The diary game season-3 Better life, Wednesday, 14th of April, 2021/Aktifitas di rumah hari ke-2 puasa

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa di platform yang sangat luar biasa ini. Mengawali aktifitas di hari ke-3 bulan puasa, saya di bangunin oleh sang istri pada jam 03:00 wib. Pada awalnya sangat sulit untuk bangun namun saya tetap berusaha buka mata, bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi. Untuk menghilangkan rasa malas dan ngantuk itu saya masuk ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk.

Setelah berpakaian, saya masuk ke mushalla untuk tadarus di rumah bersama istri. Kami berkomitmen untuk selalu konsisten mengisi hari-hari dalam bulan Ramadhan yang penuh magfirah ini dengan bertadarus di rumah aja. Ketika jam menunjukkan pukul 04:00 wib, sang istri meninggalkan saya di mushalla dan beliau menuju ke dapur untuk mempersiapkan menu makan sahur. Sedangkan saya tetap melanjutkan tadarus. Tepat jam 04:25 wib, saya mengakhiri tadarus dan menuju ke kamar untuk membangunkan si kakak dan si Abang, agak lama juga saya harus mengetuk pintu kamar mereka dan setelah beberapa kali saya gedor pintunya akhirnya bangun juga.

Kemudian, mereka ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Di sisi lain sang istri lagi menyiapkan menu makan sahur ketika ada aba-aba makan sahur sudah siap, kami langsung menyantap makan sahur dengan hidangan yang sederhana. Memang pada malam awal-awal seperti ini tidak ada selera untuk makan lebih-lebih si Abang yang sangat malas makan tetapi setelah di kasih motivasi akhirnya lewat juga 1/2 piring. Setelah makan sahur, saya dan istri bersiap-siap untuk pergi ke mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Ketika hendak berangkat ke mesjid kami memesan kepada si kakak dan si Abang untuk tidak tidur sebelum shalat subuh.

Kami berangkat ke mesjid kira-kira 10 menit lagi akan azan, pas kami sampai di sana azan pun baru mulai. Selesai azan, saya shalat sunat fajar 2 raka'at setelah iqamah di lanjutkan dengan shalat subuh yang di imami oleh Tgk.Rifki. Selesai shalat di ikuti dengan wirit dan do'a. Kemudian, kami langsung pulang, tiba di rumah, anak-anak sudah pada tidur. Jadi kami langsung siap-siap untuk pergi jalan-jalan pagi. Beraktifitas di pagi yang udaranya masih segar membuat badan sehat dan pikiran menjadi segar.Kami tiap pagi bila ada kesempatan akan selalu rutin pergi jalan-jalan pagi, walaupun rutenya tidak terlalu jauh namun sudah memadai buat pembakaran lemak dalam tubuh.

Berolah raga kecil-kecilan sambil ngobrol, bercerita dan sesekali muncul gelak tawa dalam perjalanan itulah ciri khas aktifitas kami sehingga yang tadinya urat-urat tegang menjadi rileks kembali. Tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah. Tiba di rumah, ganti pakaian lalu saya pergi ke belakang untuk memberi umpan ayam dan ikan. Di belakang rumah saya menghabiskan waktu sekitar 30 menit bersama anak-anak ayam yang telah di tinggalkan oleh induknya karena mati. Kemudian, saya balik ke kamar, buka laptop melanjutkan pekerjaan perangkat pembelajaran yang belum selesai. Di sisi lain saya juga mendampingi si kakak belajar laptop.

Target saya dalam sebulan ini dia sekurang-kurangnya bisa mengoperasikan komputer word dan Excel. Sedangkan si Abang dan si Adek dengan seriusnya mereka bermain. Saya duduk di depan laptop hingga terdengar suara azan di mesjid. Tanpa terasa saya telah menghabiskan waktu begitu lama di depan laptop. Selesai azan, saya mengajak anak-anak untuk shalat Zuhur secara berjama'ah selanjutnya kami tidur siang. Tidur siang kali ini sangat pas karena si luar sana sedang gerimis. Tepat jam 15:00 wib, saya terbangun oleh suara sang istri, beliau minta izin untuk pulang ke rumah orang tuanya karena nanti kami sepakat buka puasa bareng di sana.

