Kesabaran Dan Kerja Keras Ku Barakhir Dengan Keberhasilan.

in Steem SEA3 years ago

Apakabar steemian semuanya, semoga anda semua dalam keadaan baik-baik saja dan selalu dalam lindungan ALLAH SWT.

5% dari hasil artikel ini diberikan untuk donasi ke @steem.amal.

IMG_20210526_113339.jpg

Hari-hari sulit selalu menyelimuti pikiran ku, aku selalu gelisah dan selalu berpikir bahwa aku tidak akan bisa melewati hari-hari sulit ku. Aku hanya seorang pengembala sapi, itupun bukan milikku sendiri dan aku hanya bisa menerima upah yang sangat kecil dari pemilik sapi. Hari terus berlalu dan masa-masa sulit itupun seperti terus mengikuti ku, apakah sesulit ini hidup ku dan apakah hanya aku yang merasakan pedihnya hidup ini.

Tetapi aku tidak akan berhenti disini untuk terus mengeluh dengan kehidupan ku yang seperti ini, tetapi aku tidak akan peduli dengan sulitnya hidup yang ku rasakan dan mungkin ini menjadi pengalaman hidup yang selalu harus ku ingat. Aku mulai berpikir untuk bisa menghemat upah yang ku terima dari pekerjaan ku sebagai pengembala sapi, aku ingin berjuang untuk itu dan terus semangat untuk memperjuangkan niat ku untuk merubah kehidupan ku.

IMG_20210526_113335.jpg

Aku harus rajin bangun pagi, aku juga harus benar-benar mengatur waktu ku untuk mencari pekerjaan sampingan yang mengahasilkan dan aku ingin mencoba menanam rumput untuk umpan sapi yang aku jaga. Karena yang punya sapi sering membeli rumput untuk umpan sapi nya ditempat penjual rumput dan ini sangat membantu aku untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Aku mulai mencari bibit rumput dari bekas umpan yang ada dikandang sapi yang aku jaga dan aku memilih bagian rumput yang masih bagus disana.

IMG_20210526_113355.jpg

Keesokan harinya, aku bangun pagi lebih awal dari biasanya yaitu sebelum subuh, bisa shalat dan lansung aku bisa membuka lahan untuk menanam rumput sebelum berangkat mengembala sapi. Siangnya, aku pulang ke rumah untuk makan siang dan aku menyempatkan beberapa menit waktu untuk menanam bibit rumput yang telah aku simpan dirumah. Aku bisa menanam beberapa batang bibit rumput setelah makan siang dan aku langsung bergegas pergi ketempat dimana sapi yang aku jaga.

IMG_20210526_115917.jpg

Sorenya, selepas aku bawa pulang sapi ke kandang dan aku menanam kembali rumput yang tersisa untuk aku tanam. Setiap hari aku merawat rumput yang aku tanam dengan menabur pupuk kandang untuk menghemat biaya perawatan.

IMG_20210526_113234.jpg

Beberapa bulan berlalu, rumput yang aku tanam mulai tumbuh subur dan dengan terlihat sangat hijau. Aku mulai senang melihatnya. Aku langsung kerumah yang punya sapi yang aku jaga untuk menawarkan rumput yang aku tanam dan mengatakan bahwa sekarang Abang jangan beli rumput ditempat lain karena sudah ada rumput pada ku. Abang itu respon dengan apa yang aku katakan dan Abang itu tidak harus pergi jauh untuk membeli rumput.

Akhirnya rumput ku dibeli untuk pertama kalinya, aku senang bisa mendapatkan penghasilan sampingan dan bisa menyimpannya untuk keperluan lain sebagai modal. Aku mulai manambah bibit rumput untuk aku tanam dan aku mempergunakan kebun saudara untuk menanam bibit rumput disana. Aku memiliki beberapa hektar lahan yang sudah dipenuhi rumput yang aku tanam sekarang. Rumput-rumput mulai tumbuh dengan subur dan aku tambah semangat merawatnya.

IMG_20210526_113251.jpg

IMG_20210526_113239.jpg

Beberapa bulan kemudian, aku memiliki beberapa orang pelanggan salah satunya Abang pemilik sapi yang aku jaga dan aku senang sudah mendapatkan penghasilan perbulan nya. Beberapa tahun kemudian, aku mendapatkan penghasilan yang sangat cukup dan bahkan aku senang bisa menyumbangkan sedikit dari penghasilan ku untuk membantu pembangunan musholla dikampung ku. Dari penghasilan yang aku dapat dari mengembala sapi dan dari penjualan rumput, aku membeli satu ekor sapi untuk aku pelihara. Aku mulai teringat dengan masa-masa sulit aku dulu dan aku akan mengingat masa-masa sulit yang pernah aku rasakan itu.

Aku merasa, dengan kesabaran ku, semangat ku, dan kerja keras aku bisa merubah masa-masa sulit ku dulu berubah menjadi lebih baik seperti sekarang ini. Aku bisa memperkejakan tetangga ku untuk merawat rumput dikebun yang memiliki luas berkisar lima hektar itu dan setidaknya aku bisa memberikan lapangan kerja buat mereka. Seiring berjalannya waktu, rumput yang aku tanam mulai ramai pembeli dan aku membeli beberapa hektar tanah dari uang hasil jual rumput untuk menanam rumput lebih banyak lagi.

Akhirnya aku bisa mendapatkan penghasilan yang besar perbulan nya dan aku mulai senang dengan keberhasilan dari kerja keras ku selama ini. Aku sangat berterima kasih kepada Abang pemilik sapi yang aku jaga dulu, tanpa dia aku tidak bisa seperti ini dan karena dia orang yang pertama membatu ku. Aku tidak akan melupakan orang yang pernah membantu ku disaat masa-masa sulit yang aku jalani.

Keberhasilan dan kesuksesan seseorang tidak mesti dengan modal besar. Kesuksesan seseorang bisa didapatkan dangan niat, kesabaran, semangat dan kerja keras. Putus asa bukan jalan yang tepat untuk dipilih, putus asa hanya membuat seseorang semakin terpuruk dan terjatuh. Kesuksesan seseorang hanya ada pada diri mereka masing-masing, bagaimana cara mereka memperjuangkannya dan bagaimana cara mereka untuk bersabar disaat masa-masa sulit itu tiba.

Terimakasih untuk hari ini dan Terimakasih telah membacanya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa menjadi bacaan yang positif untuk kita semua.

Salam saya

@love-peace.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 69264.29
ETH 3316.64
USDT 1.00
SBD 2.66