The diary game seaaon-3 Better life, Sunday, 28th of March, 2021/Mengisi malam Nishfu Sya'ban

in Steem SEA3 years ago

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Selamat pagi ..... salam sejahtera ......... salam merdeka ......... salam berkarya ........ Sahabat steemian yang zuper hebat salam jumpa lagi di flatform yang hebat ini. Mengawali aktifitas di hari ini, perkenankan saya mengulas untaian-untaian kegiatan yang saya lakukan pada hari ini. Saya bangun di pagi ini lebih cepat dari pada biasanya yaitu pada jam 04:00 wib. Karena besok kita menyambut malam Nishfu Sya'ban maka kami sepakat untuk puasa sunat di pertengan bulan ini selama 3 hari mulai dari kemarin. Mula-mula agak berat juga untuk bangun namun setelah sedikit di paksakan akhirnya saya bisa juga mengalahkan rasa malas itu.

IMG20210328065024.jpg
Suasana saat pulang dari Meunasah

Setelah itu, saya melangkah ke kamar mandi untuk bersih-bersih lalu saya menemani sang istri yang lagi menyiapkan masakan untuk sahur. Saya hanya bisa membantu membuat air teh manis. Tidak lama kemudian, kami sama-sama makan sahur dengan menu yang sangat sederhana. Selesai makan sahur, saya mengambil handuk menuju ke kamar mandi, di dalam sana saya gosok gigi, mandi dan berwudhuk. Selesai berpakaian, selanjutnya saya menuju ke Meunasah untuk shalat subuh berjama'ah. Tiba di sana pas azan pun selesai dan saya masuk lalu shalat sunat fajar 2 raka'at.

IMG20210328064650.jpg
Jama'ah sholawat Gampong Punti Matangkuli

Setelah semua jama'ah siap maka dilanjutkan dengan shalat subuh beejama'ah. Pada pagi ini shalat subuh di imami langsung oleh Tgk.Peudada. Selesai shalat subuh, Tgk.Peudada langsung memimpin baca raja selawat. Acara baca raja selawat berlangsung selama lebih kurang 50 menit, kemudian di tutup dengan wirit dan do'a. Setelah itu, saya menyempatkan diri untuk duduk dengan perangkat desa. Kami terlibat pembicaraan tentang acara nanti malam yaitu menyambut malam Nishfu Sya'ban serta mengisinya dengan buka puasa bersama, baca yasiin dan di akhiri dengan shalat tasbih. Karena saya masih ada yang harus di kerjakan di rumah maka minta izin pulang.

Tiba di rumah tepat jam 07:00wib, saya melihat bahwa semua buah hati kesayangan ku telah bangun, mandi dan sedang nonton film kartun kesayangannya. Saya langsung pergi ke belakang untuk kasih umpan ikan. Kemudian, saya ganti pakaian special kerja lalu ambil parang untuk membersihkan kebun di belakang rumah. Ada banyak pohon-pohon kecil apabila di biarkan akan menjadi semak belukar dan banyak pelepah pisang yang bergelantungan. Selesai membersihkan kebun belakang, dilanjutkan dengan mengisi tanah yang sudah saya gemburkan ke dalam polibet untuk saya tanam cabai.

IMG20210328100649.jpg
Bibit cabai yang baru di tanam

Tepat jam 10:30 wib, pekerjaan sudah selesai dan saya memutuskan cukup untuk hari ini. Kemudian, saya duduk istirahat sambil menunggu keringat kering. Sekitar 10 menit berlalu, saya mengambil handuk pergi ke kamar mandi. Setelah badan segar dan bersih, saya duduk di teras bersama si Adek sambil menemani dia bermain dan sesekali saya juga turut bermain. Entah karena badan terlalu lelah, saya sampai tertidur di teras di samping mainan si Adek. Saya terjaga ketika suara azan berkumandang di mesjid. Tanpa menyia-nyiakan waktu lagi, saya melangkah ke kamar mandi mengambil wudhuk beserta anak-anak. Kemudian, kami langsung melaksanakan shalat.

