Redesain Rumah Layak Huni Program Steem.amal Housing Project

in Steem SEA3 years ago (edited)

PROLOG

Halo semuanya, jumpa lagi bersama saya @buyahanan, semoga teman-teman dalam keadaan sehat dan produktif ya.


Sabtu 19-06-2021 ini, saya tidak ada kerjaan 😓, belum ada orderan desain yang masuk, baik itu desain logo, atau desain interior atau desain rumah tinggal (saya cuma bisa 3 hal ini), semoga besok-besok ada orderan, supaya dapur rumah saya bulan depan masih bisa mengepul, aamiiin…

o.jpeg


Menjelang siang saya dibuat terkesan dengan postingan dari @klen.civil, yang membahas tentang Projek Steem.amal yaitu Steem Amal Housing Project, dalam hati saya berkata " segitunya steemit ini bisa merubah kehidupan nyata ya", angkat topi untuk para leader komunitas SteemSEA (saluut dah)

Saya baca-baca postingan bg @klen.civil, ternyata pembahasan nya mengenai rumah yang akan dibangun untuk orang terpilih yang membutuhkan, “ waah… ada kaitannya dengan passion saya nih“


Setelah membaca postingan tersebut saya merasa ingin berkontribusi juga untuk komunitas SteemSEA ini, kebetulan ada program steem.amal yang berkaitan dengan profesi saya, mungkin saya bisa bantu sedikit-sedikit. Langsung saja saya comment di postingan bg @klen.civil.

7.png

Alhamdulillah ternyata diberi izin, mumpung lagi nganggur, langsung saya buka laptop dan mulai menjalankan aplikasi Sketchup 2016. Saya mulai mendesain jam 14.00 WIB – 16.00 WIB.

h.jpeg

Kerja sambil gendong anak, terpaksa monitor dibagi dua😅


Sesudah ashar saya dan istri sibuk menjaga anak mulai dari mandi sorenya, jalan-jalan sore, makan sorenya sampai Hanan tidur jam 20.00 WIB. setelah melaksanankan sholat isya dan makan malam, barulah saya kembali membuka laptop, dan melanjutkan desain yang sempat tertunda tadi hingga jam 00.00 WIB.

Berikut hasil kerja saya, semoga dengan ini ada sedikit kontribusi nyata yang saya berikan untuk Steemit / SteemSEA / steem.amal :

REDESAIN RUMAH LAYAK HUNI PROGRAM STEEM AMAL HOUSING PROJECT


Disclaimer : Redesain ini murni inisiatif dari diri saya, tidak ada kaitannya dengan project yang sedang berlangsung, jika saran saya diterima alhamdulillah, jika tidak ya tidak bisa dipaksakan, karena sebagus apapun sebuah desain, pasti akan terbentur dengan kondisi dan fakta yang ada dilapangan

a.jpeg

Desain awal Rumah Layak Huni Program Steem.amal

Saya berpikir, ini program sudah bagus banget, kalo bisa hasil kerjanya juga bagus. Makannya saya antusias untuk meredesain rumah ini.

c.jpeg

yang paling mengganggu saya adalah posisi pintu yang berada ditengah rumah, memang kesannya lebih megah, tapi secara efisiensi menurut saya kurang tepat

b.jpeg

perbandingan sirkulasi jika posisi pintu dirubah

d.jpeg

saya menambahkan mural pada dinding sebelah kanan, agar pesan proyek ini bisa sampai kepada siapa saja yang melihatnya.


Tampak samping kiri dan belakang, tidak ada perbedaan, hanya warna cat yang berubah dari biru muda ngejreng menjadi biru muda pastel ditambah variasi cat putih dibagian atas rumah yang berfungsi agar rumah tidak terkesan tinggi tapi kosong keatas, dengan adanya list cat putih itu, rumah terasa lebih proporsional.


TAMPAK PERSPEKTIF REDESAIN RUMAH LAYAK HUNI PROGRAM STEEM AMAL

J.jpeg

Perspektif tampak depan rumah

K.jpeg

Perspektif samping kanan dan bagian belakang rumah

L.jpeg

Perspektif tampak samping kiri rumah

Mungkin hanya ini kontribusi yang bisa saya lakukan, semoga bermanfaat bagi SteemSEA dikemudian harinya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah, murni ini hanya inisiatif saya pribadi setelah mendapat izin dari @klen.civil

Sekian dari saya @buyahanan, salam dari kota padang untuk sobat steemian beserta keluarga.

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



note : udah niat mau bagi payout 25% ke steem.amal, qadarullah kelupaan atur payout, dan sudah dipost...
CC :
@steemcurator01
@anroja
@el-nailul
@klen.civil
@nazarul
@irawandedy
@heriadi
@enveng

Sort:  
 3 years ago 

nggak sekalian sama RAB.. hihihihi, biar bisa nyontek saya

 3 years ago 

itulah kak, profesi saya desainer, gak spesialis bagian RAB, biasanya anak Teknik Sipil yang spesialis bagian itu. udah jam berapa ini belum istirahat kak?

 3 years ago 

Nonton Bola..hahahaha

 3 years ago 

Whoaaaaaa, jadi keren gini yaa setelah di visual 3D-kan, tampak lebih ril. Kolaborasi yang mantap ini dari sang desainer @klen.civil dan arsitektur @buyahanan 😄

Gimana pak ketua @anroja dan manager @el-nailul, lai badaceh bang? 😂

 3 years ago 

iko man udah mantap, dan bisa di terapkan karena rumah yang sedang kita bangun juga masih bisa di ubah karena baru tahap pondasi

 3 years ago 

Mantap bgt bah..

