The diary game season-3 Better life, Monday, 23rd of March, 2021/Pesta demokrasi di kampung ku

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa di platform yang hebat pula. Mengawali aktifitas di hari ini, saya bangun seperti biasanya yaitu pada jam 05:00 wib, walaupun sudah terbiasa bangun pagi namun tetap saja pada awalnya dengan perasaan malas dan rasa ngantuk tetap saja menghantui pikiran kita. Namun saya tetap berusaha bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi. Untuk menghilangkan semua perasaan malas dan ngantuk itu saya masuk ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk.

Selanjutnya menuju ke Mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Tiba di sana, saya shalat sunat qabliah dan duduk dengan niat i'tikaf sebelum waktu shalat subuh. Pada pagi ini shalat subuh di imami oleh Tgk.H.M.Yunus. Selesai shalat di lanjuti dengan wirit dan do'a. Kemudian, saya dan istri langsung pulang. Tiba di rumah, kami ganti pakaian dan langsung pergi jalan-jalan pagi. Menghirup udara yang masih segar di pagi hari membuat kita jadi sehat. Jalan-jalan pagi sambil berolah raga kecil-kecilan dan diiringi dengan ngobrol yang kami lakukan sudah cukup memadai untuk menjaga badan tetap sehat. Karena terlalu asyik jalan tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah.

Tiba di rumah, ganti pakaian dan kami sama-sama ke dapur untuk mempersiapkan sarapan pagi. Tugas saya pada pagi ini membuat jus alvocado. Membuat jus bagi saya pribadi tidaklah sulit, pertama dibelah alvocad, diambil isinya di masukan ke dalam blender tambahkan gula dan susu lalu tuangkan air secukupnya, serta yang terakhir di blender selama 2 menit, jadi deh jus alvocadnya. Menu sarapan kali ini nasi goreng putih, udang+tempe sambal, dan kerupuk. Sebelum sarapan, saya terlebih dahulu memberi makan ikan. Setelah sarapan saya mempersiapkan diri untuk siap-siap berangkat ke sekolah. Hari ini saya berangkat ke sekolah jam 07:00wib.

IMG20210322073904.jpg
Beberapa siswi berpartisipasi demi kebersihan sekolah

Karena hari ini Senin maka ketika tiba di sekolah saya langsung parkir Honda dan mempersiapkan peralatan upacara. Saya panggil dua orang siswa untuk membantu membawa peralatan upacara tersebut. Selanjutnya, saya pasang dan stel suaranya karena sudah terbiasa tidak butuh waktu lama semuanya jadi clear. Pagi ini yang menyambut kedatangan siswa hanya pak Kamaruddin dan petugas satpam. Tidak lama kemudian, bel bertanda masuk berbunyi. Semua siswa berkumpul dan berbaris di halaman sekolah menurut kelasnya masing-masing.

IMG20210322081951.jpg
Khidmatnya siswa dalam mengikuti upacara

Untuk lebih cepatnya pelaksanaan uacara, saya dan ibu Ummi langsung turun tangan membantu ketua kelas meluruskan barisan supaya upacara bisa di mulai karena pagi ini cuaca sangat cerah alias panas. Setelah semuanya beres dan petugas pun siap maka upacara dimulai. Pada pagi ini yang bertugas sebagai pembina upacara yaitu ibu kepala sendiri. Dalam amanatnya, beliau lebih menekankan pada siswa untuk belajar lebih giat lagi karena Minggu depan untuk siswa kelas IX akan menghadapi ujian UASBK ke sepuluh mata pelajaran. Jadi kesimpulannya di akhir pembicaraan beliau mengharapkan kepada siswa tiada waktu untuk berleha-leha dan raih cita-cita mu dengan belajar.

Setelah serangkaian agenda dalam tata tertib upacara selesai maka upacara pun selesai dan barisan di bubarkan oleh pemimpin upacara. Selanjutnya, ibu Ummi mengarahkan seluruh siswa untuk masuk ke kelasnya masing-masing. Sedangkan saya membereskan peralatan upacara dengan di bantu oleh dua orang siswa dan menyimpan ke kantor TU. Selesai membereskan semuanya, karena saya tidak ada jam mengajar maka saya ada kesempatan untuk mempersiapkan bahan kelengkapan untuk sertifikasi tahap pertama. Karena perlu di foto copy jadi saya harus ke kedai untuk foto copy bahan tersebut.

