The Diary Game 18 April 2023 | Dua Hari Bolak-balik Verifikasi BerkassteemCreated with Sketch.

in Steem SEAlast year

KARENA gagal pada hari sebelumnya, maka saya harus menuntaskan keesokannya. Tujuan utama adalah ruang pelayanan LPSE di LPSE di komplek Kantor Gubernur Aceh What3words.com. Tak ingin terulang kejadian sebelumnya, maka saya pun datang lebih cepat.

18 April.png
Desain by Canva

Pukul sembilan pagi lewat saya sudah menunggu di ruang tunggu. Ruangan sedikit sepi. Di ruang pelayanan LPSE, seorang pria sedang berurusan dengan petugas, Sepertinya sama dengan saya. Akhirnya saya menunggu di ruang tamu. Sejurus kemudian, saat pria tadi keluar saya langsung masuk tanpa menunggu dipanggil. "Saya ingin verifikasi berkas," tukasku pada peremuan semampai itu.

Setelah membolak-balik sejumlah lembaran kertas, bibirnya bergerak. "Ini masih salah," sembur dia yang seketika membuatku kembali kecewa. Dia minta untuk diperbaiki. Lalu, dia minta KTP dan NPWP asli. "Akte asli juga," perintah dia lagi.

IMG20230418151549.jpg
Kantor Gubernur Aceh terlihat dari kejauhan

Walah, semangat saya makin turun. Karena semua yang dia minta, cuma akta asli yang tak terbawa. Untuk mempercepat persoalan, saya berdalil. Tapi, teman Anda kemarin bilang, dua lembaran terakhir tak perlu di isi, dia hanya minta fotocopy KTP pengurus atau yang tertera di akta," sebut saya.

Pria kemarin yang melayani saya di ruang yang sama bernama Akbar. Dia yang menjelaskan. Saya ingat apa saya yang harus diperbaiki. Ternyata hari ini, lain petugas lain pula persyarakat. Sambil menjelaskan berkas-berkas itu, dua temannya yang duduk di meja sebelah, sudah bersiap-siap belanja.

Keduanya, nyaris membujuk si perempuan depan saya. Namun, dia bersikukuh tak bisa berangkat, karena memang sedang piket pagi itu. "Ya sudah, kalian berangkat duluan. Saya naik grab saja nanti. Tapi kalau Akbar sudah datang bisa sekarang," saya mendengar pembicaran mereka bertiga.

"Ok, ini akan saya perbaiki segera. Saya pulang ambil akte sekalian saya perbaiki tanggal di lembaran pertamanya," ujar saya "mengunci" dia agar tidak tergoda berangkat bareng temannya ke pasar. Jika dia jalan-jalan ke pasar, alamat berkas saya tak kelar.

IMG20230418100514.jpg
Di lobi gedung LPSE yang terletak di belakang gedung A

Lagi pula, jika menunggu jam dua siang, bisa bernasib seperti sebelumnya. Akhirnya dia pun setuju. Sialnya, dia pun memberi tenggat waktu. "Berkasnya harus dilengkapi sebelum jam 12 siang ini ya...," tukas dia seperti terdengar vonis hakim bagi para tersangka.

Tak ada pilihan lain, saya pun setuju. Tapi menunggu lebih lama, saya pun bergegas pulang lagi. Tiba di rumah, seketika mencari berkas. Mendapati akte dalam map plastik. Lalu saya buka laptop mengedit beberapa poin yang salah. Termasuk menambah dua lembaran lagi.

Akhirnya, belum 10 menit kelar. Lalu, saya tancap gas lagi. Ke kantor gubernur Aceh. Tapi sebelum ke sana, saya singgah dulu di toko rental komputer dan foto copy. Selesai print saya lihat pencatat waktu di smartphone sudah pukul 11.42 WIB. Artinya, saya masih punya lebih kurang 20 menit lagi.

Selesai di toko rental yang persis berada di samping Hotel Hermes Palace itu What3words.com, saya bergerak dengan cepat ke titik sasaran. Tiba di ruang yang 30 menit lalu saya tinggali, ternyata sudah kosong. Tapi, di ruang sebelah yang berdampingi terdengar ada suara perempuan. "Sedang istirahat kayaknya, ini lagi puasa," gumam saya.