Keren ini abang, thank ya.

Cc : @el-nailul

 3 years ago (edited)

Tata letak pintu sengaja diletakkan di tengah untuk membedakan dengan rumah duafa yang dibangun pemerintah dengan tata letak pintu yang memang mepet ke dinding

Warna cat yang sebenarnya adalah warna hijau dasar steemit yang memang di pilih sebagai warna rumah bantuan steem.amal. Sebenanya warna yang di postingkan sebelumnya itu juga bukan warna yang sebenarnya @buyahanan

Coba diskusikan dengan team dilapangan apa masih bisa di ubah karena setau saya pembangunan masih tahap pondasi, jadi atasannya masih bisa di rombak lagi @klen.civil

CC:

@anroja
@curiesea
@ayijufridar
@heriadi
@irawandedy
@miftahuddin
@sofian88

 3 years ago 

Oh gt ya bg kalo memang ada pertimbangan seperti itu dilapangan brrti itu yang terbaik.
Untuk jendela ketika ukurannya dirubah dari 50x100cm jadi 40x140cm. Saya rasa harganya sama saja. Untuk cat dinding dengan variasi memang sedikit lebih memakan waktu pengerjaanya.

 3 years ago (edited)

Ini masukan yang sangat bagus, terimaksih @buyahanan untuk saran dan modifikasi desaign.
Untuk mural pada dinding sebelah kanan saya pikir tidak perlu ditambah lagi, karena kita sudah meletakkan logo steem pada pintu depan rumah dan nantinya kita juga akan menambahkan batu prasasti pada saat peresmian.

Kenapa posi2 pintu ditengah? Itu seperti manager program @el-nailul katakan, untuk membedakan dengan rumah duafa program pemerintah dan biar terlihat mewah, berbicara tentang siklus udara memang benar, ada yang tidak efisien jika pintu di posi2 tengah, namun tidak memberikan dampak yang fatal.

Untuk desaign jendela saya malah setuju banget dengan desaign @buyahanan terlihat lebih ramping dan elegan.

Intinya saya berharap ada kaloborasi antara desaign @klen.civil dengan @buyahanan agar hasil akhir program Perumahan Steem Amal akan sempurna.

 3 years ago 

Alhamdulillah bg, untuk sirkulasi yang dimaksud bukan udara. Tapi sirkulasi jalan didalam rumah. Jika pintu ditengah maka akan ada disamping pintu yang bakal sulit dimanfaatkan. Tapi jika memang sudah ada pertimbangan dilapangan, maka keputusan dilapangan yang terbaik

Jika pintu di samping akan los berhadapan dengan pintu belakang, kata orang Cina tak hoki lah...😂

Yamg jelas, gambar pertama memang belum final, masih ada yang dirubah se iring kebutuhan di lapangan

 3 years ago 

Kita rencana pakai pintu buka dua kan @sofian88 @klen.civil ?. Untuk jendela kalo kusennya belum di order bisa di uban jadi lebih ramping seperti design @buyahanan. Coba diskusikan kembali dengan kawan-kawan di lapangan

Terimakasih atas kolaborasi yang keren sperti ini

Rencana awal buka 2, namun yang terlihat digambar buka 1.

Itu artinya memang masih ada perobahan kedepannya. Kami akan diskusikan ini lagi, dan mengajak @buyahanan untuk kolaborasi.

 3 years ago 

Insyallah siap membantu sebisanya

Oke sebentar lagi kita diskusi di tempat biasa

 3 years ago 

Kolaborasi 2 desainer ini yang kita harapkan untuk program-program steem.amal kedepannya, semoga lebih baik lagi kedepannya.

Iya, itu lah diharapkan @steem.amal masukan dari berbagai pihak untuk kebaikan bersama.

 3 years ago 

Alhamdulillah, terima kasih banyak atas kontribusinya untuk @steem.amal. kami sangat membutuhkan orang orang seperti anda @buyahanan yang rela berkorban waktu dan tenaga untuk kebaikan kita semua

Okey tata letak pintu tidak masaalah dan warna mesti warna #steemit.
teras mesti disesuaikan ....

 3 years ago 

sama-sama bg, semoga postingan ini bisa berkontribusi sedikit untuk SteemSEA. salam dari kota padang

Hi @buyahanan, it is really a thoughtful and good idea. I appreciate your efforts. Your home design looks practical use. Also, I liked the idea of the mural of the Steem Amal Project and the Steem logo 👍

 3 years ago 

Thank you @evenge, hopefully we have a project that we can collaborate with

Yes, it sounds good 🤗

 3 years ago 

my next project is to design a steemeat booth, i want to ask permission to use your idea,

Hi @buyahanan, I was waiting for the winners' announcement of Iron Chef so I replied to you late. You can do it by giving reference to my account. I'm excited about your work 🤗

 3 years ago 

The winners was decided. You can see in progressivechef post

Of course, I know it. I mean if my design won, I wouldn't allow you to use my design. Because the work's rights would belong to the Iron Chef. So I waited for that announcement and after the result, the rights belong to me so I said to you that you can use it.

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @abiga554
r2cornell_curation_banner.png
Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

 3 years ago 

Thank you @scilwa, hope you like my work

 3 years ago 

Mantap 😀👍
Dedikasi semua Steemian untuk bantuan sosial di @steem.amal

 3 years ago 

Iya bg. Alhamdulillah dapat sedikit berkontribusi.

terbaik memang @buyahanan

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57298.55
ETH 3059.61
USDT 1.00
SBD 2.29