Sambut Kemerdekaan Dengan Kontes 178 - Tahap Kedua : Kegiatan Positif dalam Menyambut Hari Kemerdekaan

in Steem SEA3 days ago (edited)

Blue Peach Aesthetic Summer Pool Photo Collage_20240817_232039_0000.png

Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sahabat steemian dimana saja kalian berada, terkhusus sahabat steemian di Steem Sea , saya berdoa supaya kalian semua baik-baik saja, begitu juga dengan saya Alhamdulillah baik - baik saja dan juga sehat jasmani dan rohani.

Baiklah dalam kesempatan ini saya ingin berpartisipasi dalam kontes yang sangat menarik menurut saya, kontes dengan tema Kegiatan dalam mengisi Hari Kemerdekaan. Saya juga ingin mengajak teman saya @fantvwiki @sriiza dan @dewirusli untuk dapat bergabung dengan saya dalam mengikuti kontes yang sangat menarik ini.

Pendahuluan

Hari ini , Sabtu 17 Agustus 2024 adalah hari yang saya tunggu-tunggu di bulan agustus. 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan untuk Negara Indonesia. Dimana pada hari ini seluruh rakyat Indonesia bisa menangis bahagia , terharu , dan larut dalam kebahagian, yang selama ini berabad sudah di jajah oleh kolonial Belanda yang sudah tak terhitung berapa jumlah korban akibat penjajahan perang demi kemerdekaan Indonesia.

Jadi, setiap tanggal 17 Agustus sudah sepatutnya lah kita sebagai warga Indonesia untuk selalu memperingati hari kemerdekaan kita, yang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan kita yang telah berjuang , yang rela gugur, rela anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda demi untuk melihat senyum bangsa Indonesia. Namun sayang dan sungguh di sayangkan, pada hari ini sebagian besar warga Indonesia belum sadar akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur, hal ini dibuktikan saat mengikuti upacara memperingati hari kemerdekaan, banyak diantara kita yang masih bermalas-malasan berdiri padahal hanya sesaat , masih banyak di antara kita yang masih berbicara , tertawa bahkan ada yang bergosip disaat mengikuti upacara.

IMG20240817.jpg

Terkadang hati ini ingin menjerit, ingin berteriak, pada mereka yang belum sadar akan makna hari kemerdekaan. Namun apa daya saya juga belum siap untuk dikatakan sok akan nasionalisme. Walaupun yang sebenarnya saya harus mengatakannya.

Pagi ini , pagi yang sudah lama saya tunggu akan kedatangannya, saya sangat senang dan bangga mengikuti upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia, dikarenakan pada hari tersebut banyak kegiatan yang ingin saya saksikan terutama pasukan paskibraka , dan juga setelah acara upacara banyak pertunjukan yang bisa kami saksikan di lapangan upacara.

Untuk menunggu hari ini saya sudah mempersiapkan baju KORPRI , baju model terbaru yang di gunakan oleh ASN seluruh rakyat Indonesia, baju ASN yang digunakan disetiap mengikuti upacara memperingati hari-hari besar Nasional. Namun awalnya saya bersedih , sepertinya untuk tahun ini saya gagal mengikuti upacara dikarenakan anak saya yang kedua bernama Umar sedang kurang sehat, semalam suhu badannya hangat, namun suami meyakinkan saya, tidak masalah ikut saja upacara, akan saya berikan obat jika suhu panas badannya meningkat. Alhamdulillah saya sangat bersyukur suami mau memahami saya dan membantu saya.

IMG20240817.jpg

Upacara hari ini pun berlangsung dengan sangat khidmat, pasukan paskibraka bergerak dengan gagahnya demi tegaknya bendera sang saka merah putih sebagai pertanda Indonesia telah merdeka. Indonesia sudah bebas dari para penjajah, Indonesia sudah tidak menangis, Indonesia sudah memiliki haknya sebagai Negara Kesatuan yang merdeka atas penjajahan yang dicatat oleh sejarah akan kelamnya penjajahan Belanda di masa itu.

