Acts of Kindness: Donor Darah Untuk membantu Nyawa Orang Lain

in Steem SEA3 years ago
25% Reward postingan ini di donasikan untuk @steem.amal dan 25% @worldsmile

Hai sahabat steemians semuanya, bagaimana kabarmu, Saya harap ke semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Tetap konsisten jaga kesehatan tentunya. Patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Jaga jarak tak perlu terlalu dekat ketika berinteraksi dengan orang lain, memakai masker, dan seringlah cuci tangan setelah berpergian. Saya berharap pandemi ini ini segeralah berakhir agar seluruh aktivitas kita bisa berjalan normal seperti sedia kala.

Sahabat steemians semuanya. Banyak hal kebaikan yang dapat dilakukan oleh setiap orang, tidak mesti harus dengan memberikan sumbangsih materi. Baik itu berupa uang maupun materi fisik lainnya. Tetapi untuk melakukan sebuah kebajikan itu, Anda juga dapat melakukannya meski tidak menggunakan material fisik yang anda miliki. Tenaga, jasa, bahkan darah yang anda miliki pun dapat Anda jadikan sebagai bantuan non material yang dapat membantu orang lain.

IMG_20210913_214229.jpg

Foto: Dokumentasi Pribadi

Cukup banyak pasien di setiap rumah sakit yang membutuhkan bantuan darah dari anda. Puluhan mungkin ratusan orang yang mengantri untuk kebutuhan keluarga mereka, sahabat mereka, atau orang lain yang mungkin dia kenal dan sedang membutuhkan transfusi darah secara mendadak. Setiap kali saya melakukan donor darah, saya selalu bertanya kepada perawat yang bertugas. Apakah stok darah yang dimiliki di unit transfusi darah cukup untuk kebutuhan pasien setiap hari. Hampir setiap pertanyaan itu saya lontarkan, mereka menjawabnya tidak.

Artinya kebutuhan darah lebih banyak daripada ada stok darah yang dimiliki unit transfusi darah atau PMI setempat. Sehingga membuat beberapa pasien yang membutuhkan darah secepatnya terpaksa mencari atau membayar seseorang untuk menyuruhnya mendonorkan darah mereka. Sedikit sekali ada orang yang berinisiatif mendonorkan darah mereka jika itu bukan merupakan keperluan untuk keluarga atau saudara mereka.

IMG_20210913_233707.jpg

Foto merupakan dokumentasi pribadi

Disinilah seharusnya butuh donatur darah yang berinisiatif mendonorkan darahnya meski itu bukan untuk keluarganya. Tetapi untuk kebutuhan orang lain yang sedang memerlukan bantuan darah saat itu. Saya secara pribadi mungkin bisa dikatakan sudah menjadi donatur tetap untuk mendonorkan darah saya setiap 75 hari sekali. Ini adalah donor ke-16 yang sudah saya lakukan. Mungkin jika Allah memberikan terus kesehatan kepada saya, maka saya akan terus melakukannya.

IMG20210913230611.jpg

Kartu Bukti Pendonor Rutin yang dikeluarkan PMI Aceh utara beberapa waktu lalu, sampai saat ini masih terus digunakan

Saya sangat prihatin ketika datang mendonor darah, cukup banyak sekali keluarga pasien yang mondar-mandir di depan PMI mungkin menunggu pendonor yang memiliki darah sesuai dengan kebutuhan sang pasien tersebut. Mungkin ada beberapa kali saya mengalaminya. Begitu saya sampai di depan pintu PMI langsung disambut oleh keluarga pasien dan menanyakan golongan darah yang saya miliki tetapi itu terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan darah mereka.

IMG20210913230637.jpg

Saya sedang memegang kartu donatur Darah tersebut

Disinilah saya merenungi, seandainya ada banyak orang yang rela mendonorkan darah mereka untuk kebutuhan pasien yang sedang memerlukan. Mungkin tidak serumit ini keluarga mereka mencari darah. Karena banyak orang yang mendonorkan, tentu akan ada banyak jenis darah yang tersedia di unit transfusi darah atau PMI. Oleh sebab itu dari tulisan singkat ini saya mengajak seluruh teman-teman steemians semuanya untuk mendonasikan darah secara sukarela.

Sebab memberikan darah Anda kepada orang lain adalah sama halnya anda sedang berusaha menyelamatkan nyawa orang lain. Tentu itu adalah sumbangsih terbesar yang mungkin kita tidak pernah sadar. Tapi percayalah Tuhan telah mencatat bagian kebaikan terbesar yang pernah anda lakukan tersebut. Bagaimana tidak? Ada berapa nyawa yang tertolong setiap kali anda mendonorkan darah anda kepada orang lain. Itulah kebaikan sejati. Jadi tidak mesti harus memberikan banyak uang kepada orang lain untuk melakukan kebaikan.

Mendonorkan darah, selain sebagai media untuk membantu orang lain juga sebagai sebuah aktivitas kesehatan pribadi yang anda lakukan. Banyak sekali manfaat dari donor darah. Pertama, dengan mendonor darah anda akan mengetahui apakah anda tertular suatu jenis penyakit? Di sini mungkin dari anda donor pertama, pihak petugas unit transfusi darah tentu sebelum anda di perbolehkan mendonor, ada pemeriksaan beberapa skala kesehatan, layakkah anda mendonor? Berapa tensi darah saat itu? Dan apakah anda ada jenis penyakit menular yang anda derita. Itu akan terjawab pertama kali anda hendak mendonor darah.

Selanjutnya, donor darah juga dapat menciptakan sel darah baru. Beberapa dokter yang daya konsultasi terkait donor darah berpendapat bahwa, dengan adanya sel darah yang baru ini dapat mencegah terjadinya perpecahan pembuluh darah dari sumbatan sel darah yang membeku di dalam saraf otak. Kemudian selain dua di atas, mendonorkan darah juga berfungsi untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Donor darah dapat membantu mencegah dari penyumbatan aliran darah sehingga jantung dapat bekerja dengan baik, mencegah strok, meminimalisir resiko kangker, dan sebagainya. Satu hal lagi. Anda tentu harus bangga ketika dokter mengijinkan anda untuk mendonorkan darah. Mengapa? Karena tidak semua orang bisa melakukan donor darah.

Best Regards @nasrud

About me, Click Here

Salam hormat saya kepada: @anroja, @heriadi @ernaerningsih @nazarul @muzack1 @radjasalman, @mirzamg, @ridwant dan seluruh pengguna steemit lainnya.

DQmbpixtMR8w2rju5asRGqJx79XdetEEVDKudwu7vxsmggA.png

DQmTdwdpHjJaonz4DFfRX65wid6dytDDZJzwccE1K2YuNJj_1680x8400.png

Sort:  
 3 years ago 

Donordarah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita dengan donor darah dapat juga membantu orang di sekitar kita, setetes darah sangat berharga bagi orang yang membutuhkannya. Salut bang @nasrud semoga terus menjadi pribadi yang berguna bagi orang sekitarnya

Amin. Thnks @emirzafirdaus sudah berkunjung dan membaca blog saya.

 3 years ago 

Sama-sama bang @nasrud, saya tunggu postingan nya yang terbaru nantinya

Siap bung @emirzafirdaus

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66094.73
ETH 3446.09
USDT 1.00
SBD 2.66