"The Diary Game - Kamis, 27 Juni 2024 : Keseharian Yang Menyenangkan dan Bermanfaat"

in Steem SEA2 months ago

Assalamualaikum, sobat stemians semua!!

Apa kabar sobat steem hari ini?, Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiyat dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang dapat kita jadikan sebagai motivasi dalam hidup ini. Seperti biasa saya selalu meng update keseharian saya yang mungkin dapat membuat diri kita hidup dan berkembang dalam keseharian yang penuh berkah.

Pagi ini seperti biasa didayah saya terbangun dengan azan yang dikumandangkan di Masjid yang menyeru kita sebagai umat IsIam untuk beribadah kepada Allah SWT, yaitu melaksanakan sholat Subuh 2 rakaat, begitu singkatnya sholat subuh, hanya 2 raka'at, tapi masih saja kebanyakan orang susah atau bahkan malas dalam melaksanakan sholat subuh. Padahal tanpa mereka sadari yang bahwa pintu rezeki terbuka luas bagi mereka yang mau melaksanakan sholat subuh dan bangun awal subuh.


awal pagi, pukul 08 : 00

Aktivitas kesibukan saya hari ini adalah gotong royong bersama santri didayah untuk membersihkan balai - balai yang nantinya akan kami gunakan, baik sholat dan belajar ngaji disana. Yang pastinya itu adalah balai utama yang ada didayah kami gunakan dalam segala hal yang meliputi mengaji, sholat berjamaah, rapat, Muhazarah dan lain sebagainya.

Seperti biasa kalo kita mendengarkan yang namanya gotongroyong kadangkala ada yang melakukannya ,ada juga yang pura-pura gatau kalo adanya gotongroyong ada juga yang dengan sengaja setiap gotongroyong pasti gak hadir yang pastinya kalo ditanya jawabannya berbagai macam alasan, ada juga yang ikut serta dalam gotongroyong tetapi malas dalam melakukannya, itulah gotongroyong. Kalo bahasa Aceh "gotongroyong ladoem duek ladoem deng"😄.

Walaupun santri yang hadir gak sebanyak santri dalam mengaji, alhamdulillah gotongroyong pun selesai dan kemudian santri lainnya membersihkan kamar (bilek) mereka masing-masing, dikarenakan malam ini sudah saatnya kami belajar seperti biasa dan aktivitas didayah akan seperti semula dilakukan. Guru kami sudah memberitahukan yang bahwa malam Jum'at aktivitas didayah akan seperti biasa, yang bahwa guru kami sudah pulang dari Medan.

Setelah lelahnya dalam membersihkan balai serta bilek masing-masing , kami pun duduk istirahat dan menikmati segelas air dingin untuk mengisi tenaga telah hilang . Disini kami benar-benar membersihkan balai, dalam artian kalo ada najis - najis kami sucikan dengan teliti yang membuat dalam pengerjaan lama , karena balai tersebut kami gunakan untuk sholat berjamaah, yang pastinya kalo kita sholat, kita harus memperhatikan kebersihan badan, pakaian dan tempat yang kita gunakan untuk ibadah ,maka dari itu kita harus benar-benar dalam membersihkannya.

Setelah selesai santri lainnya pulang ke rumah masing-masing dan saya masuk ke bilek tidur sebentar menjelang zhuhur tiba.
Setelah sholat zuhur saya scroll sosmed mengisi kegabutan yang seperti biasa saya ceritakan yang bahwa sendiri didayah 🤭, menjaga rumah guru saya yang dititipkan.

Hari menjelang ashar saya pun pulang kerumah buat Maidah saya yang keroncongan dari pagi belum makan. 🤫😅

Disini saya pulang kerumah, dikarenakan dirumah gak ada apa-apa yang bisa dimakan jadi saya berinisiatif buat memasak " tempe goreng with Udang" hehehe 😅 udah keren belum, nama menunya.

Memasak dengan bahan dan alat seadanya yang penting kita pede dengan apa yang ada, jangan merasa minder, ya memang kita anak orang yang hidupnya pas - pasan , buat apa malu, jalani ada, insyaallah akan mudah jika kita yakin dan usaha.

Memasak juga merupakan hobi saya atau bahkan bakat alamiah yang tertanam dalam diri saya, yang membuat saya merasa senang kalo bisa memasak dan membuat sesuatu hidangan makanan. Saya sering lho memasak dirumah yang membuat diri saya memiliki bakat tersebut.

Finally, makanan dan menu hidangan sambal with tempe dan udang siap untuk disantap. Memang ya kalo kita memasak sendiri itu rasanya paling nikmat dan wuenak poll. Makanan yang sehat dan takaran yang dapat membuat kita gak gampang terkena penyakit dengan hijenisnya makanan tersebut.

Dalam kitab - kitab juga diterangkan yang bahwa sebaiknya kita menghindari makanan kedai karena kesyubhatannya,baik dari segi pembuatannya maupun dari segi bahan dan pendapatannya.


menjelang maghrib tiba

Selanjutnya, saya pun bergegas untuk mandi dan siap - siap berangkat lagi ke dayah dikarenakan malam jum'at adanya wirid yasin di Masjid, yang nantinya setelah wirid yasin juga ada makan bersama dengan orang kampung sekitar, sekadar snack makanan yang disediakan panitia masjid setiap malam jum'at.

Indahnya bentuk persatuan dari kemasyarakatan yang masih peduli dan mau meluangkan waktunya untuk acara seperti ini, yang membuat saya terharu dan senang atas mereka yang mau, walaupun tidak bisa dalam hal ngaji tapi mau meluangkan waktu untuk mendengarkan pengajian di Masjid. Coba kita banyangkan di suatu desa aja orang masih enggan untuk datang ke Masjid apalagi di kota yang suasana sibuk pekerjaan sehingga membuat mereka lalai dengan duniawi mereka tanpa mempersiapkan bekal ukrawi.

Menurut saya"kita dalam dunia ini, yang paling kita butuhkan adalah bekal ukhrawi yaitu persiapan untuk hari kiamat sedangkan duniawi hanyalah pelengkap atau sebagai perantara kita menuju ukhrawi"

Inilah keseharian saya hari ini , saya ucapkan terimakasih kepada stemians semua yang telah mensupport dan membimbing dalam steem ini. Semoga kedepannya akan lebih baik lagi dalam platform ini guna mengupdate keseharian saya.

Wassalam saya @zul01

Sort:  
 2 months ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

comment

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25Yes
Status ClubClub5050
AI Article✅ Original (Human text!)
Jika ada adalah pendatang baru, ada baiknya anda mempelajari mekanisme penyambutan pendatang baru yang berlaku saat ini di link berikut: https://steemit.com/hive-172186/@the-gorilla/newcomers-certification
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54016.63
ETH 2289.57
USDT 1.00
SBD 2.29