The diary game season-3 Better life, Monday, 16th of March, 2021/Menjadi Pembina Upacara

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang hebat-hebat salam jumpa di manapun kalian berada. Mengawali aktifitas di hari ini, saya bangun tidak seperti biasanya yaitu pada jam 04:30 wib, kami bangun lebih awal karena hendak makan sahur untuk menunaikan puasa sunat di bulan Sya'ban. Walaupun sudah terbiasa bangun pagi namun tetap saja pada awalnya masih ada terbesit rasa malas dan rasa ngantuk apalagi dengan suasana udara yang sejuk seakan-akan tak mau berpisah dengan bantal guling dan selimut. Namun saya tetap berusaha bangkit dan melangkah menuju ke kamar mandi. Untuk menghilangkan semua rasa malas dan ngantuk itu saya masuk ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi dan mandi.

Selesai mandi, makan sahur pun sudah di siapkan oleh sang istri. Kami berdua makan sahur dengan menu seadanya saja. Selesai makan sahur, kami bersiap-siap pergi ke mesjid. Selanjutnya menuju ke Mesjid untuk shalat subuh berjama'ah. Tiba di sana, saya shalat sunat qabliah dan duduk dengan niat i'tikaf sebelum waktu shalat. Jama'ah di mesjid memang selalu ramai tiap waktu shalat tak kecuali pada saat subuh. Pada pagi ini shalat subuh di imami oleh Tgk.H.M.Yunus. Selesai shalat di lanjuti dengan wirit dan do'a. Selesai shalat, saya dan istri langsung pulang. Tiba di rumah, kami ganti pakaian dan langsung pergi jalan-jalan pagi. Betapa segarnya ketika menghirup udara yang masih segar di pagi hari.

Berolah raga kecil-kecilan dan sambil ngobrol yang kami lakukan sudah cukup memadai untuk menjaga badan tetap sehat. Karena terlalu asyik jalan tanpa terasa jarak pun sudah memadai dan kami pun balik ke rumah. Tiba di rumah, saya membangunkan anak-anak. Selanjutnya, saya arahkan ke kamar mandi. Setelah mandi si abang langsung shalat subuh dan saya membereskan si adek untuk pakai baju. Kemudian, saya pergi ke belakang memberi makan ikan. Kemudian, saya mempersiapkan diri untuk siap-siap berangkat ke sekolah. Hari ini saya berangkat ke sekolah jam 06:40wib.

Karena hari ini Senin maka saya datang ke sekolah lebih awal dari hari biasanya. Pagi ini, saya dan pak Kamaruddin tiba di sekolah hampir bersamaan. Beliau setelah parkir honda langsung ke pintu gerbang untuk menyambut kehadiran siswa. Tiba di sekolah, petugas kebersihan sekolah sedang membersihkan dan menyapu di depan kantor kepala sekolah. Sebelum waktu upacara tiba, saya harus mempersiapkan peralatan untuk upacara. Untuk kelancaran proses persiapan alat upacara pada hari ini, saya di bantu oleh dua orang siswa yang saya panggil ketika mereka melintas di depan kantor. Setelah saya stel alat-alatnya dan suaranya pun sudah ok. Tidak lama kemudian, bel bertanda masuk berbunyi.

IMG20210315081114.jpg
Siswi kelas VIII/1 sebagai petugas penggerek bendera

Semua siswa berkumpul dan berbaris di halaman sekolah menurut kelasnya masing-masing. Untuk lebih cepatnya pelaksanaan uacara, salah seorang guru kami langsung turun tangan membantu ketua kelas meluruskan barisan supaya upacara bisa di mulai, karena pada pagi ini saya kena giliran menjadi pembina upacara. Jadi sebelum upacara di mulai saya harus duduk di dalam kantor karena ada agenda penjemputan pembina upacara. Setelah semuanya beres dan petugas pun siap maka upacara dimulai. Pada giliran amanat pembina upacara intinya saya menekankan pada siswa untuk lebih meningkatkan kesadaran belajaran mandiri.