IMG20240817.jpg
IMG20240817.webpIMG20240817.webp
Penampilan Drum Band Sanggar

Selesai mengikuti upacara, benar saja ada pertunjukkan yang bisa kami saksikan, di antaranya penampilan penyanyi solo cilik anak SLB , yang dengan merdunya menyanyikan lagu yang menyentuh hati. Kemudian pertunjukkan kolaborasi dari Sanggar Pocut Merah Intan dan Pocut Merah Insen , pertunjukan yang benar-benar menyentuh hati penontonnya. Yang mengisahkan kejadian penjajahan masa lampau yang sangat kelam.

IMG20240817.webpIMG20240817.webp
IMG20240817.webpIMG20240817.webp
IMG20240817.webpIMG20240817.webp

Adapun tujuan dari pertunjukan ini adalah untuk mengingatkan kepada kita sebagai bangsa Indonesia , Ayo, tanamkan jiwa nasionalisme pada diri kita, cintai negara kita, kenang dan berdoalah untuk para pahlawan kita yang telah gugur untuk melihat senyuman kita.

Setelah menikmati pertunjukan yang menyentuh hati itu, saya membuka pesan dari group WA, ada pesan dari Bapak Kepala sekolah saya yang sangat baik hati Bapak @radjasalman , beliau mengatakan setelah upacara jangan langsung pulang, kita foto bersama dulu di lapangan dan kemudian kita ke Cafe Bahari untuk makan siang bersama. Sungguh senang hati ini membaca pesan ini, kami dengan segera merapat ke tengah lapangan, tepat di depan tiang bendera sang saka Merah Putih kami berpose untuk menunjukkan sikap bahagia kami di hari kemerdekaan Indonesia.

IMG20240817.jpg

Selain foto bersama saya juga mengambil foto yang berpose sendiri.

IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg

Sepulang dari lapangan kami, tidak langsung ke Cafe Bahari karena undangan kami adalah undangan makan siang. Saya dan teman saya , yang saya panggil dengan sebutan Kak Sukma , kami ke pasar untuk membeli tas, tas yang akan kami kenakan besok untuk acara Karnaval.

Dalam perjalan menuju kendaraan kami melewati mesjid Agung Islamic Center , mesjid yang sangat megah yang ada di kota saya tinggal, yaitu Kota Lhokseumawe. Di saat melewati mesjid Islamic Center ada fotografer yang kami kenal, Ah,,,kami pun di tawarin untuk di foto, dengan senang hati kami menyetujuinya. Dengan gaya yang malu-malu akhirnya tercipta tiga pose foto kami.

IMG20240817.jpgIMG20240817.jpgIMG20240817.jpg

Sampai di toko tas kami sedikit bingung untuk memilih tas mana yang cocok untuk kami, hampir semua tas yang ada di toko tersebut kami sukai. Namun kami harus memilih tidak mungkin juga kami membeli semua. Hehehe
Akhirnya saya memilih satu tas, dan teman saya Kak Sukma membeli dua tas , karena dua-duanya dia suka.

IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg
IMG20240817.jpg
IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg
Makan Siang

Jam sudah menunjukkan pukul 10:50 , sudah saatnya kami menuju cafe Bahari untuk menghadiri undangan Bapak Kepala Sekolah kami yang baik hati. Di cafe bahari kami sangat menikmati makan siang kami dengan menu yang pas menurut saya. Terimakasih Bapak kepala sekolah untuk jamuannya, semoga mudah rezki dan berkah selalu rezekinya. AAMIIN...

IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg
IMG20240817.jpg

Setelah makan siang, saya dijemput oleh suami tercinta , awalnya saya khawatir ada apa dengan anak saya, apakah suhu panas badannya meningkat , dan Alhamdulillah bukan itu alasannya. Suami menjemput saya karena kepingin makan bakso pangsit, suami meminta saya untuk menemaninya makan, saya enggak mungkin makan lagi, masih sangat kenyang dengan jamuan makan siang tadi.

Sesampai di Bakso KoKo ternyata ramai sekali disana, tidak ada tempat untuk kami duduki, jadi kami hanya memesan untuk dibungkus dan dimakan di rumah saja. Kata suami siang ini kita tidak usah pulang ke rumah ya, kita di rumah mamak saja. Saya mah nurut aja , kasihan juga kalau pulang anak saya kepanasan. Akhirnya siang hari ini saya beristirahat di rumah mertua saya. Saya dan anak-anak tidur dengan sangat pulas, saya terbangun saat mendengar adzan ashar.

