The diary game season 3 ( Betterlife, 25 AGUSTUS 2021) Aneka Rasa

in Steem SEA3 years ago

IMG_20210826_205642.jpg

ASSALAMUALAIKUM

APE KABA

Apa kabar semuanya... sahabat steemian... dimana pun anda berada, semoga hari ini dapat beraktivitas dengan lancar. Hari ini ingin ku sampaikan lewat diary ku ini yaitu sebuah kata-kata istimewa, yang sering kita lihat di berbagai daerah di Nusantara ini. Dan di setiap kawasan kuliner. Aneka rasa, adalah sebuah istilah yang memikat pandangan setiap insan. Karena begitu banyak rasa yang akan disajikan. Semoga berkenan di hati sahabat steemian dan menyukainya. Aamiin...

Alhamdulillah, subuh ini aku dapat melaksanakan ibadah sholat subuh dengan bermohon kepada Allah SWT, terimalah sholat subuh ku ini, ampunilah segala dosa-dosa ku dan kedua ibu-bapak kami, serta keluarga kami. Curahkanlah segala Rahmat Mu. Dan bukakanlah pintu rezeki untuk kami dengan berkah Mu. Aamiin... Beranjak dari tempat ibadah, aku melakukan kegiatan-kegiatan di hari yang penuh rasa ini.

Pagi ini aku harus berduka dengan kepergian anak kucing yang malang, yang kemarin masih Kelihatan lemas, ternyata pagi ini anak kucing yang malang itu menyusul saudaranya ke alam kubur. Namun aku hanya bisa menguburnya saja di samping saudaranya. Kemudian aku masuk kedalam rumah untuk mempersiapkan sarapan pagi anak-anak yang akan berangkat ke sekolah. Namun aku harus memasak dulu dengan aneka rasa permintaan anak-anakku di pagi ini.

IMG_20210825_071346.jpg
Membuat roti canai

IMG_20210825_071354.jpg
Membuat martabak pulut durian

IMG_20210825_071907.jpg
Membuat martabak telur

Yang pertama membuat roti canai, kemudian membuat martabak pulut durian, dan yang terakhir membuat martabak telur. Sementara istriku memasak kuah asam ikan bandeng+nasi putih. Itulah menu sarapan di pagi ini yang beraneka rasa. Kemudian kami menyantapnya dan sebagian martabak telur akan dibawa oleh anakku yang pertama ke sekolahnya. Lalu aku mengantar anak-anak ke sekolah. Setibanya kami diarea sekolah, anak-anak pun segera berpose untuk ku potret.

IMG_20210825_080813.jpg
Tampak anakku yang senang dipotret

Kemudian aku kembali ke rumah untuk membersihkan halaman belakang rumah dan membuang sampah. Lalu masuk kedalam rumah untuk membersihkan ruangan dalam rumah. Tampak ibundaku di pagi yang penuh rasa ini juga memasak untuk sarapan pagi bersama keponakanku. Yaitu memasak tumis kangkung dan sambal ikan goreng. Sungguh banyak aneka masakan di rumah ku pagi ini. Karena kami adalah keluarga yang suka memasak. Dan kami sangat jarang beli sarapan pagi di pasar, kecuali tidak sempat memasak.

IMG_20210825_095455.jpg
Membuat tumis kangkung

Lalu aku beristirahat sejenak sampai waktu sholat dhuhur tiba. Tak lama waktu sholat dhuhur pun telah tiba. Selesai melaksanakan ibadah sholat dhuhur, tiba-tiba kedua orang anakku pulang sekolah bersama mamanya. Lalu kami makan siang bersama. Namun siang ini aku harus berangkat ke tempat tujuh hari kakak sepupuku di Lhokseumawe, dan aku akan pergi bersama ibundaku dan abang sepupuku serta saudaraku. Kami pun segera berangkat, dan aku meninggalkan istri serta anakku yang kedua untuk sementara waktu. Sedangkan sikecil ikut bersamaku.