IMG20210322093343.jpg
Kesibukan di ruang TU untuk mempersiapkan berkas sertifikasi

Selesai menyiapkan berkas sertifikasi, saya minta izin sama ibu kepala untuk pulang karena ada pesta di samping rumah. Karena pesta Sunnah Rasul jadi para tamu tidak begitu banyak. Sekitar jam 12:00 wib, saya minta izin pada tetangga saya tersebut untuk pergi ke pesta perkawinan anak dari salah seorang guru kami. Tiba di pesta kami di sambut oleh H.Razali dan mempersilahkan kami untuk mencicipi hidangan di meja ala Prancis. Setelah menyantap hidangan yang aneka rasa saya singgah di mesjid karena azan pun telah berkumandang. Selesai shalat, saya langsung pulang, tiba di rumah saya mengajak anak-anak untuk istirahat tidur siang.

IMG20210322115148.jpg
Menghadiri sebuah pesta

Tepat pada jam 15:10 wib, saya bangun lalu ke kamar mandi untuk bersih-bersih, dan kembali ke kamar untuk membangunkan si Abang untuk pergi ngaji. Saya harus membangunkannya beberapa kali, kelihatannya dia sangat lelah dan mengantuk. Namun dengan agak malas dan rasa ngantuk yang berat dia akhirnya bangkit dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi. Kemudian dia pergi mengaji. Sebelum ashar saya pergi mandi untuk persiapan ke mesjid, tepat jam 15:50 wib, azan ashar berkumandang di mesjid. Dengan segera saya pergi ke mesjid untuk shalat ashar berjama'ah.

Selesai shalat, saya duduk di teras mesjid bersama kawan, di sana kami membicarakan tentang pesta demokrasi yang akan berlangsung nanti malam di desa saya yaitu Pemilihan Perangkat Desa Tuha Peut. Kami ngobrol di mesjid tanpa terasa jam telah menunjukkan pukul 17:00 wib. Selanjutnya, saya pulang dan sampai di rumah si Adek merengek minta beli jajan. Tanpa pikir panjang, saya pun membawa dia untuk beli jajan lalu kami jalan-jalan sore hingga menjelang magrib. Tiba di rumah, saya mengajak si Abang pergi ke mesjid untuk shalat di mesjid. Selesai shalat, kami langsung pulang dan makan malam bersama di rumah. Tepat jam 20:00 wib, kami shalat isya. Kemudian, kami berangkat ke Meunasah untuk ikut serta dalam pemilihan perangkat desa.

IMG20210322210358.jpg
Pemilihan perangkat desa di Gampong Punti

Acara di mulai pada pukul 20:20 wib malam. Agenda pertama di buka dengan kata-kata sambutan dari Plt. Kepala Desa dan menghadirkan kandidat calon serta di lanjutkan dengan acara pemilihan. Pemilihan pada malam ini merupakan pesta demokrasi yang paling seru sepanjang masa karena semua pasangan membawa pendukungnya masing-masing sehingga luasnya lokasi tidak dapat menampung semua warga yang hadir. Pada akhir acara penghitungan suara tiba, setelah semua suara terhitung maka keluarlah pemenangnya bernama T.Yafisyam dan Tgk.Zakaria yang menduduki jabatan Tuha Peut. Selesai acara, saya pun pulang ke rumah dan tiba di rumah tepat jam 12:10 wib. Demikianlah serangkaian aktifitas saya pada hari Senin ini dan untuk itu saya mohon undur diri sampai jumpa.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  

Kekompakan yang ditunjukkan oleh para siswi di Sekolah tempat pak Indra mengajar, ini patut diacungi jempol. Saya jadi terkenang saat masih berseragam biru abu abu.

Good story leader

Terimakasih atas apresiasinya, mudah2an yang lain pun bisa demikian

Ya pak, sama2😊

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59484.75
ETH 2614.53
USDT 1.00
SBD 2.41