The Diary Game - Betterlife - PromoSteem | Made the Steem Flag to Fly at The Top of Mount Marapi 2891 MASL (9,485 ft) [25% @steemcoffeeshop, 25% @steem.amal]

in Steem SEA3 years ago (edited)

peletakan mal pola diatas bendera

25% Payout for @steemcoffeeshop
and 25% for @steem.amal

Berita Mendadak

Lusa saya mendapat kabar mendadak dari grup pendakian LHA (Lentera Hijrah Adventure) tentang pendakian Gunung Marapi. Anggota Komunitas Pendaki ini kebanyakan adalah orang-orang tua. Saya bergabung dengan komunitas ini karena banyak manfaat yang saya dapat dari para sesepuh ini, ilmu yang kami dapat dari mereka selalu maknyus markutus.

berita mendadak memang memicu adrenalin ya ._.

Pukul 15:39 sore saya mendapat kabar tentang rencana pendakian yang akan dilakukan besok paginya. Memang betul-betul mendadak sekali. Setelah saya tanyakan apakah pendakian kali ini akan bermalam camping atau hanya sekedar Tek Tok pulang-pergi hari itu juga. Pak Dedi selaku inisiator pada pendakian kali ini mengatakan, kita akan Tek Tok.

Mendengar kabar tersebut saya langsung mengiyakan dan mengkonfirmasi akan ikut bergabung. Tak lupa saya ajak @goresanpenaanfal pada pendakian kali ini supaya ada teman pergi hehe.

Setelah Isya sekitar pukul 20:30 saya langsung berangkat ke Padang Panjang dengan sepeda motor untuk menginap dirumah paman saya yang kebetulan tinggal dekat dengan kaki gunung merapi. Saya berangkat malam itu juga untuk mengantisipasi supaya besoknya tidak terlambat jika berangkat dari Pariaman pagi-pagi.

Pukul 22:00 kami tiba di Padang Panjang dan langsung beristirahat untuk memulihkan stamina agar besok pagi kami fit mendaki. Namun seperti biasa, tidur cepat hanyalah sebuah wacana 😂 Saya teringat sebuah ide untuk pendakian besok. Bagaimana kalau kita buat bendera Steem?

ready-made flag pattern mall

Membuat Bendera Steem

Karena rencana pendakian ini mendadak, tentu persiapan pun juga serba mendadak. Dan ide ini pun baru muncul setelah magrib ketika saya bersiap-siap berangkat tadi. Alhasil saya hanya membawa potongan kain dari toko yang sudah tidak terpakai yang nantinya akan saya buatkan bendera. Saya tidak sempat menjahitnya di toko karena waktu sudah mepet. Akhirnya saya bawa kainnya dan akan saya jahit besok pagi di Padang Panjang.

Ketika sampai di Padang Panjang, malam itu saya habiskan untuk membuat mal (pola) untuk disablon ke bendera. Saya hanya mem-print logo Steem saja, tak ada rencana untuk membuat yang aneh-aneh karena waktunya juga terbatas. Akhirnya saya print Logo Steem seukuran 3 lembar HVS.

desain logo Steem yang sudah di print

proses penempelan print ke kertas karton

Print-an itu saya tempel di kertas karton yang agak keras untuk menyalin pola yang sudah diprint tadi.

Selanjutnya, setelah pola ditempel di kertas karton, saya memotongnya sesuai garis yang ada di kertas. Karena hari sudah malam dan tidak ada lagi toko buku yang buka, akhirnya saya hanya mengambil karton seadanya, dan yang ketemu hanya karton bekas kalender. Yasudah gaskan saja 😁

proses pemotongan mal menggunakan cutter

sebagian mal sudah terpotong

seluruh mal sudah terpotong

hasil akhir mal yang sudah dipotong

pola mal logo steem yang siap untuk dicetak dengan cat

Pola sudah terpotong sesuai garis dan siap untuk di cetak ke bendera.

