The Diary Game [Januari 25, 2021] Buku Fiksi Kelima Terbit |steemCreated with Sketch.

in Steem SEA4 years ago (edited)

01.jpg
Buku fiksi kelima karya saya; Cinta Dalam Secangkir Sanger yang diterbitkan Prabu21. Kumpulan cerpen tentang konflik di Aceh.


PAGI

Aku memulai hari ini seperti hari kerja sebelumnya dengan memantau pergerakan saham yang dalam beberapa hari ini banyak yang merah. Portofolioku seperti terbakar sehingga minusnya sangat dalam. Padahal, aku ingin menarik keuntungan untuk kebutuhan membayar uang kost anak pertama.

Meski semuanya memerah, aku memutuskan untuk membeli beberapa emiten yang memiliki prospek bagus dan masuk dalam LQ45. Aku yakin nanti akan kembali menjadi hijau dan bisa cuan. Toh, aku tidak membeli dan menjual saham per hari.

Portofolio saham yang terbakar menjadi kabar buruk untuk memulai hari. Tapi pikiran positif dan otpimismie sangat penting dibangun ketika memulai hari, meski situasi yang ada terlihat negatif.


02.jpg
Daftar buku terbaru yang diterbitkan Prabu21 yang dapat dipesan di Tokopedia dan Bukalapak.


Ketika hendak menuju sebuah bank swasta untuk menutup rekening, saya mendapat kabar buku fiksi kelima karya saya yang berjudul Cinta Dalam Secangkir Sanger telah terbit dan bisa dibeli di Tokopedia dan Bukalapak. Ini menjadi berita gembira di tengah merahnya saham.

Sudah lama saya tidak menerbitkan buku fiksi. Untuk nonfiksi, pada 2019 lalu saya bersama teman-teman menulis buku tentang pemilu di Lhokseumawe dan Aceh Tengah. Namun, itu karya keroyokan, yang menjadi penulis bukan hanya saya.


03.jpg
Ketika menemukan judul berita yang bisa didiskusikan dengan mahasiswa, saya langsung mempostingnya ke WAG.


04.jpg
Seorang karyawan bank menyelesaikan penutupan rekening saya. Sedih sebenarnya, tapi untuk apa banyak rekening kalau uangnya tak ada.


Buku Cinta Dalam Secangkir Sanger adalah kumpulan cerpen saya, baik yang sudah pernah dimuat di berbagai media daerah dan nasional, maupun yang belum pernah dipublikasikan. Sudah lama saya ingin memiliki buku antologi cerpen, Alhamdulillah tahun 2021 ini terwujud.

Cinta Dalam Secangkir Sanger berisi sekitar 26 cerpen yang semuanya berlatar dan berkisah tentang Aceh, meski saya tidak menyebutkan Aceh di dalamnya. Hampir semuanya terinspirasi dari kisah nyata.

Buku fiksi tersebut diterbitkan Penerbit Prabu21 yang bermarkas di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Proses penerbitan buku itu terbilang cepat. Sayangnya, buku itu tidak dijual di jaringan toko buku yang ada di berbagai kota di Indonesia. Hanya di Tokopedia dan Bukalapak saja.


05.jpg


06.jpg
Menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan, apalagi menunggu penyelesaian penutupan rekening di bank.


SIANG

Saya harus menutup sejumlah tabungan baik di bank swasta maupun BUMN karena Qanun Lembaga Keuangan Syariah mengharuskan semua rekening dipindahkan dalam bentuk syariah, atau pilihannya harus memindahkan rekening ke Medan.

Kondisi ini bersamaan dengan menipisnya rekening karena penghasilan juga menurun dalam dua tahun terakhir ini. Jadi, kebetulan sekali. Lebih baik menutup rekening daripada harus membayar biaya administrasi yang tinggi setiap bulan. Lebih baik menggunakan satu rekening tetapi isinya gemuk dibandingkan banyak rekening tetapi habis dipotong untuk biaya ini-itu.


07.jpg
Mengangkat majalan Unimal Magazine ke lantai dua.


Namun ada dua rekening bank swasta yang tidak bisa saya tutup karena alasan fasilitas dan kepentingan bisnis. Saya memiliki rekening US Dollar yang tidak ada di bank syariah. Pilihannya, uang USD harus dirupiahkan atau pindah tabungan ke Medan.

Saya memilih yang kedua. Kondisi ini merugikan saya dan juga Aceh juga. Berapa banyak aset yang keluar dari Aceh karena aturan ini. Padahal, bank yang katanya syariah itu masih berpraktek konvensional. Itu bukan kata saya, tetapi hasil penelitian yang kini sudah dibukukan berjudul Praktek Riba Dalam Perbankan Syariah. Selain itu, Indonesia belum memiliki bank sentral syariah seperti di beberapa negara lain.

Saya tidak memiliki USD yang banyak, hanya untuk lindung nilai dan juga untuk berjaga-jaga kemungkinan ke Amerika Serikat lagi. Orang bank bilang, banyak pengusaha di Aceh yang memiliki USD juga harus pindah. Bank Indonesia pasti tahu berapa banyak uang di Aceh yang kabur ke luar Aceh.


09.jpg
Siap untuk diedarkan.


SORE

Balik ke kantor, saya membaca berita dengan cepat dan mengirimkan hal-hal yang menarik kepada mahasiswa. Sore itu juga datang Unimal Magazine edisi keempat. Harusnya, edisi keempat sudah terbit akhir 2020 lalu. Pandemi menyebabkan banyak anggaran tidak bisa dicairkan.

Kami juga sedang menyiapkan majalah edisi kelima dan akan kami kirim ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia bersamaan dengan edisi empat.

MALAM

Ketika hendak pulang malam hari, saya mengitari mobil dan mendapatkan ban belakang bocor. Saya jarang memeriksa kondisi ban, dan malam itu adalah pengecualian.

Saya tidak mungkin jalan dalam kondisi ban seperti itu. Di kantor masih ada beberapa tenaga sekuriti. Seorang di antara mereka, memiliki keahlian membongkar ban dan membawanya ke tukang tambal ban. Ternyata ada mur yang menancap di ban.

Kejadian seperti itu sudah beberapa kali saya alami. Tampaknya tidak aman memarkirkan mobil di tempat itu. Akhirnya, saya terlambat pulang akibat kejadian tersebut.

Hikmahnya, saya mendapat bantuan dari orang yang selama ini saya bersikap baik kepadanya. Saya bayangkan, misalnya saya adalah sosok yang menyebalkan di mata mereka, pasti akan saya repot malam itu mengurus semuanya sendiri.[]


08.jpg
Ban mobil bocor, sering terjadi di tempat itu.

Sort:  
 4 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

pelan-pelan bang, nanti akan ada masa dimana semua harapan abang akan terkabul, aaaaaamiiiinn

 4 years ago 

Amiiin. Semoga harapan @andrianhabibi juga terkabul. Saleum dari Aceh.

Bang @ayijufridar saya mau satu buku fiksi tuh 😀

 4 years ago 

Saya juga belum dapat bukunya @steemadi, hehehe. Baru dijual di Tokopedia dan Bukalapak. Biasanya, penulis dapat buku gratis 10 eks, tapi ini tidak. Mungkin karena royaltinya lebih besar.

 4 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

 4 years ago 

Terima kasih @steemcurator09 dan Brade @anroja.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.17
JST 0.033
BTC 64172.98
ETH 2764.03
USDT 1.00
SBD 2.66