The diary game season-3 Better life, Thursday, 15th of April, 2021/Aktifitas di hari-3 Ramadhan

in Steem SEA3 years ago (edited)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa di platform yang sangat luar biasa ini. Mengawali aktifitas di bulan puasa di hari ke-3, saya di bangunin oleh sang istri pada jam 03:00 wib, karena sudah saya amanahkan agar sahurnya lebih awal. Pada awalnya sangat sulit untuk bangun namun saya tetap berusaha buka mata, bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi. Untuk menghilangkan rasa malas dan ngantuk itu saya masuk ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk.

Setelah berpakaian, saya masuk ke mushalla untuk tadarus di rumah bersama istri. Kami ingin mengisi hari-hari dalam bulan yang penuh magfirah ini dengan sesuatu yang bermanfaat. Jadi kami sepakat untuk tadarus pada 1/3 malam akhir di rumah. Ketika jam menunjukkan pukul 04:00 wib, sang istri meninggalkan saya di mushalla dan beliau menuju ke dapur untuk mempersiapkan menu makan sahur. Tepat jam 04:30 wib, saya mengakhiri tadarus dan menuju ke kamar untuk membangunkan si kakak dan si Abang, yang namanya anak-anak saya harus bangunin mereka beberapa kali dan akhirnya berhasil juga.

Lalu saya giring mereka ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Kemudian, karena menunya pun sudah siap tersedia maka kami tinggal menyantap makan sahur dengan hidangan yang sederhana. Masih seperti malam yang lalu mood untuk makan belum jalan namun kerena niat untuk puasa besok maka akhirnya dengan sedikit di paksakan habis satu piring. Setelah makan sahur, saya dan istri bersiap-siap untuk pergi ke mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Ketika hendak berangkat ke mesjid kami selalu mengingatkan kepada si kakak dan si Abang untuk tidak tidur sebelum shalat subuh. Kami berangkat ke mesjid kira-kira 10 menit lagi akan azan, pas kami sampai di sana baru mulai azan.

Selesai azan, saya shalat sunat fajar 2 raka'at kemudian di lanjutkan dengan shalat subuh yang di imami oleh Tgk.H.M.Yunus. Selesai shalat di ikuti dengan wirit dan do'a. Kemudian, kami langsung pulang, tiba di rumah, anak-anak sudah pada tidur. Jadi kami langsung siap-siap untuk pergi jalan-jalan pagi. Beraktifitas di pagi yang udaranya masih segar membuat badan sehat dan pikiran menjadi segar. Kami akan selalu rutin pergi jalan-jalan pagi, walaupun rutenya tidak terlalu jauh namun sudah memadai buat pembakaran lemak dalam tubuh. Sedikit berolah raga sambil ngobrol, bercerita dan sesekali muncul gelak tawa dalam perjalanan itulah ciri khas aktifitas kami sehingga yang tadinya urat-urat tegang menjadi rileks kembali.

IMG20210415060920.jpg
Suasana saat jalan-jalan pagi

Tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah. Tiba di rumah, ganti pakaian lalu saya pergi ke belakang untuk memberi umpan ayam dan ikan. Di belakang rumah saya menghabiskan waktu sekitar 30 menit bersama anak-anak ayam yang telah di tinggalkan oleh induknya karena mati. Kemudian, saya balik ke kamar berpakaian dengan rapi lalu pergi ke sekolah untuk mempersiapkan berkas sertifikasi. Tiba di sekolah, saya melihat beberapa orang ibu guru yang lagi sibuk mempersiapkan pemberkasan. Setelah siap pemberkasan sertifikasi, kami ada rencana untuk pergi ta'ziah ke rumah salah ibu guru yang orang tuanya meninggal tiga hari yang lalu. Tepat jam 10:00 wib, kami pergi ke rumah duka bersama-sama.

IMG20210415095140.jpg
Di kantor TU mempersiapkan berkas sertifikasi

Tiba di sana kami di sambut oleh ibu Salbiah dan keluarganya. Kemudian, kami mulai samadiah yang di pimpin oleh Tgk. Ibrahim, beliau guru agama lulusan Pesantren. Selesai samadiah di rumah Ibu Salbiah, kami lanjutkan perjalanan ta'ziah ke rumah Ibu Nurlina karena Abang kandungnya meninggal tujuh hari yang lalu. Tiba di rumah duka kami pun di sambut oleh keluarga beliau dengan dengan yang sangat terharu. Kemudian, giliran Tgk. Nurdin yang memimpin samadiah, beliau juga guru agama di sekolah kami. Selesai acara, kami langsung pulang. Saya sebelum pulang ke rumah singgah di Mesjid Alkhalifah Ibrahim untuk shalat Zuhur karena sekitar 10 menit lagi akan azan. Saya langsung aja masuk ke pekarangan mesjid, di sana saya jumpa dengan kawan yang duduk di teras.

