The Diary Game -Agustus 25, 2022 - Mengikuti Pelatihan Membuat Pita di Taipei Stasion

in Steem SEA2 years ago (edited)

Terdapat 270.000 orang pekerja migran Indonesia (PMI) di Taiwan. Selain bekerja, mereka juga menyempatkan diri untuk belajar dan menambah keterampilan untuk bekal saat pulang ke tanah air



299320809_1924865994390083_5384245589330651745_n.jpg

Sesi foto bersama semua peserta dengan kerajinan tangan masing-masing di Taipei Main Stasionhttps://what3words.com/molor.tantangan.anugerah



Hari ini, Indonesia Diaspora Network (IDN) Taiwan dan Kantor Dagang Ekononi Indonesia (KDEI) Taipei mengadakan pelatihan kerajinan tangan membuat bross. Acara dilakukan hanya 3 jam di aula Taipei Main Stasion (TMS), tempat familiar bagi warga negara (WNI) di Taiwan. Acara dilakukan pada waktu istirahat pukul 1 siang hingga sore hari.

Saya berangkat pukul 12 siang, setelah menyiapkan makan siang untuk pasien, mengurus makannya, membawa pasien ke kamar untuk beristirahat. Setelah itu saya bergegas menuju stasion bus yang membawa saya ke Shilin kemudian menuju jalur Taipei stasion. Tidak banyak peserta yang ikut, karena acara diadakan bukan hari Minggu. Sehingga mereka tidak dapat keluar rumah.

299311450_1727088654302468_3441248614891463978_n.jpg

Pelatihan dimulai, peserta dengan seksama menyimak bimbingan pelatih



Program pelatihan dipimpin oleh Ibu Dewi, beliau adalah ketua IDN periode 2020, tetapi masih sering aktif dalam mengisi kelas dan beerkegiatan. Yang saya ketahui, beliau juga menjalankan bisnis di Taiwan. Sehingga sering keluar masuk antara Indonesia-Taiwan.

Masing-masing peserta diberi bahan keterampilan untuk membuat bross atau pita. Setelah itu oleh pelatih dipandu bagaimana membuatnya seperti bunga hingga menjadi bahan kerajinan. Kegiatan ini sangat mengasyikan, karena bisa dilakukan juga saat kelak setelah rekan-rekan pulang ke Indonesia. Menjual kerajinan tangan.

295522542_772299403825529_324033801669274440_n.jpg

Para peserta fokus pada tugas mereka masing-masing



Tidak hanya WNI, penduduk local Taiwan juga diizinkan bergabung dan mengikuti pelatiha ini. Ibu Dewi dengan sabar mengarahkan tiap peserta, yang menemui kesulitan, termasuk saya. Heheehe. Saya sedikit kesulitan karena kurang telaten membentuk pita, sehingga kurang rapi. Namun, saya anggap ini tantangan, untuk saya terus belajar agar bisa menyelesaikan kerajinan ini seperti rekan-rekan yang lain.

Setelah waktu pelatihan hampir habis, saya baru bisa menyelesaikan yang saya miliki. Namun, juga terdapat mba-mba lain yang belum selesai. Butuh proses, kesabaran untuk menghasilkan sebuah karya yang maksimal. Tidak ada sebuah hasil, yang serta merta bisa didapatkan seketika. Maka dari itu, jangan pernah menilai kesuksesan secara instant.

300235770_633839131404521_3589964474989263341_n.jpg


Meskipun dilaksankan bukan pada hari libur, tetapi saya berusaha untuk mengikuti pelatihan ini. Saya berharap, apa pun ilmu yang saya dapatkan saat di Taiwan sebagai modal dan pegangan kelak setelah saya pulang ke tanah air. Lama meninggalkan kampung halaman, tentunya segala sesuatu harus dimulai dari NOL. Sehingga butuh bekal untuk menghadapi tantangan memulai kehidupan di Indonesia.

Menutup pelatihan, semua peserta dengan membawa hasil kerajinan tangan masing-masing untuk foto Bersama. Kebersaan tiga jam yang penuh kehangatan dan canda tawa. Banyak dari teman-teman memiliki talenta membuat kerajinan, baik berupa kain woll ataupun pita-pita cantik. Setiap orang memang memiliki potensi yang berbeda, tergantung hal apa yang digembangkan, sehingga menjadi passion dan rutinitas yang digeluti.



Saat sesi foto Bersama saya mendapatkan teman baru Bernama Alice, beliau warga Taiwan yang mengikuti pelatihan ini. Setelah moment foto Bersama, saya pun berpamitan pada Alice dan rekan-rekan yang lain untuk segera bertolak menuju tempat kerja. Karena butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di alamat kerja, dan masih banyak tugas menanti di rumah.

Best Regards
@ettydiallova

About Me

Sort:  
 2 years ago 
Club75
DescriptionAction
Plagiarism-Free
Bot-Free
Verified User
Beneficiary Rewards
Support burnsteem25
Voting CSI5.5

Terimakasih telah berbagi bersama disini.

 2 years ago 

Terima kasih atas review yang berikan Bang @anroja😅

 2 years ago 

Sama-sama kakak

 2 years ago 

Thank you for supported

Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengasah kemampuan yang tersembunyi, hasil karya yang indah kk,
Semoga sukses selalu disana, dan pulang dengan selamat...
👍👍👍

 2 years ago 

Terima kasih Kak @liasteem. Semoga ilmu yang didapatkan kelak bisa untuk membuka usaha dan bermanfaat di kampung halaman.

Salam Sukses untuk kakak disana:)

Aamiin ya Allah...
🤗😇👍

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 64186.90
ETH 2759.80
USDT 1.00
SBD 2.66