di tambahkan penyedap rasa, kalau teman-teman mau menambahkan ya silakan saja tidak jadi masalah.

IMG20240614202915.jpg
Daun pisang plus on lingong

Kalau semua bahan tersebut sudah tercampur rata selanjutnya adalah membungkus daging ikan tersebut memakai daun pisang, kalau saya menambahkan daun lain lagi yang bisa dimakan dan saya menyebutnya "on lingong" teman-teman bisa melihatnya di foto dokumen saya.

Saya tidak tahu nama asli daun tersebut mungkin ada sebagian teman-teman yang tahu nama daun tersebut tolong beri tahu saya, daun tersebut bukan keharusan dalam membuat pepes karena masih ada daun pisang itu sudah cukup, setelah di bungkus dengan daun pisang dan sematkan lidi pada ujungnya supaya daging ikan tidak keluar jalur🤭.

IMG20240614204224.jpg
Pepes sudah siap di untuk di panggang

Langkah selanjutnya adalah memanggang sampai matang dan siap untuk di santap, teman-teman boleh memanggang di kuali seperti saya dan di beri air sedikit supaya dagingnya matang merata, setelah airnya kering kecilkan api supaya tidak hangus, kalau sudah matang angkat dan pepesnya siap untuk di sajikan sebagai menu makan keluarga teman-teman sekalian.

IMG20240614213453.jpg
Pepes sudah siap untuk di konsumsi 🤗

Selamat mencoba, yakinlah setelah anda mencobanya sekali pasti ingin mengulanginya kembali membuat pepes tersebut menjadi menu favorit saat makan apa lagi di nikmati dengan nasi hangat beehhh.....sedap betul itu😋 pasti te lom-lom.

Hanya sekian uraian saya pada kontes kali ini, terimakasih sudah membacanya.

Hormat saya

@suryati1

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
 3 days ago 

Oman. Sep Mangat payeh muloh nyan. Aleeh pajan ready... 🤭

Uroe raya kalinyo Hana daya. Lhee yang sakit dum.... 😇

Ikan bandeng ternyata tidak hanya bisa dimasak, di goreng atau di bakar/panggang. Dengan sedikit kreativitas akan membuat bandeng bisa diolah dan nikmati dalam berbagai varian menu termasuk pepes.

Semoga beruntung dengan kontes ini..

Amin, wate na engkot lon ready lom Jak keno beh, nyan galom pernah lon sajikan lam menu hidangan uroe raya 🤭

STEEM DREAM TEAM

Congratulations, your comment has been successfully curated by our team via @kouba01 at 5%



Mantul bu

 3 days ago 

Your recipes gave me the hope that the food will be yummy. I have not seen or tested this food before I think I would try it out at home. Thanks for lesson.

Sama-sama, terimakasih sudah mengunjungi postingan saya, silahkan mencobanya semoga anda suka dengan resep yang saya bagikan 🙏

 3 days ago 

Wow this recipe looks so delicious i wish I can have a test of it. You know I like meat and fish very much so I know that the combination is great. Thanks for sharing with us.

Sama-sama, terimakasih sudah mampir di postingan saya, semoga anda suka dengan resep yang saya bagikan 🙏🙏

 2 days ago 

Yeah your recipe looks so inviting. Thanks too.

Loading...
 3 days ago 

@suryati1
Wow great, I really enjoyed reading your post and I am especially grateful to this community for giving such a contest where there is a chance to express different ideas, everyone is sharing their own genius like today. You have told us about your intelligence, you have managed such a delicious fish in such a good way and you have shared with us step by step every method in a very good way. I would like to invite you and hope you will accept my invitation. Thank you so much.❤️🌹
@mona01

Terimakasih sudah mampir di postingan saya,🥰🥰

 2 days ago 

مچھلی بلکل اس کا ایک اپنا ہی ذائقہ ہے ۔قدرت نے اسکو بہت ہی لذیذ بخشہ ہے ۔
وااہ آپکی بناوٹ کو بھی سلام ۔

Saya sering membuat pepes dan beberapa makanan lainnya dan saya jual di sekolah untuk teman-teman saya yang memesannya, begitulah cara mendapatkan uang tambahan,dan uang tersebut saya tabung untuk satu hari 10 ribu rupiah 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64411.29
ETH 3516.69
USDT 1.00
SBD 2.55