IMG20240817.jpg
Perlombaan

Kemudian Ibu mertua saya mengatakan, di lapangan di belakang rumah kita akan di adakan perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan. Wow,,, jiwa saya seakan meronta dan ingin menjerit, dengan spontan saya menjawab, saya mau ikut lomba buk. Kata mertua ayo cepat laksanakan shalat , setelah ashar acara akan segera di mulai. Saya pun bergegas mengambil air wudhu dan melaksanakan ibadah shalat ashar . Dan setelah shalat langsung menuju lapangan untuk mengikuti lomba. Saya juga belum ganti pakaian masih menggunakan pakaian saat upacara untuk mengikuti lomba.

Berikut ini beberapa perlombaan yang diadakan di kampung Hagu Selatan Dusun Meriam adalah sebagai berikut :

  1. Makan kerupuk anak-anak
  2. Makan kerupuk ibu-ibu
  3. Tepung estafet anak-anak
  4. Tepung estafet ibu-ibu
  5. Membawa botol anak-anak
  6. Membawa boto bapak-bapak
  7. Lomba kukur kelapa ibu-ibu
  8. Lomba lempar air pasangan suami-istri

Dari beberapa perlombaan di atas saya hanya mengikuti lomba tepung estafet. Dan Alhamdulillah kelompok kami mendapatkan juara 1. Hadiah yang kami terima dari panitia juga sangat bermanfaat. Panitia memilih hadiah yang bisa dimanfaatkan oleh para Ibu rumah tangga.

IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg
IMG20240817.jpgIMG20240817.jpg
Kesimpulan

Hari Kemerdekaan adalah hari peringatan penting yang menandai momen bersejarah ketika suatu negara mencapai kemerdekaan dan kedaulatan dari penjajahan. Biasanya dirayakan dengan berbagai acara dan upacara untuk menghormati perjuangan para pahlawan dan memperingati perjalanan bangsa. Hari Kemerdekaan juga moment dimana waktu untuk refleksi tentang nilai-nilai kemerdekaan, persatuan, dan identitas nasional, serta untuk memperkuat semangat kebangsaan dan solidaritas di antara warga negara.

Demikian partisipasi saya dalam kontes ini. Saya berharap ada komentar yang dapat membangun postingan saya. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih untuk yang telah membaca postingan saya dan yang telah mendukung postingan saya.

🙏salam sukses @megaaulia🙏

Note : beberapa gambar dari group WA sekolah

https://steemit.com/hive-172186/@megaaulia/intruduction-my-self-megaaulia-achievement-1

Sort:  
 3 days ago 

anda begitu semangat mengikuti lomba sampai meraih juara 1. sampai baju kopri tidak sempat anda ganti, walaupun rok penuh dengan tepung tapi tetap semangat 45 tidak pudar. sukses terus buat anda. good job....

 3 days ago 

😄
Semangat kemerdekaan,
Terimakasih kak, sudah mampir di postingan saya dan sudah memberikan komentar yang positif

 3 days ago 

sama-sama, patut di contoh semangat anda yang sangat awal tinggi dalam menyambut hari kemerdekaan.

 3 days ago 

Terimakasih 😄🫰

 3 days ago 

Ini yang patut di contoh, sangat hebat dalam melakukan Dirgahayu Indonesia ke 79. Penuh dengan bermacam kegiatan yang di lalui. Hingga mengikuti pesta rakyat yang di adakan dalam setahun sekali. Sangat luar biasa.

Sukses untuk anda buk.

 3 days ago 

Sebagai bentuk dari sikap nasionalisme Pak Bahrol, saya sangat menyukai segala bentuk perlombaan.
Terimakasih sudah memberikan komentar positif di postingan saya Pak Bahrol .

 3 days ago 

Wah asyik sekali bisa langsung makan bersama setelah upacara ya Bu.

 3 days ago 

Iya, Alhamdulillah, rezeki kami di hari kemerdekaan.
Terimakasih ya, sudah mampir dinpostingan saya 🙏

 3 days ago 

Terimakasih untuk team 5 untuk dukungannya 🙏

 3 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Beneficiary
burnsteem25
Status ClubClub100
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here
 3 days ago 

Terimakasih untuk verifikasinua 🙂

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 64182.74
ETH 2768.00
USDT 1.00
SBD 2.66