Setelah serangkaian agenda dalam tata tertib upacara selesai maka upacarapun selesai dan barisan di bubarkan oleh pemimpin upacara. Selanjutnya, ibu Ummi mengarahkan seluruh siswa untuk masuk ke kelasnya masing-masing. Sedangkan saya membereskan peralatan upacara dengan di bantu oleh dua orang siswa dan menyimpan ke kantor TU. Selesai membereskan semuanya, saya minta izin ke kepala sekolah untuk pergi ke Lhoksukon dalam rangka mengikuti "Sosialisasi Pelaporan Pajak E-filing" yang bertempat di Balai Panglateh. Karena di dalam surat tugas harus berada di tempat tepat jam 09:00 wib.

Karena sudah agak terlambat maka saya tancap gas honda supaya tidak terlambat, namun ketika tiba di tempat jangankan sudah mulai panitianya pun belum hadir. Tepat jam 10:00wib, acaranya baru di mulai. Mengikuti acara sosialisasi pelaporan pajak e-filing ini bagi saya pribadi sangat bermanfaat. Karena selama ini kami guru di SMP tidak pernah buat sendiri laporan pajak sudah enak nyuruh sama orang, padahal itu tugas pribadi setiap Aparatur Sipil Negara / ASN. Jadi setelah mengikuti sosialisasi tadi sekurang-kurangnya saya sudah bisa buat untuk diri sendiri di tahun yang akan datang. Acara sosialisasi pelaporan pajak e-filing berakhir tepat jam 12:40 wib.

Setelah mengikuti acara tersebut saya langsung menuju ke mesjid untuk shalat zuhur. Selesai shalat, saya pulang. Tiba di rumah semua anggota keluarga telah tidur siang dan tak lama kemudian, saya pun ikut nimbrung tidur siang. Bangun tidur siang tepat jam 15:50 wib, lalu saya ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Kemudian saya duduk di dapur bersama sang istri yang dari tadi berada di sana untuk menyiapkan bahan buka puasa. Ketika tiba suara azan, saya langsung mandi dan berwudhuk. Selanjutnya, saya shalat ashar di mushalla bersama si adek. Karena tidak ada kegiatan lagi, maka kami sepakat jalan-jalan sore sambil menunggu waktu buka puasa.

IMG20210315171638.jpg
Membeli makanan buka puasa

Kami pergi ke Lhoksukon dan sampai di sana tergiur dengan aroma berger maka kami pun berhenti lalu kami pesan 4 porsi. Kontak bathin orang tua dengan anak tidak bisa di bohongi. Sesaat kemudian di perjalanan, kami di telepon oleh si kakak bahwa hari ini dia pun puasa di Pesantren dan dia pesan berger dan jus. Dengan demikian, kami langsung pulang lewat jalan landing dan singgah di pesantren. Di depan pintu gerbang pesantren kami bertemu dengan si kakak dan setelah ngobrol sebentar dan menyerahkan pesanannya lalu kami pulang. Tiba di rumah hampir magrib dan kami masih ada waktu untuk mempersiapkan makanan buka puasa.

Sekitar 5 menit kemudian terdengar suara azan dan ini berarti waktu buka puasa telah tiba. Dengan segera kami buka puasa dengan menu sederhana yaitu dengan segelas air putih, kopi susu dan berger. Selanjutnya, kami shalat magrib berjama'ah. Setelah shalat, saya mendampingi si adek belajar ngaji iqra'. Kemudian, kami makan malam yang sudah di siapkan oleh sang istri. Tepat jam 20:10 wib, saya pun menunaikan kewajiban saya sebagai seorang muslim yaitu shalat isya. Kegiatan terakhir saya yaitu merangkum semua aktifitas saya dari pagi hingga malam menjadi diary untuk hari ini. Saya mohon pamit selamat malam.

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  
 3 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

Thank you for visiting my post

Makanan buka puasanya bikin ngiler, pasti enak 😋

Ya biasa aja, kapan-kapan ke tempat kami biar kita perkenalkan cemilan andalan di tempat kami

Insya Allah, pasti saya akan berkunjung ke sana kalau ada kesempatan 😊

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59404.52
ETH 2610.92
USDT 1.00
SBD 2.41