The Diary Game [May 16, 2021] Eight Hours of Searching for Books and Let See the Results...

in Steem SEA3 years ago (edited)

01.jpg


Dalam beberapa hari terakhir, sedikitany aku menghabiskan waktu sekitar setengah jam untuk mencari sebuah buku tentang panduan meliput isu-isu minyak dan gas. Buku itu pernah dan sering kugunakan ketika menjadi pemateri bagi pelatihan wartawan dalam meliput isu migas. Tidak dijual di pasaran karena buku yang diterbitkan atas kerja sama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dengan sejumlah pihak.

Aku juga sudah meminta Bunda mencari buku itu di lemari dalam dan dua lemari di ruang tengah. Hasilnya nihil. Hari ini, menjelang deadline laporan awal penelitian untuk Mubadala Petroleum, aku harus menemukan buku tersebut.

Terakhir, aku sangat ingat, buku itu aku gunakan ketika menyiapkan materi pelatihan wartawan di Aceh Timur yang digelar secara online. Workshop tersebut digelar Medco EP khusus bagi wartawan Aceh Timur.


02.jpg
Membongkar lemari buku di kamar untuk mencari sebuah buku referensi. Setekah capek, buku pun tidak dapat.


Setelah menghabiskan waktu beberapa jam mencari buku itu di ketiga lemari, aku tetap tidak menemukannya. Bahkan lemari di dalam kamar sampai aku obrak-abrik karena aku curiga buku itu ada di sana.

Aku merapikan kembali letak buku sambil membersihkannya karena sudah agak berdebu setelah lama tak disentuh. Ketika lemari rapi, sudah sekitar pukul 12:30 WIB. Itu artinya sekitar delapan jam aku sudah mencari dan tidak menemukan. Aku sampai tertidur saking lelahnya.

Di lemari kantor, aku juga sudah mencari buku itu dan tidak menemukannya. Demikian juga di sejumlah tas yang sering aku isi dengan buku yang ada di dalam mobil. Mungkin tercecer entah di mana karena ukuran buku itu memang agak kecil.

Semoga saja bisa aku temukan nanti ketika membuat laporan akhir setelah penelitian dilakukan.


03.jpg
Mendapat kiriman foto Sekda Lhokseumawe, Adnan, yang meninjau sampah berserakan di Jalan Petua Ibrahim sehingga tidak bisa dilalui warga.


04.jpg
Setelah cari makan sana sini banyak yang tutup, akhirnya berlabuh di Pizza House.


05.jpg
Spageti yang siap untuk disantap.


Bangun siang setelah salat duhur aku mencari makan bersama Bunda dan Dek Rafa. Kak Uci dan Kak Ami tidak ikut dan hanya minta dibawa pulang. Bang Atha sedang main di rumah tetangga dan tidak ada ketika kami keluar.

Mulanya kami mencari mie pangsit di Cunda, ternyata masih tutup padahal kemarin sore buka. Terus aku mutar ke Teras Café yang memiliki ikan salmon dan steak enak. Ternyata masih tutup juga. Akhirnya kami putuskan ke Pizza House.

Setelah makan dan membawa pulang untuk Kak Uci, Kak Ami, dan Bang Atha, aku balik ke Kampus Lancang Garam untuk melanjutkan penulisan laporan awal penelitian. Beberapa orang sedang sibuk di kantor karena besok akan ada pelantikan dua kepala biro.

Menjelang magrib, seperti biasa aku pulang. Sebenarnya ingin membuat postingan atau melanjutkan penulisan laporan agar bisa dikirim sebelum deadline. Namun, karena ada siara langsung MotoGP, aku menontonnya sampai selesai.[]


06.jpg
Beberapa orang sedang membersihkan lingkungan Kampus Lancang Garam karena besok ada pelantikan.


07.jpg
Malamnya nonton siaran langsung MotoGP di Sirkuit Le Mans.


Logo Jadi.jpg

Sort:  
 3 years ago 

Sungguh Diary game yang melelahkan juga menyenangkan! semoga buku yang dicari akan segera ditemukan kanda @ayijufridar, salam sukses

 3 years ago 

Sejauh ini belum dapat @ridwant. Semoga sambil jalan nanti bisa ditemukan, baik oleh saya maupun anggota keluarga yang lain.

 3 years ago 

😕

 3 years ago 

I can't imagine if I spend my time until 8 hours to find a mini book. Ahaha
However I know that's crucial for you

Hope you can find the book as soon as possible, Bg @ayijufridar

 3 years ago 

I resented myself for not keeping books neatly. how much time is wasted just looking for a book? this would not have happened if I had kept it properly.

When I see you later, I'll give you a book. I hope you like it @asiahaiss....

 3 years ago 

I want too...!

 3 years ago 

Yup, sure...

 3 years ago 

I can felt it Bg. Ahaha

Thank you in advance, Bg @ayijufridar
I didn't meant too

However I really appreciate it...

 3 years ago 

Hari-hari yang menyenangkan bang @ayijufridar saya melihat semangat dari wajah anda, terimakasih sudah mengajak kami untuk menulis kembali. Terima kasih telah memberikan banyak sekali inspirasi.