IMG20210415105413.jpg
Takziah di rumah orang tua ibu Salbiah

Kami pun ngobrol sebentar sambil menunggu azan. Tidak lama kemudian, Muazin azan dan kami segera ambil wudhuk dan shalat qabliah dua raka'at. Kemudian shalat Zuhur yang di imami oleh Tgk. Fadli. Setelah shalat, saya langsung pulang. Tiba di rumah, saya menanyakan pada anak-anak sudah shalat, kalau sudah mari tidur siang. Tepat jam 15:20 wib, saya terbangun di karenakan suara ngaji di mesjid yang bertanda sekitar 15 menit lagi tiba waktu ashar, lalu saya beranjak menuju ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Kemudian, saya duduk di teras sambil buka hp untuk membaca berita keadaan dunia terupdate. Tidak lama kemudian suara azan berkumandang di mesjid, saya langsung pergi mandi, berwudhuk dan shalat ashar.

Setelah shalat, saya menyempatkan sedikit waktu untuk baca Alqur'an barang beberapa menit. Kemudian, Saya di ajak oleh istri untuk pergi jalan-jalan sore sambil beli bahan buka puasa karena anak-anak pingin buka puasa dengan sate. Sebagai kepala keluarga yang bijak atas permintaan yang baik bisa di pertimbangkan. Saya dan istri pun berangkat, kami pergi ke Lhoksukon dengan Honda, tiba di sana kami harus mengantri karena banyak pembeli yang telah duluan sampai. Kami pesan 2 bungkus sate kacang dan 2 bungkus sate Padang. Lalu kami beli jus mangga untuk buka puasa dan buah semangka serta buah jeruk. Kemudian, kami pulang karena hampir waktu buka puasa. Tiba di rumah, sekitar 5 menit lagi waktu berbuka.

IMG20210415174540.jpg
Suasana pasar di Lorong 3 Lhoksukon

Saya sangat bersyukur atas karunia yang Allah berikan bahwa hari ini Alhamdulillah semua anggota keluarga full puasanya kecuali si adek. Ketika 1 menit lagi hendak berbuka kami duduk mengelilingi makanan yang telah tersedia. Menu buka puasa untuk hari ini, yaitu jus mangga, air tebu, air putih, sate, kue lumpang dan buah-buahan. Setelah bunyi sirene di mesjid, kami pun dengan santai namun pasti menikmati rezeki yang Allah SWT berikan untuk berbuka puasa pada hari ini dan Alhamdulillah berkat. Selesai berbuka tiba waktunya untuk shalat. Penyakit lama pun kambuh lagi ketika saya ajak shalat si adek bilang ngak sanggup shalat besok aja. Selanjutnya, kami segera melaksanakan shalat magrib berjama'ah.

Selesai shalat, kami istrirahat sejenak ketika mau azan, saya dan istri langsung pergi ke mesjid untuk shalat tarawih. Tepat jam 19:40 wib kami pergi ke mesjid, tiba di sana Masya Allah.... jama'ah pada malam ini sudah berkurang lagi tidak seperti malam-malam yang lalu. Shalat tarawih pada malam ini di imami oleh Tgk. Aiyub. Beliau merupakan salah seorang Qari terbaik Aceh Utara. Suaranya sangar merdu ketika melantunkan ayat-ayat dalam shalat walaupun panjang tidak terasa karena terhipnotis dengan indahnya alunan nada yang di lantunkan dengan jenis irama tilawah. Di awali dengan shalat isya lalu shalat tarawih dan shalat witir serta yang terakhir wirit dan do'a. Setelah selesai, kami pun pulang. Tiba di rumah tepat jam 22:20 wib. Demikianlah diary saya pada hari ini, saya mohon pamit sampai jumpa.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1, pak @fackrurrazi yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  

Saya salut dengan pak Indra, meski sesibuk apapun, namun tetap sempat sholat ke Mesjid. Sangat inspiratif sekali pak.

Semoga sehat selalu, agar terus bisa berbagi keseharian bersama kami.

Succes

 3 years ago (edited)

Alhamdulillah moga demikian hendaknya, sukses juga untuk pak fackrurrazi

Sama-sama pak Indra 😊

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59404.52
ETH 2610.92
USDT 1.00
SBD 2.41