The diary game season-3 Better life, Thursday, 18th of March, 2021/Simulasi UNBK di sekolah

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang hebat dan bersahaja salam jumpa di flatform yang sangat luar biasa ini. Mengawali aktifitas di hari ini, saya bangun pada jam 05:00 wib agak lebih awal karena sekarang waktu subuh lebih cepat 10 menit, walaupun sudah terbiasa bangun pagi namun tetap saja pada awalnya sangat sulit untuk bangun. Namun saya tetap berusaha bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi. Untuk menghilangkan rasa malas dan ngantuk itu saya masuk ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk.

Selanjutnya menuju ke Mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Pada pagi ini shalat subuh di imami oleh Tgk.H.M.Yunus. Selesai shalat di lanjuti dengan wirit dan do'a. Kemudian, saya dan istri langsung pulang tapi ada sebagian jama'ah yang mengikuti pengajian rutin. Tiba di rumah, kami ganti pakaian dan langsung pergi jalan-jalan pagi. Menghirup udara yang masih segar di pagi hari membuat kita jadi sehat apalagi di daerah kami di kelilingi oleh tanaman padi yang menghijau.

Kami tiap pagi bila ada kesempatan akan selalu rutin pergi jalan-jalan pagi, berolah raga kecil-kecilan sambil ngobrol dan tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah. Tiba di rumah, ganti pakaian dan kami sama-sama ke dapur untuk mempersiapkan sarapan pagi. Tugas saya pada pagi ini membuat teh manis. Menu sarapan kali ini nasi goreng putih, udang sambal, dan kerupuk. Sebelum sarapan, saya terlebih dahulu memberi makan ikan. Setelah sarapan, saya mempersiapkan diri untuk siap-siap berangkat ke sekolah. Hari ini saya berangkat ke sekolah jam 07:00 wib.

Tiba di sekolah, saya langsung parkir honda dan langsung menuju ke pintu gerbang depan untuk menyambut kehadiran siswa. Ada beberapa siswa yang kedapatan masih mencoba untuk melanggar kedisiplinan tata tertib yang berlaku di sekolah kami, tapi dengan sigap dan cekatan saya langsung menegur mereka untuk selalu mematuhi peraturan sekolah. Tepat jam 07:30 wib bel berbunyi. Siswa yang masih jauh saya kasi kode mempercepat jalannya supaya tidak terjaring di luar pagar. Saya pun beri mereka waktu jeda sekitar 15 menit karena tepat jam 07:45 wib pintu pagar di tutup oleh petugas satpam.

IMG20210318103122.jpg
Siswa sedang mengikuti simulasi UNBK di laboratorium komputer

Lima belas menit kemudian,pintu pagar di buka kembali. Tiap hari selalu ada siswa yang terlambat dan kami pun sebagai pemegang wewenang tidak bosan-bosannya untuk membimbing dan mengarahkan mereka supay tidak terlambat. Betapa terkejutnya saya sekitar jam 08:15 wib, saya di telepon oleh pak Ridwan. Beliau kepala SMA bahwa ada 3 siswa SMP yang berusaha panjat pagar belakang dan telah tertangkap basah. Setelah di kasih nasehat oleh beliau anak-anak tersebut di serahkan kepada saya. Untuk tindakan lanjutan saya menekan kan untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut dan saya buat perjanjian dalam buku kasus siswa bahwa apabila diulangi akan di beri sanksi di keluarkan dari sekolah.

IMG20210318083048.jpg
Tiga orang siswa yang mendapatkan bimbingan khusus pada pagi ini

Setelah saya tulis isi perjanjiannya, saya suruh baca satu persatu dan saya suruh tanda tangan dan besok saya panggil orang tuanya. Sesaat kemudian bel berbunyi tanda ganti pelajaran jam ke 3, ini berarti giliran saya masuk kelas. Hari ini saya mengajar di kelas VII/1, proses belajar pada hari ini sangat menyenangkan karena sambungan dari materi yang kemarin. Jadi materinya masih mudah diingat oleh siswa. Tepat jam 10:00wib, bel tanda istirahat berbunyi. Setelah saya beri penguatan materi dan membuat kesimpulan bersama siswa kami pun keluar istirahat. Setelah saya letakkan buku di atas meja, saya lanjut ke ruang laboratorium komputer untuk melihat dan mengontrol kelancaran proses simulasi UNBK untuk tahun ini.

Hari ini ada dua sesi yang di buat maka selesai acaranya tepat jam 11:50 wib. Simulasi ini di buat dengan tujuan untuk mengetahui ketahanan server pada saat ujian yang sesungguhnya. Setelah itu saya duduk dengan kepala sekolah dan dua orang proktor ruangan untuk membahas tentang penambahan daya internet yang masih kurang maksimal karena tadi pada saat login aplikasinya agak lambat dan kurang lancar maka kami memutuskan untuk ke depannya solusinya penambahan daya internet di kedua ruangan tersebut. Tepat azan berkumandang di mesjid, kami pun bubar dan pulang, sedangkan saya langsung pergi ke mesjid untuk shalat di sana. Selesai shalat, saya pulang dan sampai di rumah ganti pakaian langsung makan siang. Kemudian, saya mengajak anak-anak untuk istirahat tidur siang.

Karena badan terlalu lelah mungkin, saya bangun sudah kesorean yaitu pada jam 16:00 wib. Awalnya agak sulit melawan rasa ngantuk tapi karena teringat belum shalat maka saya harus bangun. Bangkit dari tempat tidur langsung mandi dan shalat ashar kemudian istri saya mengajak ke Lhoksukon untuk jalan-jalan sore sambil kepingin makan mie rebus aceh di tempat biasa kami sering mampir. Tiba di tempat, kami pesan 3 porsi. Si abang dan si adek makan dengan lahabnya karena sudah agak lama sih ngak ke sini. Setelah menikmati mie aceh kami langsung pulang karena waktu sudah hampir magrib.

IMG20210318181943.jpg
Menikmati mie aceh ala Ayah Din

Tiba di rumah azan magrib pun terdengar di mesjid. Selanjutnya, kami mengambil wudhuk dan shalat berjam'ah di rumah. Kemudian, saya mendampingi si adek belajar iqra'. Tidak lama kemudian tiba waktu shalat isya dan saya pun shalat. Karena perut masih kenyang saya rampungkan diary untuk hari ini. Karena diarynya sudah selesai, saya pun mohon pamit sampai jumpa.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59484.75
ETH 2614.53
USDT 1.00
SBD 2.41