Besok pagi saya akan membeli cat semprot kaleng dan akan menyemprotkan cat tersebut ke pola yang sudah dipotong, sehingga yang terkena cat hanya bagian yang terbuka saja.

menjahit bendera

Pagi harinya saya bangun lebih cepat dan langsung menjahit kain yang sudah saya potong tadi malam, yaa saya bisa menjahit, bacut-bacaut jahit lurus-lurus saja 😁

Tidak ada tutorial menjahit bendera kali ini karna saya juga mengerjakannya berdasarkan insting saja. Yang penting jadi.

proses menjahit tali bendera

Dan ternyata hasilnya cukup memuaskan, bendera sudah dijahit beserta dengan tali-talinya. Sekarang saatnya menyablon benderanya.

bendera yang sudah selesai dijahit

Namun saya lupa kalau hari itu adalah hari minggu, tidak ada toko bangunan yang buka pagi itu! Gawat sungguh gawat! Sambil mencari akal bagaimana bendera ini harus jadi. Kain sudah siap, pola sudah siap. Tinggal catnya yang belum. Akhirnya sepupu saya menawarkan ide, "pakai spidol aja!" kamipun balik ke zaman TK saat kita hobi mencoret-coret dinding dan mencoret baju-baju 😂

bendera siap dicetak darurat menggunakan spidol

Akhirnya saya dan @goresanpenaanfal pergi ke toko buku untuk membeli beberapa buah spidol berwarna biru, karena logo Steem menggunakan warna biru. Setelah itu langsung kami warnai sendiri sesuai pola yang sudah saya buat tadi malam.

peletakan pola mal diatas bendera

proses pewarnaan menggunakan spidol

saya dan @goresanpenaanfal mewarnai bendera bersama-sama

Dan tadaaaaaa, jadilah bendera Steem karya anak TK yang sudah berkepala dua setengah ini 😂

bendera sudah selesai, dan siap untuk dikibarkan

Yaa walaupun kurang rapi, tapi cukup memuaskan hasilnya. Im happy!

Waktunya berangkat naik gunung, akan saya posting besok karna saya bagi menjadi dua post. Karena diary game kali ini sangat panjang takutnya nanti jadi bosan membacanya karna total keseluruhan 1200 kata

Terima kasih sudah membaca diary game saya.

Thanks to:
steemcurator01
@anroja
@nazarul
@el-nailul

Ketahui Tentang Saya

Footer Aneuk Seurideng hanyalah contoh dari Project Steem SEA yang diinisiasi oleh @cicisaja

Selamat mendaki brother,, walaupun seadanya penting kreasi sendiri hehe 😁👍

Sesuai tagline @steemcoffeeshop bang, Creativity no limit.

Tak ada pylox, spidol pun jadi 😃

Steem flag 😍

Kalau cukup persiapan, tentu desain Steem Flag bang @podanrj dah kita pake 😄

Semoga kedepan persiapannya cukup dan benderanya lebih bagus 😂

Kita tunggu part mendaki selanjutnya

Awak Royal

Kok royal pulak 😂

Kreatif, walaupun mendadak tapi benderanya keren dan sempat-sempatnya tercetus ide untuk membuat bendera.
Salut...!

Iya bang, teringat mau pakai atribut palestina di puncak, yauda kenapa ga sekalian aja buat untuk Steem 😁

Mantul

Bilo lah ambo blaik ka mandaki ka Marapi lai koooo. Lah taragak bana ko mah..

Nyook ditunggu bang, bia dijapuik 😄

Wooow, keren sekali @naufal. Akhir Mei ini kami para dosen dan tim Mapala Universitas Malikussaleh juga ada rencana naik gunung. Saya belum pernah sama sekali. Nanti @naufal bagilah pengalamannya. Terima kasih.

Mari bergabung dengan Steemit Literacy.

Mantapp, bang ayi tidak perlu diragukan lagi fisiknya, rajin fitnes :D

Persiapan fisik udah cukup, tinggal persiapan perlengkapan aja lagi itu bang. Jangan bawa barang-barang yang tidak penting yang sekiranya tidak akan terpakai digunung. Berat-beratin bawaan aja nanti hehe

Masalahnya sudah lama tidak latihan, mungkin hampir dua bulan. Dan selama Ramadhan jadwal istirahat kan kacau.

Trims advisnya @naufal. Saya akan selektif memilih perlengkapan.

Ga diragukan lagi kalau fisik bang @ayijufridar, kuat itu kalau ke Burni Telong :D

Tips lainnya, bawa logistik yang bergizi bang, yang alami. Kalau bisa kurangi yang instant2. Bawa lauk dan sayur-sayuran mentah dari bawah yang gampang dimasak :D