The diary game season-3 Better life, Monday, 29th of March, 2021/Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan hal-hal yang kecil

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa di platform yang hebat ini. Mengawali aktifitas di hari ini, saya bangun tidak seperti biasanya yaitu pada jam 04:00 wib, kami bangun lebih awal karena hendak makan sahur untuk menunaikan puasa sunat di bulan Sya'ban. Walaupun sudah terbiasa bangun pagi namun tetap saja pada awalnya masih ada terbesit rasa malas dan rasa ngantuk apalagi dengan suasana udara yang sejuk seakan-akan tak mau berpisah dengan bantal guling dan selimut.

Namun saya tetap berusaha bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi untuk bersih-bersih lalu saya menemani sang istri yang lagi menyiapkan masakan untuk sahur. Saya hanya bisa membantu membuat air teh manis. Tidak lama kemudian, kami sama-sama makan sahur dengan menu yang sangat sederhana. Selesai makan sahur, saya mengambil handuk menuju ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk. Selesai berpakaian, selanjutnya saya dan istri menuju ke Mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Tiba di sana, saya shalat sunat qabliah dua raka'at lalu duduk niat i'tikaf sebelum waktu shalat subuh.

IMG20210329062904.jpg
Panorama di saat jalan-jalan pagi

Jama'ah di mesjid memang selalu ramai tiap waktu shalat tak kecuali pada saat subuh. Pada pagi ini shalat subuh di imami oleh Tgk.H.M.Yunus. Selesai shalat di lanjuti dengan wirit dan do'a. Selesai shalat, saya dan istri langsung pulang. Tiba di rumah, kami ganti pakaian dan langsung pergi jalan-jalan pagi. Sambil menghirup segarnya udara pagi, kami bisa berolah raga kecil-kecilan dan sambil ngobrol. Untuk menjaga agar badan sehat bisa di mulai dengan hal-hal yang kecil. Karena terlalu asyik jalan tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah. Tiba di rumah, saya membangunkan anak-anak. Selanjutnya, saya arahkan ke kamar mandi.

Setelah mandi si abang langsung shalat subuh dan saya membereskan si adek untuk pakai baju. Kemudian, saya pergi ke belakang memberi makan ikan. Selanjutnya, saya mempersiapkan diri untuk siap-siap berangkat ke sekolah. Hari ini saya berangkat ke sekolah jam 07:00 wib. Tiba di sekolah, saya melihat petugas kebersihan sekolah sedang membersihkan dan menyapu di depan kantor kepala sekolah dan Pak Kamaruddin sedang menuju ke pintu gerbang untuk menyambut kehadiran siswa. Sebelum waktu upacara tiba, saya terlebih dahulu harus mempersiapkan peralatan untuk upacara. Untuk kelancaran proses persiapan alat upacara pada hari ini, saya di bantu oleh dua orang siswa yang saya panggil ketika mereka melintas di depan kantor.

IMG20210329081009.jpg
Suasana upacara

Saya mulai memasang dan menyetel alat-alatnya, tidak membutuhkan waktu yang lama semuanya ok. Kemudian bel pun berbunyi bertanda masuk. Semua siswa berkumpul dan berbaris di halaman sekolah menurut kelasnya masing-masing. Untuk lebih cepatnya pelaksanaan uacara, saya dan beberapa guru langsung turun tangan membantu ketua kelas meluruskan barisan supaya upacara bisa di mulai. Setelah semuanya beres dan petugas pun siap maka upacara dimulai. Yang menjadi pembina upacara pada Senin ini yaitu ibu Ummi Habibah. Pada giliran amanat upacara intinya beliau menekankan pada siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan.

Serangkaian agenda dalam tata tertib upacara selesai maka upacara pun selesai dan barisan di bubarkan oleh pemimpin upacara. Selanjutnya, pak Kamaruddin mengarahkan seluruh siswa untuk masuk ke kelasnya masing-masing. Sedangkan saya membereskan peralatan upacara dengan di bantu oleh dua orang siswa dan menyimpan ke kantor TU. Selesai membereskan semuanya, saya kembali ke kantor guru dan disana saya membuka laptop untuk mempersiapkan dan menyusun bahan ajar untuk besok. Tepat jam 11:00 wib, saya mendapatkan panggilan telepon dari bendahara, beliau minta saya untuk mengklarifikasi tentang nama-nama siswa yang pantas mendapat beasiswa.

Setelah saya telusuri dari data-data yang akurat dan akuntabel maka semua siswa dan siswi yang tercantum namanya di lampiran tersebut layak menerima beasiswa. Setelah urusan dengan bendahara selesai, saya pun kembali ke kantor guru untuk melanjutkan pekerjaan yang tertunda tadi sampai pulang sekolah. Sebelum pulang, saya menyempatkan diri keliling sekolah untuk mengawasi supaya jangan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, setelah semuanya aman, saya pun langsung pergi ke mesjid untuk shalat Zuhur. Setelah shalat, saya duduk istirahat sejenak di teras mesjid sambil menikmati panorama di sekitaran dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi.

Tepat jam 13:20 wib, saya pulang, tiba di rumah semua anggota keluarga telah tidur siang dan saya langsung ganti pakaian lalu saya pun ikut nimbrung tidur siang. Bangun tidur siang tepat jam 15:50 wib, lalu saya ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Kemudian saya duduk di dapur bersama sang istri yang dari tadi berada di sana untuk menyiapkan bahan buka puasa. Untuk partisipasi kerjasama dalam keluarga, saya mengupas dan mengukur kelapa untuk buat bahan buka puasa. Menu buka puasa hari ini yaitu jus alvocado, dan kolak nangka+pulut. Ketika suara azan, saya langsung mandi dan berwudhuk.

Selanjutnya, saya shalat ashar di mushalla. Untuk mengisi waktu senggang, saya dan keluarga hanya duduk di teras rumah karena sore ini dari jam 15:00 cuaca mulai mendung dan tiupan angin agak kencang. Tepat jam 16:40 wib, hujan turun dengan derasnya sampai waktu buka puasa. Kami buka puasa dalam suasana hujan. Setelah berbuka puasa dilanjutkan dengan shalat magrib berjama'ah. Setelah shalat, karena badan agak terasa lelah saya hanya duduk di ruang tengah bersama keluarga nonton tv. Tepat jam 20:00 wib, saya pun menunaikan kewajiban saya sebagai seorang muslim yaitu shalat isya. Kegiatan terakhir saya yaitu merangkum semua aktifitas saya menjadi sebuah diary untuk hari ini. Diary siap dan saya pun mohon pamit selamat malam.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64956.33
ETH 3456.79
USDT 1.00
SBD 2.55