 3 years ago 

Sekarang sedang fokus untuk sebuah peneltian dari Mubadala @bangmimi, jadi harus selalu semangat dan disiplin waktu, kalau tidak akan molor dan tidak sempat membuat postingan di Steemit.

Saya senang @bangmimi aktif kembali. Sesekali buat postingan di STEEM Literacy.

 3 years ago 

Siap bang, Ini Saya sedang sibuk dengan proses penyablonan baju untuk tim The Youth Steem. Harus saya rilis dalam postingan agar bisa memperkenalkan dan mengembangkan kambali The Youth Steem. Makanya saya tidak menulis tentang postingan lain dulu , intinya belajar dulu baru kami berani untuk memposting.

terimakasih sarannya bang, nanti akan dicoba. saya harus belajar lebih lanjut dulu sama bang @ayijufridar

 3 years ago 

Sukses selalu buat The Youth Steem yang sudah lebih dahulu eksis. Harus diaktifkan kembali. Never give @bangmimi dan The Youth Steem.

 3 years ago 

Thanks, you help so much brother

 3 years ago 

Mantap bang ayi , semangat bang 😇

 3 years ago 

Terima kasih @iamrahmaffirdi. Mari bergabung dengan STEEM Literacy.

 3 years ago 

Setelah capek bukunya enggak ketemu dan yang ketemu buku yang lain. Tetap alhamdulillah 😊

 3 years ago 

Setidaknya pencarian tidak sia-sia @fwinanda. Terima kasih sudah singgah.

 3 years ago (edited)

Kenapa aku pikir itu buku sepertinya Sudah berpindah tangan tanpa sengaja? Mungkin yg ngambil adalah pengagum rahasia 🤭 tapi bukan aku bang✌️

Mana tahu @abuarkan punya🤣 atawa @acehpungo... Biasanya buku2 khusus begitu ada tersimpan do perpustakaan aliansi atau persatuan jurnaleh.

Ya Allah itu sampah‍♀️ pakon ji ilanya bumöe sabée

 3 years ago 

Jadi ingat waktu wartawan Pase ke Medan untuk bertanding bola lawan wartawan Medan. Dalam mobil ada sebuah buku jurnalisme dasar yang ditulis Luwi Iswhara, wartawan Kompas. Mobil saya dipakai wartawan lain. Pas pulang, bukunya hilang. Belakangan baru tahu Imran Tempo yang ambil.

Kalau @abuarkan dan @acehpungo, apalagi Nyak Kaoy @isnorman, kebalik. Buku mereka yang harus kita curi.

Soal sampah, masyarakat Lhokseumawe salah pilih pemimpin @cicisaja.

 3 years ago 

Siapa dulu yang bilang?

cuma orang bodoh yang meminjamkan buku tapi yang lebih bodoh bila mengembalikan buku yang dipinjamnya

Hahaha.. Neu ék droun kiban? Kan yg di kpu kawan Kita🤣

Sepertinya ada di tumpukan buku saya, tapi tidak tahu apakah itu buku yang dimaksud bung Ayi. Nanti saya fotoin covernya

 3 years ago 

Buku menumpuk baiknya disedekahkan saja✌️ saya dhuafa buku sekarang

Entah buku ini yang bung Ayi maksud kak @cicisaja
IMG_20210521_000649.jpg

 3 years ago 

ItU dia! Beutoi Kan bang @ayijufridar 😉

 3 years ago 

Benar sekali @acehpungo. Itu buku yang dibagikan secara gratis oleh AJI. Tapi jelas itu bukan punya saya, hehehehe.....

Wah aku lihat ada bukuku di situ 😆

 3 years ago 

Iya, buku beraroma India yang lengkap dengan tanda tangan penulisnya. Kapan @viviehardika menulis lagi?

Tiap hari juga nulis bang ehehehe cuma emang belum ada yg dikirim ke penerbit lagi. belum ada yang kelar.

 3 years ago (edited)

Sama seperti Bang Ayi @viviehardika. Ide dan outline sudah ada, bahkan ada beberapa. Menulis secara konsisten yang sulit. Tapi kata Confucius, it's doesn't matter how slowly you go. So long as do not stop.

Sesekali, Vivie buat postingan juga di #STEEMLiteracy, ya...

wkwk betull. aku kemarin nulis cerpen aja 3 bulan. udah susah nulis cerpen. padahal awal awal nulis seminggu doang jadi cerpen, udah plus sama revisi.

 3 years ago 

Harus dipaksakan untuk memulai menulis, seperti kata @arafatnur. Awalnya paksaan, kemudian menjadi kebiasaan dan menikmati.

Salam #STEEMLireacy

Semoga kedepan dibuka hati nurani masyarakat jangan membung sampah sembarangan ya bg🙏🏻🙏🏻

 3 years ago 

Benar sekali. Tapi pemerintah pun harus mendukung dengan menyediakan tempat membuang sampah yang layak.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 63422.01
ETH 2688.96
USDT 1.00
SBD 2.58