Setelah memberi salam dengan suara yang saya tinggikan, akhirnya perempuan tadi keluar. Telontar gumam yang saya tangkap sepertinya dia kecewa, saya datang seperti janji. Sebelum jam 12 siang. Akhirnya dia pun memerika berkas saya, termasuk akte asli. "Ini namanya tidak ditulis lengkap," protes dia.

can.jpg
Menanti di ruang tunggu depan ruang pelayanan LPSE

Saya pun kembali memberi penjelasan, akhirnya dia pun segera memverifikasi berkas saya. "Akunnya sudah aktif. Kalau masih ada yang kurang bisa lihat di Youtube juga. Untuk mensinkronkan data dengan SIKaP," sebut dia. SIKaP itu adalah Sistem Informasi Kinerja Penyedia. Detailnya bisa baca di sini

Setelah tuntas, saya minta izin foto selfi. Saya jelaskan maksud dan tujuan. Ternyata dikeberatan, takut ditulis sisi negatifnya. Saya jelaskan panjang lebar tujuan ambil gambar sehingga menjadi ajang promosi Steemit. Namun, dia tetap menolak di foto. Dia mau meja kerjanya saya foto selfi, tapi harus mendapat izin dari atasannya.

Karena tak ingin menuggu lagi dan ribet menjawab pertanyaan macam-macam, akhirnya saya batalkan ambil foto untuk bukti bahwa saya sudah berurusan dengan LPSE. Dengan kecewa saya kembali pulang, melanjutkan beberapa tugas yang belum tuntas.

Tiba di rumah sudah waktu ibadah zuhur. Kemudian saya lanjutkan membuat postingan untuk steemit serta mengedit beberapa laporan untuk media tempat saya bekerja. Panasnya matahari di luar membuat Selasa itu membara. Di dalam rumah pun tidak cukup pakai satu pendingin ruangan.

IMG20230418174932.jpg
Mengantar Fathie Cs ke tempat kerja mamaknya

Karena kelelahan saya istirahat. Baru terbangun sudah pukul 16.37 WIB. Selesai shalat Ashar, kami bersiap-siap ke rumah sakit. Saya harus mengantar anak-anak, Fathie, Ghazi dan Gulfam ke tempat kerja ibunya. Kebetulan jam masuk kerja siang, jadi di rumah sakit itu sampai delapan malam.

Saya memilih antar mereka ke sana, karena ada agenda buka puasa bersama salah satu pemodal Persiraja, Irvan Yunus. Saat saya tiba sudah ada mantan asisten Pelatih Persiraja, Teuku Ade Ferdian dan Teuku Helza Rahmad. Meja kami khusus untuk empat orang. Posisinya di pinggiran.

Warung Makan Lem Bakri, di Lamteh, Banda Aceh What3words.com cukup padat. Semua kursi terisi. Yang tersisa hanya ruas untuk space keluar masuk atau lalu lalang pramusaji. Selesai buka puasa dan ibadah Magrib, kami duduk diskusi ringan. Baru pukul delapan malam, kami bubar.

20230418_183737.jpg
Kami buka puasa berempat di Lem Bakri, Lamteh

Saya ke rumah sakit menjemput lagi para buah hati. Jam sebilan kurang lima belas menit kami sudah ada di rumah. Selesai shalat Isya melanjutkan lagi duduk depan laptop. Kami ini tidak ke masjid shalat tarawih berjamaah. Hingga pukul 10 malam, baru berhenti dan istirahat.

Demikian kegiatan saya sepanjang Selasa 18 April 2023 lalu. Terima kasih atas waktunya, sudah membaca postingan saya ini. Tak lupa rasa terima kasih kepada Steem SEA khususnya Bang @anroja, @radjasalman, @waterjoe dan @herimukti.


Thanks to Steemian friends and the Steemit Team who always support me. I really appreciate it. Thank you for your time

Kind Regards @Munaa

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 58493.60
ETH 2468.39
USDT 1.00
SBD 2.41