The diary game season-3 Better life, 21st of Match, 2021/Aktifitas ku di hari Minggu

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa lagi di flatform yang hebat pula. Mengawali aktifitas di hari ini, izinkan saya mengulas untaian-untaian kegiatan yang saya lakukan pada hari ini. Saya bangun seperti biasanya yaitu pada jam 05:00 wib, walaupun sudah terbiasa bangun pagi namun tetap saja pada awalnya rasa malas dan rasa ngantuk tetap terasa. Namun untuk menghilangkan perasaan itu semua saya melangkah menuju ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk.

Selesai berpakaian, selanjutnya saya menuju ke Meunasah untuk shalat subuh berjama'ah. Tiba di sana, saya shalat sunat qabliah dan duduk dengan niat i'tikaf. Jama'ah yang hadir di pagi ini terasa sangat berkurang dari biasanya. Pada pagi ini shalat subuh di imami langsung oleh Tgk. M.Wali dan sekaligus memimpin baca raja selawat di karenakan Tgk.Peudada ada halangan. Raja selawat di baca setelah selesai mengerjakan shalat subuh. Setelah shalat, Tgk.M.Wali memimpin baca raja selawat. Acara baca raja selawat berlangsung selama lebih kurang 50 menit, kemudian di tutup dengan wirit dan do'a. Setelah acara salaman dengan warga, saya langsung pulang.

Tiba di rumah tepat jam 06:50wib, saya melihat di atas meja sarapan pagi sudah siap untuk di santap dan anak-anak sudah siap mandi di karenakan istri saya pada pagi ini tidak ikut ke Meunasah. Jadi sepulang dari Meunasah semuanya pada beres. Tanpa menunggu lebih lama lagi saya ganti pakaian lalu kami sarapan pagi. Menu sarapan pagi yaitu nasi goreng putih, ikan gabus sambal lado, kerupuk dan teh manis. Selesai sarapan saya pergi ke belakang rumah untuk memberi makan ikan. Tepat jam 08:00 wib, saya pakai pakaian kerja dan berangkat ke halaman belakang rumah. Sampai di sana, saya membersihkan rumput dan daun-daun pisang yang telah usang.

IMG20210321082230.jpg
Pisang di belakang rumah

Tiba di suatu sudut saya melihat ada setandan pisang yang sudah tua dan bahkan salah satu pisang ada yang sudah masak. Tanpa pikir panjang lagi langsung saya potong dan saya perem dalam karung goni supaya cepat mateng. Setelah membersihkan semua pohon-pohon pisang masih ada lagi satu kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra. Untuk melanjutkan ke kegiatan selanjutnya, terlebih dahulu saya istirahat sejanak untuk memulihkan tenaga. Selang beberapa menit kemudian, saya melangkah ke samping rumah untuk membersihkan makam kedua orang tua saya yang telah lama meninggalkan dunia ini.

IMG20210321083014.jpg
Hasil tak seberapa tapi rasa puas yang membuat kita bahagia

Yang biasanya ketika menjelang puasa keluarga besar kami selalu datang untuk berziarah ke makam dan sama-sama membersihkannya serta ada kami adakan ta'ziah.Tapi pada kesempatan ini mungkin mereka ada kesibukan yang tidak bisa di hindarkan maka saya bersihkan sendiri dan untuk acara ta'ziah akan kami adakan Minggu kedepannya. Saya bekerja membersihkan makam kedua orang tua saya sampai jam 11:00 wib, selanjutnya saya pulang, istirahat sejenak sambil minum teh. Kemudian, saya mengambil handuk dan mandi untuk menghilangkan rasa penat. Setelah mandi badan terasa segar kembali dan kami sekeluarga sepakat untuk makan siang lebih awal dari biasanya.

IMG20210321093537.jpg
Membersihkan pusara kedua orang tua

Di karenakan cuaca dan udara yang terasa panas menyengat, jadi kami sepakat makan siang di bale-bale teras belakang karena di sana terasa agak dingin di hembusi oleh angin semilir yang datang dari persawahan. Sehabis makan, kami duduk dan ngobrol sampai tiba waktu shalat Zuhur. Tanpa menyia-nyiakan waktu lagi, kami langsung shalat dan kemudian saya mengajak anak-anak untuk tidur siang. Tepat jam 15:20 wib, saya bangun dan langsung ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Tidak lama kemudian, saya menjumpai istri yang lagi sibuk di dapur, beliau lagi masak-masak untuk si kakak yang di pesantren.

IMG20210321152243.jpg
Ranum dan manis rasanya

Dan sang istri meminta saya untuk memetik buah jambu yang di depan rumah untuk di bawa ke pesantren. Dengan segera saya buat galah sederhana dan saya ajak kedua anak saya si Abang dan si Adek untuk membantu saya. Setelah merasa cukup kami pun berhenti. Tak berapa lama kemudian suara azan ashar berkumandang di Mesjid dan saya mengajak anak-anak untuk mandi serta melaksanakan shalat. Selepas shalat, saya membantu istri memnyiapkan barang-barang yang akan di bawa ke pesantren. Selanjutnya, kami langsung tancap gas tapi tiba di kedai Kecamatan kami berhenti untuk membeli sedikit makanan ringan dan air tebu.

Tiba di pesantren, si kakak lagi menanti kedatangan kami dan kemudian kami duduk bale-bale untuk menikmati makanan ringan yang kami bawa. Di bale-bale tersebut selain tempat makan juga sebagai tempat dimana si anak ingin mencurahkan kerinduan dan unek-uneknya. Seiring waktu berjalan, jam telah menunjukkan pukul 17:58 wib kami pamit sama si kakak. Dari pesantren kami langsung pulang ke rumah lewat simpang rangkaya sambil cuci mata karena di daerah situ banyak aneka ragam jenis permainan, buah-buahan, pakaian dan aneka jenis bunga pun ada.

Tiba di rumah beriringan dengan suara azan. Setelah azan kami shalat magrib berjama'ah di rumah. Selanjutnya, saya mendampingi si Adek belajar baca iqra' lalu kami makan malam bersama. Setelah makan malam, saya segera shalat isya. Karena semua kegiatan sudah selesai, kini saatnya saya duduk santai dan buka hp menyelesaikan serangkaian aktifitas untuk di jadikan sebagai diary pada hari ini. Diary selesai saya pun mohon izin sampai jumpa

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  
 3 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Firyfaiz

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

Thank you for visiting my post

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 59484.75
ETH 2614.53
USDT 1.00
SBD 2.41