PANO_20210825_142953.jpg
Tiba di rumah duka almarhumah kakak sepupuku

Setibanya kami di tempat almarhumah kakak sepupuku, ternyata kami sampai berbarengan dengan rombongan sepupuku dari Matangkuli juga. Lalu kami masuk dan mencari tempat untuk menemui anak-anak almarhumah kakak sepupuku. Tampak dari wajah mereka yang masih berduka. Kami pun segera menghibur mereka dengan kedatangan kami, insyaAllah dapat meringankan rasa duka yang dalam. Kemudian kami mencicipi sedikit makanan yang di sajikan untuk pengunjung yang ingin bergabung di rumah duka almarhumah kakak sepupuku.

Selama dua jam kami berada di rumah duka, lalu kami mohon pamit kembali ke Matangkuli. Setibanya kami di rumah, aku segera melaksanakan ibadah sholat ashar. Sementara anakku yang pertama sedang di jemput istriku di sekolahnya. Lalu aku meninggalkan dua orang anakku untuk sementara, karena aku mau pergi sebentar ke pasar membeli beberapa keperluan. Setibanya aku di pasar, tampak sepupuku yang sedang berjualan aneka rasa martabak dan canai. Lalu aku menghampirinya untuk menceritakan anakku yang pertama suka jualan martabak telur di sekolahnya.

IMG_20210826_205254.jpg
Sepupuku yang ahli dalam mengolah aneka rasa martabak dan aneka rasa canai

Setelah membeli roti martabak kering dan roti canai kering di tempat sepupuku, sebagai bahan sarapan pagi anak-anak besok pagi. kemudian aku segera kembali ke rumah mempersiapkan pelaksanaan Ibadah sholat magrib, yang akan segera tiba. Dan anakku yang pertama pun sudah sampai dari tadi di rumah bersama mamanya. Kemudian kami segera bergegas untuk melaksanakan ibadah sholat magrib yang sudah tiba waktunya. Lalu makan malam bersama, dan kemudian menunggu guru ngaji anak-anak sampai di rumah ku.

Beberapa saat kemudian, guru ngaji pun tiba di rumah ku. Lalu anak-anak segera menyambutnya dengan hidangan makanan dan minuman yang sudah di sediakan oleh istriku. Setelah beberapa saat anak-anak mulai mengaji, waktu sholat isya pun telah tiba, dan aku segera melaksanakan ibadah sholat isya. Lalu mengawasi anak-anak mengaji hingga selesai. Setelah selesai mengaji, anak-anak melasanakan ibadah sholat isya berjamaah yang di awasi oleh guru ngajinya. Kemudian guru ngaji pamit pulang ke Pasantren.

Dan anak-anak pun segera mempersiapkan perlengkapan sekolah besok pagi. Kemudian anak bergegas ke kamar mandi dan masuk ke kamar tidur untuk beristirahat malam. Setelah mengawasi anak-anak tidur, aku segera mengambil handphone ku untuk menulis diary ku di Steemit yang luar biasa ini. Yang ingin ku jelaskan melalui diary ku ini, adalah penyajian makanan yang beraneka rasa. Dan bukan maksud untuk menyombongkan diri, tapi karena hari ini banyak masakan yang kami buat di rumah, juga sepupuku yang ahli mengolah martabak dan roti Semoga bermanfaat. Aamiin...

Demikian postingan saya hari ini. Terimakasih banyak saya ucapkan Kepada istri ku @safridafatih, bu @ernaerningsih , pak @anroja, pak @nazarul , pak @radjasalman, pak @hhusaini, pak @steemadi, @cicisaja , pak @heriadi, @steemcurator08 dan @steem.sea serta teman-teman yang lain yang telah begitu banyak membantu mendukung dan membimbing saya.

Ingin tahu tentang saya klik disini

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

 3 years ago 

Terimakasih

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 68665.88
ETH 2524.20
USDT 1.00
SBD 2.53