Karena suasana masih mendung saya lanjut lagi tidur sampai suara ngaji di mesjid terdengar, yang bertanda sekitar 15 menit lagi tiba waktu ashar, lalu saya beranjak dari tempat tidur ambil handuk menuju ke kamar mandi. Setelah selesai mandi, tidak lama kemudian suara azan berkumandang di mesjid dan saya minta sama si kakak untuk mandikan si Adek sedangkan si Abang sudah bisa mandi sendiri. Setelah semuanya sudah siap mandi, saya mengajak mereka untuk shalat berjama'ah. Setelah shalat, saya menyempatkan sedikit waktu untuk baca Alqur'an barang beberapa menit. Kemudian, saya melihat anak-anak pun sudah terlihat rapi dan wangi, itu bertanda mereka ingin pergi jalan-jalan sore.

IMG20210414171417.jpg
Suasana di kedai Matangkuli saat sore

Saya dan anak-anak pun berangkat, kami pergi ke arah barat sambil mengisi minyak honda beat di SPBU Blangjruen. Kami terlebih dahulu lewat Keude Matangkuli, di sini terpampang pemandangan di sepanjang jalan para pedagang musiman saling menjajakan beraneka macam kue dan minuman di atas meja. Kami terus melaju ke SPBU takut sampai di sana harus mengantri. Ketika tiba di sana perkiraan saya tidak meleset, kami harus mengantri sekitar 20 menit, akhirnya sampai giliran saya mengisi minyak tapi di belakang saya antrian masih sangat panjang dan saya memikirkan bagaimana nasib saudara saya yang sebentar lagi SPBU akan di tutup sedangkan mereka dalam keadaan berpuasa.

IMG20210414173229.jpg
Antrian pada saat mengisi minyak di SPBU Blangjruen

Kemudian, kami melanjutkan perjalanan pulang melalui simpang rangkaya. Tiba di situ, betapa sadisnya suasana di jalanan sepanjang jalan di penuhi oleh orang-orang yang lalu lalang sehingga tepatnya di simpang tiganya terjadi kemacetan yang sangat panjang. Kami harus menunggu hampir 15 menit untuk bisa lepas dari kemacetan tersebut. Kemudian, kami dengan tancap gas kami balik karena rumah mertua untuk buka puasa bersama. Tiba di rumah, hanya sekitar 10 menit kami duduk-duduk di teras depan, terdengar bunyi sirine dari mesjid bertanda saatnya berbuka puasa. Kami sekeluarga besar dari pihak istri duduk mengelilingi makanan yang telah di sediakan, Alhamdulillah kami bisa menikmati rezeki yang berikan kepada keluarga besar kami mudah-mudahan berkah.

IMG20210414175203.jpg
Saat terjadi kemacetan di simpang empat Simpang Rangkaya

Ada yang makan nasi dulu dan ada yang menyantap makanan ringan terlebih dahulu. Menu buka puasa hari ini, yaitu air strawberi, teh manis, air putih, kolak putu, buah kurma, timphan dll. Setelah buka puasa, kami shalat magrib berjama'ah. Pada shalat magrib kali ini si Adek juga ikut shalat malahan dia yang duluan siap. Selesai shalat, kami istrirahat sejenak ketika mau azan, saya dan istri langsung pergi ke mesjid untuk shalat tarawih. Tepat jam 19:40 wib kami pergi ke mesjid, tiba di sana sudah banyak jama'ah yang hadir tapi pada malam ini sudah ada pengurangan jumlah.

Shalat tarawih pada malam ini di imami oleh Tgk.Hafiz Almansuri. Beliau merupakan mantan anak didik saya dan termasuk Qari terbaik juga tingkat propinsi. Suaranya sangat merdu ketika membacakan ayat-ayat dalam shalat walaupun panjang tidak terasa bosan karena kita terkesima dengan indah alunan nadanya tapi beliau sekarang telah menjadi seorang yang bisa tampil di depan. Di awali dengan shalat isya lalu shalat tarawih dan shalat witir serta yang terakhir wirit dan do'a. Setelah selesai, kami pun pulang. Tiba di rumah tepat jam 22:30 wib. Demikianlah diary saya pada hari ini, saya mohon pamit sampai jumpa.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1, pak @fackrurrazi yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  

Tulisannya super panjang, kalau saya butuh dua hari menulis sepanjang ini.

Succes

Yach, coba-coba aja gitu....

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59404.52
ETH 2610.92
USDT 1.00
SBD 2.41