Selesai shalat, saya mengajak anak-anak untuk istirahat tidur siang. Tepat jam 15:30 wib, saya bangun dan langsung ke kamar mandi untuk bersih-bersih. Tidak lama kemudian, saya menjumpai istri yang lagi sibuk di dapur, beliau lagi masak-masak untuk buka puasa dan untuk si kakak yang di pesantren menurut laporan si kakak pun puasa. Menu buka puasa kali ini yaitu Nutrijell Sunquick Orange, bannana crispy adabi rasa coklat, kuah soup dan ayam panggang. Peran saya disini kupas pisang dan rajang rempah-rempah untuk kuah soup serta mengisi air ke dalam galon untuk air minum.

IMG20210328183727.jpg
Menu buka puasa

Setelah semua masakan siap, saya langsung mandi, berwudhuk dan shalat ashar bersama. Selepas shalat, saya membantu istri memnyiapkan barang-barang yang akan di bawa ke pesantren. Selanjutnya, kami langsung tancap gas tapi tiba di kedai Kecamatan kami berhenti untuk membeli sedikit makanan ringan. Tiba di pesantren, si kakak lagi menanti kedatangan kami dan kemudian kami duduk di bale-bale hanya sekedar ngobrol dan melepaskan kelelahan. Di bale-bale tersebut selain tempat makan juga sebagai tempat dimana si anak ingin mencurahkan kerinduan dan unek-uneknya.

Seiring waktu berjalan, jam telah menunjukkan pukul 17:58 wib kami pamit sama si kakak. Dari pesantren kami langsung pulang ke rumah lewat simpang landing via Kantor Bupati. Sebelum sampai di rumah kami singgah di rumah Abang yang nomor satu, disana kami hanya ingin minta buah untuk kolestrol. Kemudian, kami lanjut menuju ke rumah. Tiba di rumah, saya jalan-jalan di halaman belakang melihat-lihat ayam, ikan, tanaman sambil menunggu waktu buka puasa karena terdengar suara mengaji di mesjid. Beberapa saat berselang suara azan berkumandang di medjid itu bertanda sudah bisa buka puasa.

Waktu berbuka telah tiba, maka kami dengan rasa syukur Alhamdulillah puasa hari ini sukses dan mulai menyantap hidangan buka puasa dengan rezeki yang Allah mudahkan pada hari ini. Selesai berbuka kami shalat magrib berjama'ah di rumah. Selanjutnya, saya pergi ke mesjid untuk mengikuti acara-acara yang diadakan oleh remaja mesjid Alkhalifah Ibrahim Matangkuli diantaranya baca surat Yasiin, shalat Tasbih dan Pengajian Tastafi. Setelah mengikuti serangkaian acara saya langsung pulang. Tiba di rumah, saya langsung merangkum serangkaian kegiatan yang saya lakukan pada hari ini sehingga menjadi sebuah diary. Diary selesai saya pun mohon izin sampai jumpa

Terimakasih banyak saya ucapkan kepada buk @ernaerningsih, @booming03, @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steemaeacurator, pak @anroja, @inwi, pak @radjasalman, pak @ikhsan01, pak @nazarul, pak @hhusaini, pak @muzack1 yang telah banyak mendukung saya dan terimakasih juga kepada sahabat steemian semuanya dimana pun berada. Kritik dan saran dari sahabat teemian sekalian dengan senang hati saya terima.

Salam @indraismawan

Ingin tahu tentang saya klik (disini)

Sort:  

Good story pak Indra. Tanaman cabai membuat saya terinspirasi untuk berkebun cabai.

Yach maklum bisa untuk membantu keuangan keluarga

👍👍

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Thank you for visiting my post

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64867.61
ETH 3451.61
USDT 1.00
SBD 2.55